Blog

Cara Membuat Daftar Isi Di Word 2013 Secara Otomatis

Ilustrasi laptop. ©2012 Shutterstock/Dmitriy Shironosov Merdeka.com – Pembuatan daftar isi dalam sebuah dokumen adalah bagian yang sangat penting. Hampir semua dokumen formal memiliki daftar isi sebagai pemandu para pembacanya dalam mencari bagian-bagian yang relevan. Tanpa daftar isi, pembaca tentu akan kebingungan menemukan halaman yang dibutuhkan.

Meski terlihat sepele, namun ternyata masih banyak orang yang kesulitan dalam praktik pembuatan daftar isi untuk dokumennya. Sebagian besar dokumen yang beredar dibuat dengan menggunakan Microsoft Word, salah satunya Word versi tahun 2013. Sehingga, daftar isi pun dapat dibuat juga menggunakannya.

Cara membuat daftar isi di Word 2013 dibuat dengan tujuan agar Anda tidak perlu lagi repot-repot membuatnya secara manual, karena tersedia cara otomatisnya. Namun berikut ini merdeka.com akan memberikan kedua caranya, baik secara manual maupun otomatis yang nantinya bisa Anda pilih sendiri cara mana yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Dilansir dari brilio.net, ini dia caranya.

Dalam praktiknya, cara membuat daftar isi di Word 2013 bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara otomatis dan secara manual. Berikut ini adalah penjabaran langkah-langkah atau cara membuat daftar isi di Word 2013 secara otomatis terlebih dahulu:

1. Pengaturan Heading

Cara membuat daftar isi di Word 2013 secara otomatis yang pertama adalah dengan membuat pengaturan headingnya terlebih dulu. Terlebih jika laporan atau dokumen yang sedang Anda kerjakan memiliki cukup banyak sub bab dan poin-poin penting. Berikut caranya:

* Blok kata atau kalimat yang ingin Anda buat sebagai daftar isi.
* Atur Heading dengan fitur Style, terletak di bagian tab Home bagian pojok kanan atas.
* Pilih Heading 1 untuk bagian utama dan Heading 2 untuk sub bagian. Lakukan cara ini secara terus menerus sampai sub bagian selesai.
* Pada pop up menu Styles, setelah pilih Heading bisa pilih tanda panah di sampingnya lalu klik Options. Muncul pop up baru untuk mengatur jenis font, ukuran, ketebalan, jarak kalimat, dan sebagainya. Aturlah sesuai keinginan Anda.

2. Masukkan Daftar Isi

Cara membuat daftar isi di Word 2013 secara otomatis yang kedua adalah dengan memasukkan poin-poin yang akan Anda gunakan sebagai petunjuk halaman di daftar isi. Berikut cara memasukkan daftar isi dengan rapi dan benar:

* Masuk pada menu References di bagian atas menu Home.
* Kemudian pilih menu Table of Contents.
* Kamu bisa memilih antara membuat daftar isi secara otomatis atau manual di sini.
* Opsi pertama dan kedua adalah Tabel Otomatis (Automatic Table 1 dan Automatic Table 2).

* Tambahkan atau mengubah rincian dengan cara klik pada bagian daftar isi. Kemudian klik Update Table di pojok kiri atas, maka angka halaman juga ikut otomatis terisi.
* Sedangkan opsi ketiga merupakan Tabel Manual (Manual Table). Pada opsi ini Anda tidak perlu mengatur Heading seperti contoh di atas.
* Jika kamu membuat perubahan pada dokumen daftar isi tipe manual, perbarui daftar isi dengan mengklik bagian daftar isi tersebut, lalu ketikkan kalimat apa yang diinginkan.

Cara Membuat Daftar Isi di Word 2013 Secara Manual
Selain secara otomatis, cara membuat daftar isi di Word 2013 pun bisa dilakukan secara manual. Cara yang ini dapat Anda gunakan apabila dokumen yang sedang Anda kerjakan tidak memiliki sub bagian dan isi yang terlalu panjang. Berikut adalah cara membuat daftar isi di Word 2013 secara manual:

1. Atur Right Tab (blok)

Cara membuat daftar isi di Word 2013 secara manual yang pertama adalah dengan mengatur Right Tab-nya terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkahnya:

* Langkah pertama adalah mengatur right tab terlebih dahulu. Untuk menampilkan ikon right tab ini, kamu harus menampilkan Ruler pada tab View.
* Setelah Ruler ditampilkan, kamu baru bisa melihat ikon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah ikon Paste. Klik ikon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab.
* Selanjutnya kamu bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan tadi, di bagian atas dokumen. Dengan begitu, kamu bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.
* Setelah itu, kamu bisa double click pada Tab pojok kiri atas, atur untuk membuat batas titik-titik daftar isi akan berhenti.
* Lalu buat sekali lagi sebagai letak penomorannya.

2. Masukkan Daftar Isi (blok)

Cara membuat daftar isi di Word 2013 secara manual yang kedua adalah dengan mulai memasukkan daftar isinya. Caranya, setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik. Lalu, terakhir kamu tinggal memasukkan nomor halaman yang sesuai dengan judul bagian tersebut. Mudah bukan?

Jadi, begitulah cara membuat daftar isi di Word 2013 baik secara otomatis maupun secara manual yang bisa Anda terapkan. Anda dapat memilih cara mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

[edl]