Blog

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Medis

Halodoc, Jakarta – Flek hitam di wajah disebut juga hiperpigmentasi. Ini terjadi ketika beberapa area kulit memproduksi lebih banyak melanin dari yang seharusnya. Adakah cara menghilangkan flek hitam di wajah secara medis?

Tentunya, ada beberapa pilihan perawatan yang bisa dijalani. Namun, setiap perawatan memiliki risiko, sehingga perlu dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter kulit sebelum menjalaninya.

Pilihan Cara Menghilangkan Flek Hitam
Jika kamu sedang mencari cara menghilangkan flek hitam di wajah, beberapa perawatan medis berikut ini bisa dicoba:

1. Krim Pencerah Kulit Resep

Krim pencerah resep bekerja dengan cara memutihkan kulit. Ini biasanya bekerja secara bertahap dan membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mengurangi munculnya flek hitam.

Hydroquinone misalnya, yang merupakan bahan aktif dalam krim, dapat mencegah kulit memproduksi melanin. Namun, penggunaannya harus dikonsultasikan dan dalam pengawasan dokter.

2. Perawatan Laser

Perawatan laser juga bisa jadi pilihan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Ini menggunakan energi cahaya khusus yang terkonsentrasi. Beberapa perawatan laser menargetkan pigmen itu sendiri, sementara yang lain bekerja dengan menghilangkan lapisan kulit demi lapisan.

Dengan metode ini, lapisan kulit yang gelap akan dihilangkan. Ada beberapa jenis perawatan laser sebagai cara menghilangkan flek hitam. Solusi ini bekerja lebih cepat daripada krim kulit resep.

Namun, ada beberapa risiko yang perlu diwaspadai, seperti:

* Pembengkakan.
* Kemerahan.
* Kulit terasa tertarik.
* Jaringan parut,
* Infeksi.
* Perubahan tekstur kulit.

3. Chemical Peeling

Produk chemical peeling biasanya menggunakan berbagai jenis asam lembut untuk memecah sel-sel kulit mati, atau lapisan atas kulit. Menghapus lapisan ini dapat membantu memperlihatkan kulit yang lebih sehat dengan warna yang lebih merata di bawahnya.

Meskipun banyak perawatan chemical peeling yang aman, perawatan ini juga memiliki risiko iritasi kulit.

Umumnya chemical peeling dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan seperti:

* Asam alfa hidroksi (AHA).
* Asam azelaic.
* Asam beta hidroksi (BHA).
* Asam glikolat.
* Asam laktat.
* Asam mandelic.
* Asam salisilat.

Produk chemical peeling biasanya dapat dibeli tanpa resep, tetapi akan lebih baik jika kondisi kulit dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Sangat penting untuk tidak terlalu sering menggunakan chemical peeling, karena kulit membutuhkan waktu untuk pulih dari gempuran bahan kimia. Menggunakan produk lebih sering dari yang disarankan dapat menyebabkan iritasi atau peradangan.

Beberapa orang juga memiliki kulit yang lebih sensitif terhadap produk kimia yang berbeda. Jika kamu mengalami efek samping, hentikan penggunaan produk tersebut.

4. Mikrodermabrasi

Pilihan cara menghilangkan flek hitam lainnya adalah mikrodermabrasi. Selama perawatan ini, dokter kulit menggunakan perangkat khusus yang memiliki permukaan abrasif untuk menghilangkan lapisan luar kulit.

Perawatan ini mendorong pertumbuhan kolagen baru, yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik hitam di kulit.

5. Krioterapi

Krioterapi adalah prosedur yang melibatkan penerapan nitrogen cair ke bercak gelap untuk membekukannya, yang melukai sel-sel kulit. Kulit sering sembuh lebih ringan sesudahnya.

Itulah beberapa pilihan cara menghilangkan flek hitam di wajah secara medis. Mana yang paling tepat sesuai dengan kondisi bisa dibicarakan pada dokter kulit.

Kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter kulit di rumah sakit. Dokter dapat memeriksa kondisi kulit kamu dan menentukan perawatan yang tepat..

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Dark Spots On The Skin: Causes And How To Treat Them.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Dark Spots on the Face.