Blog

Definisi Komunikasi Kelompok Menurut Para Ahli

1.Buku : Komunikasi Suatu Pengantar.

Penerbit : Bandung , Remaja Rosdakarya. 1994. Halaman 82.

Oleh : Deddy Mulyana.

Komunikasi kelompok merujuk pada komunikasi yang dilakukan kelompok kecil, jadi bersifat tatap muka . Umpan balik dari seorang peserta dari komunikasi kelompok masih bisa diidentifikasi dan ditanggapi langsung oleh peserta lainnya. Komunikasi kelompok dengan sendirinya melibatkan komunikasi antar pribadi, karena komunikasi antar pribadi berlaku juga bagi komunikasi kelompok. (Rudolph F. Verderber :1978)

2.Buku : Komunikasi Organisasi.

Penerbit: Jakarta, Bumi Aksara 2009. Halaman 182.

Oleh : Arni Muhammad.

Ada enam cara untuk mengidentifikasi suatu kalompok. Bardasarkan hal itu kita dapat mengatakan bahwa komunikasi kelompok kecil adalah suatu kumpulan individu yang dapat mempengaruhi satu sama lain , memperoleh beberapa kepuasan satu sama lain , dan berkomunikasi tatap muka . jika salah satu dari komponen ini hilang, individu yang terlibat tidak berkomunikasi dalam kelompok kecil. (Menurut Shaw :1976).

3.Buku : Dinamika Kelompok.

Penerbit : Bandung,Refika Aditama, 2006, halaman .34

Oleh : Abu Huraerah dan Purwanto.

Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam satu kelompok kecil seperti dalam rapat, pertemuan,konperensi dan sebagainya.

4.Buku : Dinamika Kelompok.

Penerbit : Bandung,Refika Aditama, 2006, halaman .34

Oleh : Abu Huraerah dan Purwanto.

Michael burgoon mendefinisikan komunikasi kelompok sebagai interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih, dengan tujuan yang telah diketahui, seperti berbagai informasi, menjaga diri, pemecahan masalah, yang mana anggota anggotanya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota-anggota yang lain secara tepat.

5.Buku : Mengenal Konsep Dasar Komunikasi.

Penerbit :Sleman, Intan Sejati Klaten,2010, halaman.6.

Komunikasi kelompok yaitu komunikasi antara sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama, berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama mengenal satu sama lainnya dan memandang mereka sabagai bagian dari kelompok tersebut. Contohnya : Keluarga atau rapat untuk memutuskan suatu persoalan.

6.Buku : Dinamika Komunikasi.

Penerbit : Bandung, Remaja Rosdakarya. 1993. Halaman 8.

Oleh : Onong Uchjana Effendy.

Komunikasi kelompok adalah, komunikasi dengan sejumlah komunikasi . karena jumlah komunikan itu menimbulkan konsekuensi, jenis ini diklafisikasikan menjadi komunikasi kelompok kecil dan komunikasi kelompok besar. Dasar pengklafisikasi bukan jumlah yang dihitung secara matematis , melainkan kesempetan komunikan dalam menyampaikan tanggapannya.

7.Buku : Ilmu ,Teori,dan Filsafat Komunikasi.

Penerbit: Bandung , PT. Citra Aditya Bhakti, 2003.halaman 75.

Oleh : Onong Uchjana Effendy.

Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara seorang komunikator dengan sekelompok orang yang jumlahnya lebih dari dua orang.

8.Buku : Komunikasi Persuasif.

Penerbit: Bandung, Remaja Rosdakarya. 1994.

Oleh : Deddy Djamaludin dan Yosal Iriantara.

Komunikasi kelompok kecil adalah sebagian besar berinteraksi sosial kita berlangsung dalam kelompok-kelompok kecil. Para sosiolog menyebut kelompok ini sebagai kelompok kecil, kelompok-kelompok ini menarik bukan saja karena ukurannya melinkan juga merupakan kolektivitas sehari-hari. Kelompok-kelompok kecil ini tentunya memiliki garis penghubung , tujuan dan maksud tertentu atau masalah yang melahirkan interaksi yang olej allport disebut kelompok “Koakting”.

9.Buku : Human Communication : Prinsip-prinsip dasar ( diterjemahkan oleh Deddy Mulyana dan Gembira Sari).

Penerbit : Bandung, Remaja Rosdakarya. 2008. Halaman 3.

Oleh : Stewart .L.Tubbs dan Sylvia Moss.

Komunikasi kelompok kecil diartikan sebagai proses pertukaran pesan verbal dan non verbal antar tiga orang atau lebih anggota kelompok yang bertujuan untuk saling mempengaruhi (Tubs 1992 halaman 5).

10. Buku : Komunikasi dan Hubungan Masyarakat.

Penerbit :Jakarta, Bumi Aksara. 2002.

Oleh : Widjaja H.A.W.

Komunikasi yang ditujukan kepada kelompok yang tertentu . kelompok adalah suatu kumpulan manusia yang mempunyai antar hubungan sosial yang nyata dan memperlihatkan struktur yang nyata pula. Bentuk komunikasi seperti ini adalah ceramah, brienfing,indoktrinasi,penyuluhan dan sebagainya.komunikasi kelompok lebih efektif dalam pembentukan sikap persona dari pada komunikasi massa namun kurang effisien.

11. Buku : Pengantar Ilmu Komunikasi.

Penerbit:Jakarta, Rajawali Pers 2014. Halaman 37.

Oleh : Hafied Cangara.

komunikasi kelompok kecil adalah proses komunikasi yang berlangsung antar tiga orang atau lebih secara tatap muka diman anggota-anggotanya saling berinteraksi datu sama lainnya.

12. Buku : Buku Materi Pokok: Teori Komunikasi.

Penerbit :Jakarta, Universitas Terbuka,2004. Halaman .3.5

Oleh :S. Djuarsa Sendjaja, Ph.D., Dkk.

Menurut Ronald Alder dan George Rodman dalam bukunya: Understanding Humman Communication mengatakan bahwa kelompok atau group merupakan sekumpulan kecil orang yang saling berinteraksi,biasanya tatap muka dalam waktu yang lama guna mencapai tujuan tertentu ( a smaal collection of people who interact with each other, usually face to face. Over time in order to reach goals).

13. Buku :Ilmu Komunikasi.

Penerbit : Jakarta , Graha Ilmu.2009 halaman 10.

Komunikasi dalam kelompok adalah yakni kegiatan komunikasi yang berlangsung diantara suatu kelompok. Pada tingkatan ini , setiap individu yang terlibat masing-masing berkomunikasi sesuai dengan peran dan kedudukannya dalam kelompok. Pesan atau informasi yang disampaikan juga menyangkut kepentingan seluruh anggota kelompok , bukan bersifat pribadi.

14. Buku : Ilmu Komunikasi.

Penerbit: Jakarta , Graha Ilmu.2009 halaman 10.

Komunikasi antar-kelompok/asosiasi yakni kegiatan yang berlangsung antara suatu kelompok dengan kelompok lainnya . jumlah pelaku yang terlibat boleh jadi hanya dua atau beberapa orang , tetapi masing-masing membawa peran dan kedudukannya sebagai wakil dari kelompok /asosiasinya masing-masing.

15. Buku : Komunikasi Kelompok Proses Diskusi dan Penerapannya.

Penerrbit: Jakarta.Universitas Indonesia Press,2006 halaman 8

Oleh : Alvin A.GoldBerg – Carl E.Larson.

Komunikasi kelompok adalah suatu studi tentang segala sesuatu yang terjadi pada saat individu-individu berinteraksi dalam kelompok kecil dan bukan deskripsi mengenai bagaimana seharusnya komunikasi terjadi, serta bukan pula sejumlah nasehat tentang cara-cara bagaiman yang harus ditempuh.

16. Buku : Strategi Komunikasi : Sebuah Pengantar Ringkas

Penerbit:Bandung,Armico. 1984. Halaman 4.

Oleh : Anwar Arifin.

Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok “kecil” seperti dalam rapat, pertemuan, konsperensi dan sebagainya.

17. Buku : Psikologi Komunikasi.

Penertbit : Bandung, Remaja Rosdakarya, 1985.Halaman 175

Oleh : Jalaludin Rahmat.

Komunikasi kelompok merupakan proses komunikasi di mana ada sekumpulan dua orang atau lebih yang mempunyai tujuan bersama yang berintraksi satu sama lain dan mengangap mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut. Meskipun setiap ang gota memilih peran berbeda.

18. Buku : Exploring Group Communication.

Penerbit:Washington,D.C.,USA.Flat World Knowledge Textbooks.2012.

Oleh :Phill Venditti & Scott McLean.

Group Communication is“a dynamic process where a small number of people engage in a conversation.”McLean, S. (2005).

Komunikasi kelompok adalah “ Sebuah proses dinamis dimana sejumlah kecil orang terlibat dalam suatu percakapan.” McLean,S.(2005).

19. Buku : Exploring Group Communication.

Penerbit : Washington,D.C.,USA.Flat World Knowledge Textbooks.2012.

Oleh : Phill Venditti & Scott McLean.

Group communication is generally defined as involving three to eight people. The larger the group, the more likely it is to break down into smaller groups. (The Basics of Interpersonal Communication. Boston: Allyn & Bacon, p. 14).

Komunikasi kelompok secara umum didefinisikan sebagai komunikasi yang melibatkan tiga sampai delapan orang. Semakin besar kelompok , maka semakin besar kemungkinan untuk memecah, menjadi kelompok yang lebih kecil.(Dasar-Dasar Komunikasi Interpersonal. Boston :Allyn & Bacon , p.14).

20. Buku :Mengenal Ilmu Komunikasi.

Penerbit: Widya Padjadjaran, 2010, halaman. 86

Oleh : Rosmawanty HP.

Komunikasi kelompok adalah komunikasi dalam kelompok kecil orang, dengan tujuan antara lain untuk berbagi informasi, membantu mengembangkan gagasan bahkan membantu untuk memecahkan masalah, baik secara formal maupun tidak formal.

Sekian