Blog

10 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

10 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli – Sekarang ini, telah ada kewajiban untuk melakukan wajib belajar selama kurang lebih 12 tahun, yang artinya merujuk dari SD, SMP, dan juga SMA. Banyak sekali bantuan pemerintah yang memang dilakukan untuk hal tersebut, mulai dari banyaknya beasiswa yang diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu, lalu munculnya kartu pintar untuk anak yang memiliki kemampuan tetapi tidak memiliki dana, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya untuk kebaikan dari masyarakat sendiri. Sampai akhirnya jika anda telah memasuki dunia pendidikan, pastilah telah mengenal apa itu yang dinamakan kurikulum, meskipun terkadang tidak dijelaskan dengan baik, kurikulum merupakan suatu kata yang mengawali adanya pembelajaran yang dilakukan oleh pihak sekolah kepada muridnya, yang merupakan suatu pedoman yang harus dilakukan dalam belajar mengajar.

Terdapat setidaknya 10 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli yang memang telah mengkaji lebih jauh tentang kurikulum yang ada sekarang ini. Salah satu pengertian besar yang seharusnya diketahui adalah bahwa kurikulum merupakan suatu atau sebuah rancangan dan proses belajar mengajar yang memang diharuskan menjadi pedoman bagi pendidik maupun pihak yang dididik. Selain itu, kurikulum tentunya tidak berbeda antara satu sekolah dengan sekolah yang lain, dengan harapan seluruh sekolah memang telah memiliki standar yang sama, dan masing-masing memang dapat dilakukan dengan cara masing-masing yang tidak menyimpang dari kurikulum tersebut. ada pengertian menurut uu no 20 tahun 2003, dari DR.H Hana Sudjana, Harsono, Hamid Hasan dan sebagainya.

Sempat beberapa waktu lalu, terjadi beberapa kali perombakan kurikulum, yang memang dilakukan karena situasi yang mendorong untuk selalu mengganti cara pengajaran melalui media, atau jenis pendidikan yang tepat. Beberapa diantaranya memang kurang setuju, karena pergantian tersebut cukup membuat pihak pengajar bingung dan lain sebagainya, tetapi disisi lain, hal tersebut juga merupakan salah satu jalan, dimana diharapkan siswa akan lebih fresh dalam melakukan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum yang terbaru, yang memang kabarnya telah disesuaikan dan juga telah diteliti untuk kemajuan bidang pendidikan yang lebih baik tentunya, untuk anak bangsa Indonesia, yang telah memberikan harapan pada dunia pendidikan.

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli :

Selain itu, menurut salah ahli lainnya, yaitu Daniel dan Taurer Tanner, dijelaskan kurang lebih bahwa memang kurikulum diberikan kepada siswa untuk memperlihatkan sebuah susunan pembelajaran yang terarah dan juga terstuktur yang dapat membuat siswa yang ada di dalamnya memiliki motivasi yang tinggi untuk pembelajaran yang dilakukan. Tentunya kurikulum tersebut akan menjadi pedoman bagi pendidik, dan melakukan pembelajaran dengan pengamatan yang dilakukan. Apa yang sebaiknya diberikan, bagaimana caranya, merupakan salah satu hal yang patut diketahui oleh pendidik. Tentunya, dengan inovasi yang dilakukan, memang dapat membuat siswa menjadi lebih paham dengan apa yang telah diberikan, selengkapnya anda juga dapat mencari tahu lebih lanjut tentang 10 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli.

Artikel Lainnya :