Blog

Cara Screenshot Di Laptop Windows 10

Seperti pada smartphone, kamu juga bisa menyimpan tampilan layarmu jika terdapat informasi penting untuk diketahui ke depannya. Cara serupa juga bisa dilakukan di laptop Windows 10.

Misal, pada saat meeting online, ada materi meeting yang cukup penting untuk kamu pelajari kembali. Daripada memfoto atau mencatat, maka melakukan screenshot materi tersebut akan jauh lebih praktis.

Bisa juga jika kamu menemukan informasi menarik dari suatu website, agar tak perlu membukanya kembali, maka kamu cukup melakukan screenshot saja.

Memang, bagaimana cara screenshot di laptop Windows 10?

Pada artikel ini, Glints sudah siapkan penjelasannya untukmu. Simak penjelasan lengkapnya!

1. Menekan tombol PrtScn atau Print Screen
Bersumber dari CNet, cara pertama melakukan screenshot di laptop Windows 10 adalah cukup dengan menekan tombol PrtScn.

Dengan menekan tombol ini, maka seluruh tampilan layar secara automatis tertangkap dan masuk ke dalam clipboard.

Perlu diingat, beberapa laptop perlu menggunakan tombol Fn untuk melakukan fungsi ini.

Memang, hasilnya tidak langsung tersimpan pada library yang tersedia. Oleh karenanya, untuk membukanya kamu perlu melakukan langkah selanjutnya.

Kamu dapat membuka Microsoft Paint, kemudian klik kanan dan pilih paste. Tangkapan layar tadi kemudian akan muncul. Selanjutnya, kamu dapat men-save-nya dengan klik logo disket di pojok kiri atas.

2. Alt + Print Screen
Jika sebelumnya kamu menangkap seluruh tampilan layar, maka pada poin kali ini tampilan layar yang tertangkap hanya window atau jendela yang sedang aktif.

Caranya, kamu cukup menekan tombol Alt + Print Screen.

Ini adalah cara yang sempurna untuk melakukan screenshot hal yang penting saja ketika membuka banyak jendela dan memiliki display yang besar.

Hasilnya akan masuk di clipboard. Untuk menyimpannya, kamu perlu menggunakan langkah melalui Microsoft Paint seperti di atas.

3. Win + Print Screen
Cara screenshot di laptop Windows 10 selanjutnya adalah dengan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Berbeda dari dua poin di atas, pada poin ini, kamu dapat langsung menyimpan hasil tangkapan layar pada folder “Screenshot” di laptop Windows-mu.

Ini berarti, kamu tak perlu membukanya terlebih dahulu melalui Microsoft Paint.

Pada folder tersebut, kamu akan menemukan file hasil tangkapan layar yang berekstensi png.

4. Win + H
Kamu ingin hasil tangkapan layarmu langsung dibuka di aplikasi tertentu? Beruntung, Windows 10 memungkinkanmu melakukannya.

Caranya, kamu cukup menekan kombinasi tombol Windows + H.

Kombinasi tombol ini akan men-screenshot jendela yang aktif dan memunculkan dialog box untuk membuka gambar di aplikasi lain.

5. Windows + Shift + S
Dengan menggunakan kombinasi tombol ini, kamu dapat menangkap tampilan layar lebih sesuai dengan keinginanmu.

Pasalnya, setelah menekan tombol tersebut, tampilan layar akan menjadi lebih gelap dan kursormu akan berubah menjadi logo plus.

Kamu cukup melakukan click and drag saja untuk menangkap tampilan layar sesuai dengan area yang kamu inginkan.

Hasil tangkapan tersebut akan tersimpan dalam clipboard. Untuk membukanya, kamu dapat melakukan langkah melalui Microsoft Paint seperti pada penjelasan sebelumnya.

6. Snipping Tool
Jika kamu tak ingin terlalu banyak mengingat kombinasi tombol, cara screenshot di laptop Windows 10 ini dapat kamu lakukan. Pasalnya, terdapat aplikasi bawaan yang dimiliki Windows bernama Snipping Tools.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat menangkap tampilan layar sesuai area yang kamu inginkan. Tak hanya itu, hasil tangkapan tersebut pun masih bisa kamu crop kembali jika dirasa kurang sesuai.

Kamu juga dapat menambahkan coretan pada hasil tangkapan layarmu untuk menjelaskan sesuatu agar lebih mudah dipahami.

7. Game Bar
Jika kamu sedang bermain game dan ingin melakukan screenshot, Windows 10 memiliki fitur tersendiri untuk hal ini.

Bersumber dari isumsoft, kamu perlu membuka aplikasi Xbox, kemudian buka menusettingdan tekantab Game DVR.

Setelah itu, centang kotak yang bertuliskan “record game clips and screenshots using Game DVR”.

Selanjutnya, saat sedang menjalankan suatu game, kamu cukup menekan kombinasi tombol Windows + G.

Kemudian, akan muncul overlay pop up berbagai menu yang bisa kamu pilih. Kamu dapat memilih icon kamera untuk menangkap tampilan game dalam bentuk gambar.

Fitur screenshot ini hanya akan bekerja dalam game dan aplikasi Xbox. Hasilnya dapat kamu lihat pada folder Video/Capture.

Itulah 10 cara melakukan screenshot di laptop yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, maka kamu tak akan kehilangan informasi penting kala webinar, dan lebih mudah menyampaikan informasi tampilan layarmu.

Kamu juga dapat menjadi lebih produktif karena dapat mengetahui informasi dari suatu website tanpa harus membuka situsnya kembali.

Membahas soal produktif, menguasai penggunaan sistem operasi Windows 10 juga dapat membuatmu meningkatkan produktivitas, lho.

Nah, kamu bisa mengetahui berbagai hal seputar Windows 10 di Glints Blog.

Ada beragam artikel yang membahas sistem operasi paling populer ini. Tentunya, berbagai tulisannya dapat menambah wawasan dan juga memberimuinsight.

Menarik bukan? Tunggu apa lagi, yuk kunjungi Glints Blog di sini sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

Kirim Penilaian

Nilai rata-rata 0 / 5. Jumlah vote: 0

Belum ada penilaian, jadi yang pertama menilai artikel ini.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Submit Feedback