Blog

Cara Membuat Email Baru

Dalam menjalankan suatu bisnis online, tentu Anda membutuhkan alamat email. Tak hanya sebagai kontak pribadi, Anda juga membutuhkan alamat email untuk kontak resmi bisnis atau perusahaan Anda. Artikel ini akan membantu Anda memahami bagaimana cara membuat email baru di beberapa platform yang sesuai untuk bisnis Anda.

Alamat email atau surel adalah alat atau sarana yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk digital melalui jaringan komputer dan internet. Alamat ini umumnya berbentuk nama atau username yang memang dijadikan sebagai alamat tujuan pengiriman pesan digital.

Dalam pembuatan email, Anda dapat memilih untuk membuat alamat email melalui layanan gratis atau juga berbayar. Biasanya dalam hal pekerjaan, banyak pemilik bisnis yang sudah mulai menggunakan domain situs perusahaan. Tapi juga tidak menutup kemungkinan bahwa mereka juga masih memanfaatkan layanan email gratis.. Ada banyak penyedia layanan Email, Ada Yahoo, Microsoft, dan juga Gmail. Sebenarnya masih banyak tapi yang cukup terkenal hanya itu saja. Saya pribadi merokmendasikan Gmail untuk menjadi email utama kamu.

Cara Membuat Email Baru Melalui Gmail
Buka Aplikasi Gmail di Hp Anda atau Kunjungi mail.google.com
Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat email baru adalah membuka aplikasi Gmail atau mengunjungi laman Gmail. Jika Anda tidak memiliki aplikasi Gmail, Anda dapat mengunduhnya melalui play store atau app store smarphone Anda. Selain itu, Anda dapat membuka Gmail di mesin pencarian Google dengan mengunjungi laman

Klik Tambahkan Alamat Email
Jika Anda menggunakan aplikasi Gmail, maka langkah kedua yang dapat Anda lakukan adalah mengklik gambar lingkaran di pojok kanan atas, lalu pilih klik ‘tambahkan alamat email lain’ dan tunggu hingga layar berubah. Setelah itu, pilihlah ‘buat akun’. Hal ini biasanya terdapat saat Anda telah memiliki email sebelumnya.

Sama halnya saat Anda membuka Gmail, Anda dapat melakukan langkah yang sama dan klik ‘buat akun’. Pada proses ini biasanya Gmail akan menampilkan opsi pop up yang menyatakan untuk siapa email yang akan dibuat.

Piliihlah untuk Siapa Email Ditujukan
Dalam tahapan ini, ada tiga opsi yang diberikan oleh Gmail, yakni opsi ‘untuk diri sendiri’, ‘untuk anak saya’, dan ‘untuk mengelola bisnis saya’. Pilihlah opsi yang paling sesuai dengan tujuan dibuatnya email baru ini. Setelah itu, klik pada opsi yang Anda tuju dan tunggu hingga layar berubah ke proses selanjutnya.

Isilah Nama Depan dan Nama Belakang pada Kolom Formulir
Pada poin ini, Anda dapat menuliskan untuk siapa email ini akan dibuat. Anda perlu menuliskan nama depan dan nama belakang di kolom formulir untuk data pribadi pemilik email nantinya. Tak hanya itu, penulisan nama ini juga sangat berpengaruh dalam melakukan bisnis atau untuk sesuatu hal yang resmi karena merupakan sebuah identitas.

Masukkan Tanggal Lahir Anda
Selanjutnya, langkah yang harus Anda lakukan untuk mendaftar email baru adalah mengisi tanggal lahir Anda. Penulisan tanggal lahir ini biasanya tidak harus sesuai dengan tanggal yang sebenarnya. Namun, alangkah baiknya jika Anda menuliskan data yang sesuai agar jika terjadi sesuatu hal pada akun , Anda tidak perlu merasa khawatir.

Pilih atau Tulislah Alamat Email Baru yang Ingin Anda Gunakan
Langkah berikutnya adalah menulis alamat email. Maksud langkah ini adalah Anda diminta untuk membuat atau menyusun nama alamat email yang Anda inginkan. Jika Anda merasa bingung, maka Gmail akan merekomendasikan beberapa alamat email yang cocok dengan data yang telah Anda tulis di kolom langkah sebelumnya.

Biasanya alamat email yang disarankan oleh Gmail cenderung biasa karena data rekomendasi alamat email yang digunakan berpatokan pada data nama Anda dan tanggal lahir. Bentuk rekomendasi alamat email ini dapat Anda gunakan saat alamat email yang Anda gunakan sudah digunakan oleh orang lain.

Buatlah Kata Sandi yang Sulit Ditebak
Kata sandi adalah kunci yang digunakan untuk membuka sebuah akun. Oleh karena itu, pembuatan kata sandi haruslah memiliki tingkat kerumitan yang tinggi agar tidak dapat mudah ditebak. Hal ini akan mencegah dari pembobol akun untuk memasuki akun Anda.

Tak hanya itu, kata sandi ini juga bersifat rahasia sehingga jangan sampai orang lain mengetahui kata sandi akun Anda kecuali memang diharuskan. Pembuatan kata sandi juga biasanya terdiri dari 8 hingga 12 karakter.

Apabila kata sandi Anda masih dinilai kurang aman atau membutuhkan imbuhan karakter lain, maka Gmail akan memberitahu melalui tulisan di bawah kolom atau tidak dapat melakukan klik di langkah selanjutnya. Melalui hal ini, Anda dapat membuat kata sandi lagi atau menambahkan kombinasi-kombinasi dari karakter lain seperti huruf atau angka.

Isikan Nomor Telepon Anda
Setelah membuat kata sandi, langkah selanjutnya yang perlu untuk dilengkapi adalah data nomor telepon yang masih aktif digunakan. Anda haruslah mengisi data ini dengan benar karena nomor telepon digunakan sebagai cara Gmail untuk menghubungi Anda jika terjadi sesuatu atau membutuhkan keperluan persetujuan seperti verifikasi.

Melalui pengisian data ini, Anda akan dapat menerima notifikasi jika akun email Anda sedang ingin dibobol oleh pihak lain karena kode verifikasi akan masuk melalui nomor tersebut. Jika Anda tidak merasa membutuhkan kode verifikasi, maka jangan pernah menyebarkan kode verifikasi tersebut karena bersifat rahasia.

Centang dan Setujui Semua Persyaratan
Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan untuk menyelesaikan pendaftaran email adalah menyetujui semua persyaratan yang telah diberikan oleh Gmail. Semua persyaratan ini tentunya juga berpengaruh pada keamanan data Gmail dan diterimanya pendaftaran email Anda.

Jadi, Anda hanya perlu mencentang persyaratan agar dapat melakukan submit pendaftaran. Setelah itu, biasanya akan muncul kode verifikasi melalui nomor telepon yang Anda tuliskan sebelumnya. Anda hanya perlu mengisi kolom sesuai kode verifikasi yang telah diberikan melalui pesan yang diperikan oleh pihak Google.

Tinjau Akun Anda
Setelah melakukan proses verifikasi di langkah sebelumnya, maka akun email baru Anda telah berhasil dibuat. Anda dapat melakukan pengecekan dengan sign in di aplikasi Gmail menggunakan alamat email baru Anda. Biasanya, Google akan memberikan sambutan pesan kepada Anda yang telah menyelesaikan pendaftaran email baru.

Beberapa cara membuat email baru tersebut adalah cara yang dapat Anda gunakan saat ingin mendaftar email melalui Gmail. Namun, jenis email ini digunakan sebagai email pribadi seseorang meskipun terkadang masih ada beberapa perusahaan yang memakainya.

Dalam hal ini, banyak dari perusahaan yang telah berpindah dari layanan email yang gratis ke email yang berbayar. Hal ini tentunya dianggap dapat membantu peningkatan performa suatu perusahaan karena lebih bergengsi. Demikianlah itu sedikit tips dari kami untuk kamu yang sedang bingung bagaimana cara untuk membuat email baru di Gmail.