Blog

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

4 Fungsi Manajemen – Manajemen adalah suatu proses dimana kita memulai untuk mengkoordinasi sesuatu. Faktor yang paling penting dalam manajeman adalah bagaimana kita bisa mencapai suatu tujuan, bagaimana kita menyimbangkan tujuan-tujuan yang mungkin bertentangan dengan manajemen juga, bagaiman kita dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan pastinya efisien.

Manajemen sendiri menyangkut 4 hal yang tidak akan lepas antara satu sama lain. Anda pastinya sudah sering mendengar istilah POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling), atau dalam bahasa Indonesia adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Hal inilah fungsi secara umum yang dinamakan sebagai fungsi manajemen.

Fungsi manajemen bukan berarti fungsi kegunaan dari manajemen, tetapi sebagai acuan atau tugas yang diemban oleh para anggota organisasi.

Tugas yang diemban kemudian akan diberikan sesuai dengan keahlian dan porsi masing-masing. Setiap anggota memiliki peran penting dalam manajemen.

Memang bukan hal yang mudah, tetapi ketika diantara mereka ada yang berhalangan untuk hadir maka anggota yang sudah mempunyai porsi dan kedudukan yang sudah diberikan dapat menggantikan fungsi dari mereka yang berhalangan hadir.

> Baca juga: Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Fungsi manajemen menurut beberapa ahli sebenarnya ada yang mempunyai kesamaan, namun ada perbedaan istilah di dalamnya, yakni sebagai berikut :

Menurut Henry Fayol, dalam bukunya yang memiliki judul General and Industrial Manajemen telah dijelaskan bahwa 5 fungsi manajemen adalah planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), commanding (pemberian perintah), and controlling (pengendalian).

Maksud commanding disini adalah pemberian perintah yang dimana biasanya pemberian perintah akan diberikan oleh ketua selaku pimpinan tertingi. Commanding disini sama halnya dengan actuating.

Menurut G.R Terry, dalam bukunya yang berjudul Principle of manajement telah dijelaskan bahwa 5 fungsi manajemen adalah planning, organizing, actuating, dan controlling atau dalam bahasa Indonesia adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Fungsi manajemen yang telah dijelaskan oleh G.R Terry ini mempunyai kesamaan dengan fungsii manajemen secara umum.

Menurut Winasdi dan James Stoner, fungsi manajemen yaitu menyangkut perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian (planning, organizing, leading, dan controlling). Fungsi ini tentunya sangat berbeda pada Actuating. Actuating digantikan sebagai leading atau memimpin.

Hal ini sama dengan Actuating yaitu pelaksanaan. Leading adalah memimpin, karena seorang pemimpin memiliki tugas untuk menggerakkan dan mengarahkan tenaga kerjanya supaya bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Menurut Ernest Dale, fungsi manajemen yaitu menyangkut Planning (perencanaan), Organising (pengorganisasian), staffing (penyusunan kerja), directing (pengarahan), inovasion (inovasi), reporting (penyajian laporan), dan controlling (pengarahan).

Sebenarnya sama seperti yang dijelaskan sebelumnya, disini staffing (penyusunan kerja) adalah semua tenaga kerja yang telah dibagi menjadi beberapa bagian yang sudah sesuai dengan porsinya dalam ketenagaan kerja dan ini sama pengertiannya seperti organizing (pengorganisasian).