Blog

JenisJenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli Terbaru

Secara sederhana, media dapat diartikan sebagai alat yang berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dari sumber informasi kepada penerima informasi. Pembelajaran sebagai suatu bentuk komunikasi membutuhkan media untuk membantu menyampaikan pesan-pesan belajar kepada peserta didik. Penggunaan media dalam pembelajaran juga dapat mencegah agar tidak terjadi kekeliruan persepsi dalam memahami pesan. Lebih jauh, penggunaan media dalam pembelajaran dapat meningkatkan atensi peserta didik karena media dapat membawa nuansa yang menarik dalam pengalaman belajar peserta didik.

Secara bahasa, media berasal dari bahasa latin, yaitu medius/medium yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Dari pemaknaan secara harfiah tersebut, kata media dalam pembelajaran dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar dari sumber pesan kepada penerima pesan. Berdasarkan klasifikasi media ppembelajaran, setiap media mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Karakteristik tersebut dapat diketahui dari tampilan media yang ditunjukkan. Media pembelajaran ditampilkan sesuai kemampuan yang dimiliki media tersebut untuk memberi stimulus pada indera penglihatan, perabaan, pengecapan, pendengaran, maupun penciuman. Berdasarkan karakteristik tersebut, guru dapat memilih menggunakan media pembelajaran yang mana disesuaikan dengan situasi pembelajaran. Terdapat beberapa jenis media pembelajaran yang perlu diketahui untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

* Jenis media pembelajaran menurut Wati (2016: 4-7) antara lain:
1. Media visual,
2. Audio visual,
3. Komputer,
4. Microsoft power point,
5. Internet,
6. Multimedia.

* Berdasarkan perkembangan teknologi, Arsyad mengelompokkan media pembelajaran ke dalam empat kelompok, yaitu :

1. 1. Media hasil teknologi cetak . Media hasil teknologi audiovisual . Media hasil yang berdasarkan computer . Media hasil teknologi cetak dan computer.

* Menurut Rusman ada lima jenis media yang dapat digunakan dalam pembelajaran, yaitu :

1. 1. Media visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat dengaan menggunakan alat indra penglihatan yang terdiri atas media yang dapat diproyeksikan dan media yang tidak dapat diproyeksikan yang biasanya berupa gambar diam atau bergerak. . Media audio, yaitu media yang mengandung pesan dalam bentuk audiotif yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan para peserta didik untuk mempelajari bahan ajar. Contoh dari media audio ini adalah program kaset suara dan program radio. . Media audiovisual, yaitu media yang merupakan kombinasi audio dan visual atau biasa disebut media pandang-dengar. Contoh dari media media audiovisual adalah media video/televisipendidikan, video/televisi intruksional, dan program slide suara (sound slide). . Kelompok media penyaji, yaitu grafis, bahan cetak, gambar diam, media proyeksi diam, media audio, media visual, media gambar hidup/film, media televise, multimedia. . Media objek dan media interaktif berbasis computer. media objek merupakan media tiga dimensi yang menyampaikan informasi tidak dalam bentuk penyajian, melainkan melalui cirri fisik sendiri, seperti ukurannya, bentuknya, beratnya, susunannya, warnanya, fungsinya, dan sebagainya. Media ini dapat menjadi dua kelompok , yaitu media objek sebenarnya dan media objek pengganti. Sedangkan media interaktif berbasis computer adalah media yang menuntut peserta didik untuk berinteraksi selain melihat dan mendengarkan. Contoh media interaktif berbasis komputer adalah program interaktif dalam pembelajaran berbasis komputer.

* Menurut Djamara dan Zain, media terdiri dari 3 jenis yaitu sebagai berikut :
* Dilihat dari jenisnya, media dibagi kedalam 1. Media audiotif Media yang hanya mengandalkan kemampuannya saja, seperti radio, cassette recorde, piring hitam. . Media visual Media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. . Media audio-visual Media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. * Dilihat dari daya liputnya, media dibagi ke dalam 1. Media dengan daya liput luas dan serentak . Media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat. . Media untuk pengajaran individual. * Dilihat dari bahan pembuatannya, media dibagi ke dalam 1. Media sederhana Media ini bahan dasarnya mudah diperoleh dan harganya murah, cara pembuatannya mudah, dan penggunaannya tidak sulit. . Media kompleks Media yang bahan dan pembuatannya sulit diperoleh serta mahal harganya, dan penggunaannya memerlukan keterampilan yang memadai.

Dari beberapa uraian tentang pengelompokan media pembelajaran diatas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran itu secara umum dibagi atas media cetak, media audio, media visual, dan media audiovisual. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah kategori media audio-visual yaitu berupa video pembelajaran.

Media visual dapat ditunjukkan dengan dua bentuk yang mendukung yaitu visual gambar diam dan visual gambar bergerak. Audiovisual, merupakan media yang dapat menampilkan unsur gambar diiringgi suara yang mendukung gambar tersebut. Media audio visual dapat menggambarkan objek dan kejadian seperti keadaan yang sesungguhnya. Komputer merupakan sebuah alat yang memiliki perangkat dengan aplikasi-aplikasi menarik yang dapat dimanfaatkan oleh guru atau siswa dalam proses pembelajaran.

Pembahasan terkait lainnya :

Pendidikan