Blog

Cara Membuat Garis Kop Surat

PerbesarIlustrasi membuat kop surat di Word. Foto: Unsplash.comCara membuat garis kop surat di Word dapat dilakukan dengan mudah dan tak lama. Sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word menyediakan beragam fitur untuk mengatur dokumen, termasuk membuat komponen pada kop surat.Kop merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam dokumen surat-menyurat. Sebab, bagian itu berfungsi sebagai tanda pengenal pengirim surat resmi. Umumnya, kop surat memuat logo dan nama instansi, alamat, nomor telepon, hingga email, dan terletak di bagian atas sebelum isi surat.

Menurut Adlan Ali dan Tanzili dalam buku Pedoman Lengkap Menulis Surat, kop tak sekadar menjadi identitas pengirim melainkan juga sebagai pemberi informasi yang menghubungkan penerima dengan instansi sekaligus sarana promosi.Beberapa contoh kop surat umumnya menambahkan sebuah garis yang memisahkan bagian kop dengan badan surat. Untuk mengetahui metode lainnya untuk membuat garis kop surat, simak pemaparan selengkapnya berikut ini.

PerbesarIlustrasi membuat kop surat. Foto: Unsplash.comSetidaknya ada tiga cara membuat garis kop surat yang bisa kamu lakukan secara otomatis. Contohnya, memanfaatkan tanda pagar, melalui menu Shapes di tab Insert, hingga memanfaatkan menu Border dan Shading di tab Home.

Cara Membuat Garis Kop Surat dengan Tanda Pagar

PerbesarIlustrasi cara membuat garis kop surat dengan bantuan tanda pagar. Foto: Tangkapan layar WordMetode ini terbilang paling praktis di antara dua metode membuat garis di kop surat. Secara lebih lengkap, berikut cara membuat garis kop surat dengan tanda pagar.

1. Siapkan struktur kop surat yang akan diberi garis di bawahnya.

2. Lalu, tuliskan masukkan tanda pagar sebanyak tiga kali tepat di bagian bawah kop surat.

3. Kemudian, tekan tombol Enter di keyboard.

4. Secara otomatis, garis kop surat akan terbentuk.

Cara Membuat Garis Kop Surat dengan Fitur Shapes

Alternatif membuat garis kop surat lainnya bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur Shapes di tab Insert. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Siapkan struktur kop surat yang akan diberi garis di bawahnya.

2. Kemudian, klik tab Insert dan pilih ‘Shapes’.

3. Lalu, pilih ‘Line’ untuk mulai membuat garis.

4. Tarik garis sesuai kebutuhan. Di saat yang sama, kamu bisa menekan tombol Shift pada keyboard untuk menjaga kondisi garis tetap lurus.

5. Setelahnya, kamu bisa mengatur gaya garis sesuai kebutuhan di tab ‘Format’ pada menu ‘Shapes Style’.

6. Lalu arahkan pada opsi ‘Theme color’ dan pilih opsi ‘Weight’.

7. Untuk memilih gaya garis, klik ‘More Lines’ dan pilih jenis garis yang sesuai untuk diterapkan di bawah kop.

Cara Membuat Garis Kop Surat dengan Border and Shading

PerbesarFitur Border and Shading. Foto: Tangkapan layar WordMetode untuk membuat garis kop surat terakhir, yakni dengan memanfaatkan fitur Border and Shading. Untuk menerapkan cara ini, ikuti beberapa langkah berikut.

1. Siapkan struktur kop surat yang akan diberi garis di bawahnya.

2. Kemudian, letakkan kursor di bagian paling bawah kop surat

3. Lalu, klik tab Home dan arahkan ke menu ‘Paragraph’.

4. Selanjutnya, klik menu ‘Border’ lalu pilih menu ‘Border and Shading’.

5. Kotak dialog berisi pengaturan Border dan Shading akan muncul.

6. Atur sesuai kebutuhan kamu.

7. Garis akan muncul di bawah kop surat.

Itulah tiga cara membuat garis kop surat di Word yang bisa kamu praktikkan dengan mudah dan tak lama. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba!