Blog

Hilangkan Bekas Jerawat Merah Dengan Cara Ini

“Bekas jerawat merah bisa muncul akibat jerawat yang membandel yang tidak dirawat dengan baik. Bekas jerawat merah bisa membekas dalam waktu lama. Namun, ada berbagai cara untuk menghilangkannya. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk merawat bekas jerawat dengan krim ataupun pengobatan alami.”

Halodoc, Jakarta – Jerawat menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi pada kulit wajah. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, tetapi bisa menimbulkan bekas pada kulit. Meski begitu, jerawat akan sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Menjaga kebersihan kulit merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah jerawat.

Sayangnya, banyak orang yang merasa tidak sabar dan akhirnya memencet jerawat di wajah. Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan jerawat menjadi lebih buruk dan memicu bekas merah pada kulit wajah. Selain bekas merah pada wajah, jerawat juga dapat meninggalkan bekas kehitaman pada kulit, sehingga tekstur kulit wajah jadi tidak merata dan bergelombang. Selain itu, wajah juga tampak berlubang, seperti ditusuk-tusuk serta membentuk cekungan besar berbentuk lingkaran.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah
Jerawat memang dapat sembuh dengan sendirinya pada wajah. Namun, hal ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, jika dibiarkan tanpa perawatan atau pengobatan tertentu. Bekas jerawat yang kemerahan pada kulit dapat diatasi dengan menggunakan krim kortison atau steroid. Kemudian, sel kulit akan menyerap krim ini dan mengurangi pembengkakan akibat jerawat.

Krim jenis ini dapat dengan bebas kamu peroleh di apotek terdekat. Namun, jika krim justru membuat jerawatmu semakin bertambah parah, segera diskusikan dengan dokter pada aplikasi Halodoc, ya. Jika dibiarkan, jerawat bisa saja meradang dan mengganggu penampilanmu. Untuk memudarkan bekas jerawat merah, kamu dapat menggunakan beberapa bahan berikut ini:

* Putih Telur. Putih telur mengandung enzim lysozyme yang ampuh digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat.
* Lidah Buaya. Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit.
* Bawang Putih. Bawang putih mengandung zat sulfur yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara cepat.
* Air Perasan Lemon. Lemon mengandung asam askorbat tinggi yang ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel.
* Cuka Apel. Kandungan antiseptik alami pada cuka apel mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.
* Pepaya. Pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat.
* Tomat. Tomat mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat menghilangkan jerawat secara alami.

Adanya jerawat pada wajah memang akan membuat risih dan gemas untuk memencetnya. Namun, jika kamu melakukan hal ini, yang ada jerawat malah makin meradang dan menyebar pada seluruh wajah. Lakukan perawatan yang tepat, agar jerawat dan bekas jerawat dapat diatasi dengan baik, ya.

Tips Mencegah Jerawat di Wajah

Hal yang dapat kamu lakukan guna mencegah timbulnya jerawat dan bekas jerawat pada wajah, antara lain:

* Bersihkan wajah secara teratur. Minimal dua kali dalam sehari.
* Jika jerawat timbul, jangan memencet jerawat. Gunakan obat jerawat yang mengandung sulfur, asam salisilat, atau benzoil peroksida yang dijual bebas di apotek.
* Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.
* Batasi konsumsi makanan pedas tinggi lemak.
* Bersihkan make up sebelum tidur.
* Gunakan masker pelindung wajah ketika keluar rumah.

Selain beberapa hal tersebut, jerawat dapat kamu hindari dengan mengelola stres dengan baik. Dalam hal ini, kamu dapat menyalurkan stres dengan melakukan relaksasi, yoga, mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, atau aktivitas lainnya yang kamu sukai.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Acne?
NHS. Diakses pada 2020. Acne.