Blog

Kajian Jurnal Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Hallo sobat edu, masih mengenai kurikulum kali ini saya akan membagikan beberapa kajian jurnal mengenai pengertian kurikulum menurut para ahli.

Pengertian yang saya ambil merupakan pernyataan yang sering muncul dan menjadi rujukan untuk mendefinisikan kurikulum hasil dari kajian beberapa jurnal ilmiah. Sehingga kalian bisa memakainya sebagai rujukan untuk menulis jurnal maupun karya ilmiah lain.

Berikut ini adalah pengertian kurikulum menurut ahli, silahkan disimak sampai selesai.

Pengertian Kurikulum Secara Etimologis dan Istilah
Sebagai salah satu alat pendidikan, kurikulum sangat penting bagi keberhasilan pembelajaran pendidikan. Secara etimologis istilah kurikulum yang dalam bahasa inggris adalah “curriculum” berasal dari bahasa Yunani yaitu “curir” yang berarti pelari dan “curere” yang berarti tempat berpacu.

Jika arti tersebut dipahami secara harfiah maka kata tersebut dahulunya digunakan dalam dunia olahraga mengingat dua arti kata tersebut identik dengan kegiatan olahraga.

Lalu apa hubungannya? oke lanjut ke pengertian secara istilah

Dengan berpedoman pada makna kata “curir” dan “curere” di atas, maka secara istilah dapat diartikan menjadi

> “Jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memeroleh medali atau penghargaan”

Dari pengertian tersebut kemudian diadaptasi ke pendidikan menjadi

> “Sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh seorang siswa dari awal hingga akhir program demi memeroleh ijazah”

Jadi sangat jelas bahwa kurikulum dalam arti ini merupakan program pendidikan yang berisi sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan pendidikan.

Kurikulum sebagai program pendidikan juga harus mencakup : (1). Sejumlah mata pelajaran atau organisasi pengetahuan; (2) pengalaman belajar atau kegiatan belajar; (3) program belajar (plan for learning) untuk siswa ; (4) hasil belajar yang diharapkan.

Hilda Taba
Pengertian kurikulum menurut para ahli dimulai dari seorang tokoh ahli pendidikan terkenal yaitu Hilda Taba. Adalah seorang arsitek, seorang ahli teori kurikulum, seorang reformis kurikulum, dan pendidik guru dari Estonia. Kalian bisa cek biografinya di wikipedia.

(Foto Hilda Taba / Wikipedia)Hilda Taba mengartikan kurikulum sebagai a plan for learning, yakni sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh anak-anak

Johnson
Kurikulum adalah a structured series of intended learning outcomes. Dengan demikian pada intinya kurikulum mencakup kegiatan intra-kurikuler dan ekstra-kurikuler.

Harold B. Alberty cs.
Memandang kurikulum sebagai all of the activities that the provided for the students by the school. Dengan kurikulum dimaksud segala kegiatan yang disajikan oleh sekolah bagi para pelajar dan tidak diadakan pembatasan antara kegiatan di dalam dan di luar kelas.

J. Galen Saylor dan William M. Alexander
The curriculum is the sum total of schools effort to influence learning, whether in the classroom, on the playground, or out of school. Dapat diartikan sebagai segala usaha yang dilakukan sekolah untuk mempengaruhi pembelajaran oleh peserta didik, baik di dalam kelas, di taman bermain, atau di luar sekolah.

B. Othanel Smith cs
Ahli pendidikan ini mengartikan kurikulum sebagai sejumlah pengalaman yang secara potensial dapat diberikan kepada anak, yang diperlukan agar mereka dapat berpikir dan berkelakuan sesuai dengan masyarakatnya.

J. Lloyd Trump dan Delmas F. Miller
Kurikulum lebih luas dari pada hanya bahan pelajaran, dalam kurikulum termasuk metode belajar dan mengajar, cara mengevaluasi kemajuan murid dan seluruh program, perubahan dalam tenaga pengajar, bimbingan dan penyuluhan, supervisi dan administrasi dan hal-hal struktural mengenai waktu, jumlah, ruangan serta kemungkinan adanya pilihan mata pelajaran.

Alice Miel
Alice Miel menyatakan bahwa kurikulum meliputi segala pengalaman dan pengaruh yang bercorak pendidikan yang diperoleh anak di sekolah.

Harsono
Menurut Harsono (2005), kurikulum merupakan gagasan pendidikan yang diekpresikan dalam praktik. Dalam bahasa latin, kurikulum berartitrackatau jalur pacu. Saat ini definisi kurikulum semakin berkembang, sehingga yang dimaksud kurikulum tidak hanya gagasan pendidikan tetapi juga termasuk seluruh program pembelajaran yang terencana dari suatu institusi pendidikan.

Prof. Dr. S. Nasution, M. A.
Beliau menyampaikan kurikulum adalah suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses kegiatan belajar mengajar di bawah naungan, bimbingan dan tanggunga jawab sekolah atau lembaga pendidikan.

Kurikulum dipandang sebagai suatu program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan-tujuan pendidikan tertentu. Dari definisi ini mencerminkan adanya : 1. Pendidikan itu adalah suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan; 2. Di dalam kegiatan pendidikan itu terdapat suatu rencana yang disusun/ diatur; 3. Rencana tersebut dilaksanakan di sekolah melalui cara yang telah ditetapkan.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Kesimpulan
Kurikulum secara etimologis dan istilah dapat disimpulkan merupakan program pendidikan yang berisi sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan pendidikan. Sedangkan pengertian menurut para ahli juga tidak jauh dari pengertian secara etimologis. Sebagai contoh menurut Hilda Taba bahwa Hilda Taba mengartikan kurikulum sebagai a plan for learning, yakni sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh anak-anak. Sesuatu yang direncanakan dala hal ini mencakup mata pelajaran itu sendiri.

Kalian juga dapat membaca terkait dimensi kurikulum di sini.

Daftar pustaka:
Elisa. 2018. Pengertian, Peranan, dan Fungsi Kurikulum. Jurnal Ilmiah Fakultas KIP University Quality. Vol 1, no 02
Kartika, I Made. 2010. Pengertian Peranan Dan Fungsi Kurikulum. Denpasar: FKIP Universitas Dwijendra