Blog

CiriCiri Seorang Wirausahawan Berikut Pengertiannya Menurut Para Ahli

Pengertian Wirausahawan Menurut Para Ahli

1. J.B Say (1803)
Say mengungkapkan bahwa seorang wirausahawan adalah pengusaha yang memiliki kemampuan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya secara efektif dan efisien, serta meningkatkan tingkat produktivitas para pekerjanya dari yang mulanya rendah menjadi tinggi.

2. Geoffrey G. Meredith (1995)
Menurut Geoffrey G. Meredith, wirausahawan adalah orang dengan kemampuan untuk melihat dan menilai semua kesempatan yang datang dalam dunia bisnis dan mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan agar mendapatkan keuntungan. Seorang wirausahawan juga harus mampu mengambil tindakan yang tepat untuk memastikan kesuksesan di masa mendatang.

3. Richard Cantillon
Sedangkan menurut Richard Cantillon, wirausahawan adalah seseorang dengan kemampuan untuk memindahkan atau mengkonversikan sumber daya ekonomis pada tingkat produktivitas yang rendah ke produktivitas yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Ciri- Ciri Seorang Wirausahawan

1. Memiliki Jiwa Pemimpin
Ciri-ciri seorang wirausahawan yang pertama adalah dia memiliki jiwa pemimpin. Sebab, wirausahawan tentu akan jadi pemimpin dalam perusahaannya. Pemimpin hendaknya berjiwa ksatria, adil, bertanggung jawab, cerdas serta memiliki sikap terpuji lainnya. Dengan begitu, pekerja di perusahaan tidak mengeluh, betah bekerja, hingga kinerjanya dapat meningkat.

2. Orientasi ke Depan
Ciri-ciri seorang wirausahawan berikutnya adalah dia yang memiliki sikap orientasi ke depan. Hal ini tak lain karena wirausahawan adalah suatu profesi yang memiliki orientasi masa depan dan perlu perencanaan yang baik untuk membangun usaha. Maka tidak heran, apabila seorang pengusaha perlu memiliki kehidupan wawasan yang luas untuk menghadapi rintangan di masa yang akan datang.

3. Memiliki Rasa Percaya Diri
Rasa percaya diri yang dimiliki wirausahawan adalah salah satu modal utama untuk mencapai kesuksesan. Sikap percaya diri akan membuat seorang wirausahawan lebih yakin dengan pekerjaannya sehingga seorang wirausahawan bisa menikmati serta menghadapi pekerjaan dengan tenang.

4. Selalu Berpikir Positif
Sebagai wirausahawan hendaknya memiliki cara pikir yang positif, terutama dalam mengambil sebuah tindakan atau langkah yang akan dilakukan. Dengan selalu berpikir positif, maka wirausahawan akan memiliki rasa optimis agar mampu berkembang dan maju. Pola pikir semacam ini yang bisa mengusir rasa takut karena gagal yang biasanya sering menghantui seorang wirausahawan untuk menjalankan usahanya.

5. Berani Menghadapi Risiko
Berbagai risiko yang ada di depan kelak, harus dihadapi wirausahawan. Sebab akan banyak sekali risiko kerugian, kegagalan, penipuan, serta resiko lainnya yang bisa menghambat kemajuan suatu usaha. Risiko tersebut hendaknya dihadapi dengan tenang sehingga nantinya tak mudah gegabah dalam mengambil keputusan. Yang perlu diingat, bahwa semakin tinggi risiko yang dihadapi maka semakin besar juga keuntungan yang akan didapatkan.

6. Memiliki Orientasi Pada Hasil
Selanjutnya, tak hanya terfokus terhadap masa depan, seorang wirausahawan perlu memiliki orientasi terhadap hasil yang bisa didapatkan. Dengan memiliki orientasi pada hasil, setiap wirausahawan dapat melakukan pekerjaan yang baik untuk membangun usahanya. Setiap wirausahawan juga harus dapat mengatasi beragam rintangan dari dalam diri sendiri, seperti malas dan mudah menyerah.

[nof]