Blog

Cara Menghapus Akun Google Seluruhnya

Sudah saatnya kita menghapus akun Google yang dulu dan beralih ke akun baru. Bukan maksud untuk membuang kenangan di masa lalu, hanya saja ada beberapa alasan kenapa kita harus menghapusnya dan menyingkirkannya dari sejarah umat manusia.

Semisal kamu membuat alamat email dan nama yang aneh, nyeleneh, atau tak pantas untuk disebutkan, kemudian menyesalinya di masa sekarang, maka tak ada cara lain selain menghapus dan melupakannya, lalu move on ke akun baru.

Tapi perlu diingat bahwa akun Google itu terkait antara satu sama lain, seperti misalnya Gmail, Blogger, Google Maps, Google Play Store, dan lain sebagainya.

Menghapusnya secara permanen bisa menyebabkan semua data yang sudah kamu kumpulkan selama beberapa tahun terakhir ini menghilang tanpa sisa.

Jadi harap pikirkan matang-matang sebelum melakukan aksi apapun ya! Terutama jika kamu sudah melakukan pembelian aplikasi tertentu, maka pembelian tersebut pun akan ikut terhapus.

Jika sudah yakin dengan pilihan kamu tersebut, silahkan lakukan langkah berikut ini ya!

Sekali lagi perlu diingat bahwa menghapus akun Google berarti akan menghilangkan seluruh produk yang berkaitan dengan si mbah itu sendiri.

Produknya tersebut bisa berupa Gmail, Google Play Store, Google Drive, Google Calender, Google Foto, Youtube, Blogger, dan lain sebagainya.

Sekali kita menghapusnya, maka kita tidak akan punya lagi akses ke layanan tersebut dan seluruh data (termasuk video, aplikasi, dan foto) akan dihapus secara permanen.

Jadi beberapa layanan yang sudah pernah dibeli – seperti aplikasi, film, game, musik, dan acara TV – akan hilang sekalipun kamu membelinya dengan uang betulan.

Selanjutnya, browser Google Chrome yang disingkronkan dengan Akun Google juga akan disapu bersih tanpa sisa, yang termasuk informasi browser, bookmark, cookies, dan segala macam jejak yang ada di sana.

Jika sudah yakin dengan segala resiko dan kehilangannya, maka boleh menjalankan langkah berikut untuk menghapus akun Google seluruhnya dan seutuhnya.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka Google.com, lalu klik tombol “sign in”. Silahkan lakukan log in terlebih dahulu.
2. Klik ikon kotak di sudut kanan atas dan pilih “Account”.
3. Di sebelah kiri, pilih menu “Data & Privacy”.
4. Silahkan scroll lagi untuk menemukan “Your data and privacy options”. Lalu klik opsi tersebut.
5. Pilih “More options”.
6. Kemudian pilih “Delete your Google account”.

Seketika itu juga, akun Google kita akan terhapus secara permanen dan tak akan bisa kita kembalikan lagi seperti sedia kala.

Pastikan kamu sudah melakukan backup berbagai macam data yang dibutuhkan untuk kemudian dihidupkan lagi di akun Google yang baru.

Cara Menghapus Akun Google Secara Spesifik
Atau katakanlah kamu hanya ingin menghapus produk akun Google secara spesifik saja.

Misalnya jika kamu memilih untuk menghapus akun Gmail saja, maka akun lainnya seperti Youtube, Blogger – dan lain sebagainya – tidak akan terpengaruh sama sekali.

Jika kamu merasa nama alamat email kurang begitu enak dibaca atau terlalu nyeleneh, maka akan lebih baik untuk menghapus satu produk secara spesifik saja tanpa harus mempengaruhi produk yang lainnya.

Cara menghapus akun Google dari satu produk ke produk lainnya sendiri hampir sama. Sebagai contoh, kita lakukan penghapusan data Gmail saja yuk.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Lakukan langkah 1-3 seperti di atas.
2. Gulir ke bawah untuk menemukan opsi “Data from apps and services you use”.
3. Tepat di bawah tulisan “Download or delete your data”, silahkan klik “Delete Google service”.
4. Nanti kita akan disuguhkan deretan produk Google yang digunakan. Tepat di sebelah Gmail, silahkan klik “Delete”.
5. Silahkan masukan alamat email alternatif (tidak boleh alamat Gmail lain. Misalnya harus dari Yahoo atau Hotmail).
6. Klik “Send verification email”.
7. Buka email yang masuk ke email alternatif yang sudah kamu masukan di nomor 5 atas.
8. Ikuti tautan penghapusan dalam pesan tersebut.
9. Jika diminta, silahkan login ke akun Gmail yang ingin dihapus.
10. Pilih “Yes, I want to delete ”.
11. Klik “Delete Gmail”.
12. Klik “Done”.

Selamat, akun Gmail kamu sudah berhasil dihapus tanpa melibatkan produk Google yang lainnya.

Kunci dari penghapusan ini ada di nomor 5 atas. Pasalnya, kita membutuhkan akses ke produk Google seperti Blogger, Youtube, Google App Store, dan sebagainya menggunakan email.

Dikarenakan Gmail kita sudah terhapus, maka email alternatif inilah yang akan dijadikan kunci utama untuk login.

Jika Akun Google Dibiarkan

Ada banyak orang yang salah kaprah mengenai kepemilikan akun Google yang dimiliki. Mereka memandang akun ini layaknya kartu perdana di handphone, yang mana jika tidak dibuka akan hangus dalam kurun waktu tertentu.

Padahal, Google tidak seenak jidat melakukan penghapusan kepemilikan akun Google kita. Seseorang masih dapat mengaksesnya kapanpun mereka inginkan selama ingat alamat email, password, dan kunci konfirmasi seperti nomor handphone jika diminta.

Adapun yang dihapus bukan akunnya, melainkan data yang ada di dalamnya.

Berita ini diumumkan tepat pada bulan Juni 2021 kemarin yang menyebutkan bahwa Google dapat menghapus konten di akun Google yang sudah tidak aktif jika kita tidak mengaksesnya dalam kurun waktu 24 bulan atau lebih (dua tahun).

Ingat, konten dan akun itu berbeda! Bisa kita ibaratkan bahwa akun adalah rumahnya, dan konten adalah furniturnya.

Saat kita tidak mengaksesnya selama lebih dari 2 tahun, maka Google hanya akan membersihkan furniturnya saja, sementara rumahnya masih bisa kita miliki selama tidak dihapus.

Google Pernah Menghapus Akun Penggunanya Secara Sepihak
Di tahun-tahun sebelumnya, memang benar jika Google doyan menghapus akun Gmail kita jika tidak aktif atau dibuka selama kurun waktu 9 bulan saja tanpa peringatan.

Saat akun Google dan email tersebut dihapus dari peredaran, kita tidak akan pernah bisa lagi membuat alamat email sama sekalipun itu pemilik aslinya.

Berkat kejadian semacam ini, Google mendapatkan banyak sekali kritikan dan hujatan karena banyak orang mengalami kehilangan data penting yang mereka simpan di sana.

Akhirnya, Google mengubah kebijakan dari ‘menghapus akun’ menjadi ‘menghapus konten’ saja.

Zaman dulu kita tentu tak perlu capek-capek untuk menghapus akun Google, karena nanti akan dihilangkan secara otomatis oleh Google selama kita tidak membukanya.

Namun sekarang harus ada campur tangan dari kita, yakni menghapusnya secara manual.

Cara Menjaga Akun Tetap Aktif
Akibat adanya peraturan baru tersebut, maka kamu harus senantiasa membuat akun Google baru tetap aktif biar konten-konten di dalamnya tidak dihapus secara sepihak tanpa pemberitahuan.

Tetap lakukan login sesekali untuk melihat email. Gunakan kebiasaan ini setidaknya setahun sekali biar semua konten dan data yang tersimpan di akun Google tersebut tetap bisa diakses dan digunakan selama mungkin.