Blog

Cara Download Sertifikat Vaksin Di PeduliLindungi Mudah Dan Cepat Lho

Jakarta – Sekarang ini masyarakat perlu untuk memiliki sertifikat vaksin ini untuk membuktikan bahwa dirinya sudah divaksinasi, baik itu vaksin pertama maupun kedua. Karenanya penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara download sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.

Terlebih, bukti vaksin kini menjadi syarat mengunjungi berbagai tempat dan melakukan berbagai kegiatan seperti perjalanan. Kebijakan ini dimulai dari mal, pasar, kantor, tempat rekreasi, dan sebagainya.

Biasanya sertifikat vaksin COVID-19 sudah tersedia dan tersimpan otomatis di aplikasi PeduliLindungi. Karenanya masyarakat hanya perlu mendownload aplikasi tersebut. Melalui aplikasi tersebut masyarakat sudah bisa cek maupun download sertifikat vaksin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sedangkan bagi mereka yang tidak bisa menggunakan aplikasi ini di perangkat mereka karena berbagai alasan, masyarakat juga bisa cek sertifikat vaksin melalui situs resmi PediliLindungi.

Begini cara mengecek sertifikat vaksin di PeduliLindungi.id:
1. Klik situs pedulilindungi.id
2. Masukkan nama lengkap dan nomor induk kependudukan (NIK)
3. Centang kolom ‘I’m not a robot’
4. Klik ‘Periksa’
5. Tunggu status vaksinasi muncul

Sedangkan bila ingin mengunduh sertifikat vaksin, ikuti langkah berikut:
1. Buka laman peduliLindungi.id
2. Klik ‘Login/Register’ yang terletak di pojok kanan atas
3. Apabila belum punya akun, maka klik ‘Buat akun PeduliLindungi’. Masukkan nama, NIK, dan nomor telepon yang dipakai saat melakukan registrasi vaksin
4. Apabila sudah punya akun, ketik nomor ponsel dan klik ‘Login Sekarang’
5. Ketik nama lengkap dan nomor ponsel ketika mendaftarkan diri untuk vaksin COVID-19
6. Masukkan kode OTP yang dikirim PEDULI COVID via SMS
7. Klik ‘Nama Akun’ yang ada di bagian kanan atas. Jika menggunakan ponsel, klik ikon tiga garis lalu pilih ‘Nama Akun’
8. Klik ‘Nama’ yang muncul pada ‘Sertifikat Vaksin’, lalu masukkan NIK untuk membuka dan mengunduh sertifikat vaksin
9. Klik sertifikat hingga muncul pilihan ‘Unduh Sertifikat’. Klik lagi, maka sertifikat vaksin COVID-19 secara otomatis terunduh.

Namun bila menemui kesalahan data atau sertifikat vaksin tak kunjung muncul, agar keluhan segera diproses Kemenkes menyampaikan bahwa yang bersangkutan bisa memberikan biodata lengkap, swafoto atau selfie disertai KTP, dan memaparkan keluhan. Kemudian, kirim email

Dalam akun Instagram Kementerian Kesehatan RI, solusi atas hambatan di atas adalah dengan cara mengirimkan keluhan melalui email.

Format email:
1. Nama lengkap
2. NIK
3. Tempat, tanggal lahir
4. Nomor ponsel
5. Lampirkan foto dan kartu vaksinasi COVID-19

Demikian cara download sertifikat vaksin melalui PeduliLindungi. Sebagai informasi, masyarakat tidak dianjurkan mencetak sertifikat vaksin melalui jasa pencetak.
Sebabnya, pihak ketiga seperti itu akan otomatis mendapat data kependudukan NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir. Sehingga, cara paling aman adalah dengan cara download sertifikat vaksin melalui aplikasi maupun situs resmi PeduliLindungi.id seperti yang dirinci di atas.

(ara/ara)