Blog

Pentingnya Ekonomi Wilayah Dalam Pembangunan

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala tingkah laku dan aktivitas manusia demi mendapatkan sesuatu dengan adanya sumber daya yang terbatas. A sederhananya yaitu ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang upaya bagaimana cara mengoptimalkan s

5. Teori kelima dikemukakan oleh Manullang. Menurut Manullang ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara pemenuhan keinginan manusia atau masyarakat agar tercapai kemakmuran masyarakat.

Ilmu ekonomi yang mempelajari banyak hal mulai dari bisnis, investasi, bunga, perdagangan, akuntansi hingga pajak. Ilmu ekonomi memiliki tiga cabang ilmu yaitu ilmu ekonomi terapan, ilmu ekonomi deskriptif dan ilmu ekonomi teori. Ilmu ekonomi terapan merupakan ilmu yang mengaplikasiannya menggunakan teori serta prinsip dari situasi riil dalam memprediksi kemungkinan dan berfokus pada pemanfaatan ilmu ekonomi secara praktis. Ilmu ekonomi deskriptif merupakan ilmu yang penggambarannya berupa keadaan perekonomian masyarakat pada saat itu. Dan yang terakhir merupakan ilmu ekonomi teori yang pembelajarannya berupa pembelajaran tentang ilmu ekonomi secara makro dan mikro.

Ekonomi wilayah sering disebut juga sebagai ilmu ekonomi regional. Ilmu ekonomi regional merupakan salah satu cabang ilmu dari ilmu ekonomi. Dalam ekonomi wilayah kita mempelajari tentang suatu pelaksanaan kegiatan ekonomi pada ruang lingkup wilayah yang di sana menitikberatkan pada dimensi tata ruang. Ekonomi wilayah juga dapat dijadikan sebagai penentu kebijakan terkait ekonomi daerah seperti analisis potensi ekonomi, ketersediaan fasilitas, kepadatan penduduk dan lain sebagainya.

Definisi pembangunan sendiri yaitu upaya dari manusia secara sadar untuk memanfaatkan lingkungan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembangunan yang baik akan berdampak pada kehidupan serta kesejahteraan masyarakat. Semakin baik suatu pembangunan di suatu daerah maka kehidupan dan kesejahteraan masyarakatnya akan semakin meningkat. Ekonomi wilayah memiliki tujuan yaitu untuk menuntaskan permasalahan yang terjadi di suatu wilayah. Tujuannya yaitu pengendalian pertumbuhan penduduk dan kualitas sumber daya manusia, pemeliharaan daya dukung lingkungan, pengendalian ekosistem dan jenis spesies dari berbagai sumber daya pengembangan industri, pengantisipasi krisis energi. Pembangunan wilayah di Indonesia dibagi menjadi 4 wilayah utama yang pembagiannya berdasarkan letak geografis dari yang ada di Indonesia. Pembangunan wilayah tersebut ditujukan agar pembangunan di Indonesia berjalan merata. Berikut pembagian pembangunan wilayah di Indonesia.

1. Wilayah A terdiri dari dua bagian wilayah yaitu wilayah pertama terdiri dari provinsi Aceh dan Sumatera Utara dengan pusat berada di Medan dan wilayah kedua terdiri dari provinsi Sumatera barat, Riau dan kepulauan Riau dengan pusat yaitu Pekanbaru.

2. Wilayah B terdiri dari tiga bagian wilayah yaitu pada bagian pertama terdiri dari provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Bangka Belitung dengan pusat Kota Palem

uatu proses pembuatan atau produksi barang atau jasa dengan bermodalkan sumber daya yang minimum. Ilmu ekonomi mempelajari tentang bagaimana cara untuk mengolah sumber daya yang minimum untuk mendapatkan hasil yang maksimum. Ada beberapa pendapat para ahli mengenai definisi dari ilmu ekonomi. Inilah beberapa pendapat para ahli tentang definisi ekonomi :

1. Teori pertama dikemukakan oleh Adam Smith yang terkenal dengan teori ekonomi klasiknya. Menurut Adam Smith ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dalam upaya mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai suatu tujuan.

2. Teori kedua dikemukakan oleh Mankiw. Menurut Mankiw, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu individu yang saling berinteraksi satu sama lain.

3. Teori ketiga dikemukakan oleh John Stuart Mill. Menurut John Stuart Mill ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang penagihan dan pengeluaran serta berbagai kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Lihat Semua Komentar (0)