Blog

Inilah Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian pendidikan menurut para ahli memiliki bermacam-macam perspektif. Perbedaan perspektif inilah yang justru memberikan keberagaman sudut pandang, sekaligus dapat dimanfaatkan untuk memperkaya wawasan tentang berpendidikan. Penasaran apa saja pengertian tersebut? Berikut kamu bisa simak ulasannya.

1. Rasulullah SAW
Pengertian pendidikan menurut para ahli yang pertama saya akan mengawalnya dari pendapat Nabi Muhammad SAW. Meskipun masa Rasulullah pendidikan secara akademik tidak seperti yang sekarang, ternyata beliau pun sudah menekankan pentingnya pendidikan.

Ia pun bersabda barang siapa yang menghendaki kebaikan di dunia maka dengan ilmu. Barang siapa yang menghendaki kebaikan di akhirat maka dengan ilmu. Barang siapa yang menghendaki keduanya maka dengan ilmu (HR. Bukhori dan Muslim).

Dari pendapat di atas menunjukan bahwa pendidikan salah satu modal utama untuk mencapai banyak hal. Tentu saja jika dilakukan dengan niat dan hati yang lurus.

Hal serupa juga di tegaskan oleh sahabat Nabi, yaitu Ali bin Abi Thalib RA yang menyampaikan bahwa didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya. Maksudnya di sini adalah tetap mendidik anak-anak dengan ilmu pengetahuan yang sekarang sedang berkembang.

2. Prof. H. Mahmud Yunus
Pengertian pendidikan menurut para ahli yang lain tentu saja berbeda dengan pendapat pemuka agama. Salah satunya pendapat Mahmud Yunus, ia mengartikan bahwa pendidikan merupakan upaya mempengaruhi seseorang agar penguasaan ilmu pengetahuan bertambah.

Diharapkan, dari ilmu pengetahuan tersebut. Jadi tidak hanya meningkatkan secara pengetahuan, tetapi juga meningkatkan akhlak dan memudahkan seseorang mencapai tujuan dan cita-cita yang tinggi.

Disebutkan pula oleh Mahmud Yunus, bahwa pendidikan tidak sekedar sarana mencapai cita-cita saja. tetapi dapat pula dimanfaatkan untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia dan memiliki kualitas hidup terhadap sesama. Mulai dari bermanfaat untuk masyarakat, Negara, diri sendiri, bermanfaat untuk agama dan bangsa.

3. Driyarkara
Pendidikan menurut Driyarkara pendidikan salah satu bentuk usaha seseorang yang dari tidak tahu menjadi tahu. Dari yang muda ke taraf yang lebih insani. Tentunya kita sendiri pun juga seperti demikian juga bukan? Dari waktu ke waktu, kita akan terus berproses dan akan terus belajar menjadi lebih baik lewat pendidikan yang sudah kita lakukan.

4. Herman H. Horn
Pendidikan versi Herman diartikan sebagai sebuah proses yang dilakukan oleh setiap manusia. Dimana setiap prosesnya menyesuaikan perkembangan fisik, mental orang itu sendiri.

Sebagai makhluk yang terus berkembang sekaligus sebagai makhluk ciptaan Tuhan, Herman menyebutkan bahwa pendidikan juga salah satu manifestasi dalam alam sekitar, termasuk secara emosional, intelektual dan karena kebutuhan manusia adalah kemauan dari manusia itu sendiri.

5. Ki Hajar Dewantara
Nah, tokoh satu ini pasti kamu sudah tahu. Yap, bapak pendidikan nasional ini salah satu tokoh panutan di dunia pendidikan di Indonesia. Menarik memang membicarakan dunia pendidikan dengan tokoh satu ini. Sebagai mantan jurnalis yang tajam mengkritik kolonial belanda kala itu, Ki Hajar Dewantara memiliki perspektif berbeda tentang pendidikan. Baca juga berita unik lainnya di Griya Edukasi.