Blog

Cara Cek Kuota Smartfren Dengan Cepat Terbaru 2022

Home » News » Cek Kuota Smartfren

Bagaimana cara Cek Kuota Smartfren terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Pasalnya, provider seluler ini menawarkan bermacam cara untuk kita sebagai pengguna untuk mengecek kuota Smartfren. Cara untuk cek kuota Smartfren terdapat berbagai cara. Ada yang melalui SMS hingga memakai aplikasi Smartfren. Maka, pengguna Smartfren dapat menggunakan pilihan sesuai dari keinginan mereka.

Selain mempumyai jaringan yang bagus dan dengan harga paket kuota yang terbilang cukup murah, Smartfren bahkan juga dikenal dengan kuota paket dataunlimited-nya. Meskipun kuota paket datanyaunlimited, maka jangan langsung seperti anak sultan ya hehehehe. Kalian tetap perlu selalu mengecek sisa kuota paket data Smartfren dengan berkala, karena kuota paket dataunlimiteditu memakai sistem FUP (Fair Usage Policy).

Sekilas Kuota Smartfren
Operator satu ini pada awalnya dikenal merajai seluler model CDMA dengan rilisnya yang cukup terbilang sukses memikat jutaan konsumen, tidak berhenti sampai di situ Smartfren juga mencoba mengembangkan usahanya dengan meluncurkan produk CDMA EVDO dengan 4G LTE Advanced yang akhirnya menarik respon bagus bagi masyarakat indonesia.

Alhasil walaupun banyak yang menggunakannya, akan tetapi masih banyak pemakai Smartfren yang tidak mengetahui layanan standar yang diberikan oleh provider Smartfren ini, contohnya saja bagaimana cara untuk cek pulsa yang terdapat pada hp atau bagaimana cara cek data pada paket yang dipakai.

Baca juga: Situs Penghasil Uang

Bagaimana Cara Cek Kuota Smartfren?
Ada beberapa langkah yang mudah dapat kalian gunakan untuk mengecek sisa kuota paket dan masa aktif kartu Smartfren. Yuk kita coba ulas satu persatu!

* Cek Kuota Smartfren melalui SMS

Langkah pertama adalah dengan melalui SMS, cukup kalian buka SMS dan ketik CEK kemudian kirim ke 995. Kemudian tunggu SMS yang dikirim dari pihak Smartfren, dimana akan memberikan informasi sisa paket kuota dan masa aktifnya kartu.

* Cek Kuota Smartfren melalui USSD/ Dial

Langkah kedua adalah dengan cara mengetik *995# lalu tekan OK atau telpon. Kemudian tunggu pesan balasan dari pihak Kartu Smartfren, dimana akan memberikan informasi sisa paket kuota dan masa aktifnya kartu.

* Cek Kuota Smartfren melalui Aplikasi

Untuk langkah yang satu ini kalian wajib mengunduh aplikasi MySmartfren Self Care melalui Playstore maupun Appstore. Kemudian kalian buat akun ID Smartfren, setelah itu kalian dapat Login, dan kemudian secara otomatis sisa paket kuota kalian akan muncul pada layar HP di menu utama.

* Cek Kuota Smartfren melalui Website

Langkah yang terakhir kalian bisa langsung mencari laman dari provider Smartfren ini dengan menggunakan aplikasi browser seperti google chrome atau mozila yang terdapat pada HP kalian. Daftar ID Smartfren dan kemudian Login, dan setelah itu kalian akan mendapatkan informasi data sisa paket kuota pada menu utama dilaman web tersebut.

Baca juga: Nama Free Fire Bucin

Untuk Apa Saja Paket Belajar Smartfren?
Paket kuota belajar adalah program bantuan yang dirancang oleh Smartfren, berupa paket kuota Umum dan Belajar, Bagi penggunanya wajib mengikuti proses kegiatan belajar dan mengajar melalui HP di rumah selama kondisi pandemi ini. Bantuan ini akan diberikan dengan mengikuti jenjang pendidikan pada setiap bulannya selama masa periode berjalan.

Paket kuota umum dapat kalian pakai untuk mengakses dunia internet ke semua website atau situs. Berbeda dengan paket kuota belajar dari namanya saja sudah jelas hanya dapat dipakai untuk mengakses website dan aplikasi untuk jenis belajar. Kalian sendiri dapat mengecek web dan aplikasi belajar itu dengan menggunakan paket Kuota Belajar pada website resmi dari Kemdikbud.

Berikut ini data informasi rincian bantuan paket kuota internet belajar kerjasama dari Kemdikbud dan Smartfren.

Paket Kuota Berdasarkan Jenis Peserta

* Peserta Didik Dengan Jenjang Pendidikan PAUD (20 GB/bulan)

5 GB Paket Kuota Umum

15 GB Paket Kuota Belajar

* Peserta Didik Dengan Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah (35 GB/bulan)

5 GB Paket Kuota Umum

30 GB Paket Kuota Belajar

* Peserta Guru Dengan Jenjang Pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar dan Menengah (42 GB/bulan)

5 GB Paket Kuota Umum

37 GB Paket Kuota Belajar

* Peserta Dosen dan Mahasiswa (50 GB/bulan)

5 GB Paket Kuota Umum

45 GB Paket Kuota Belajar

Daftar Syarat dan Ketentuan Paket Kuota Smartfren
* Jumlah paket kuota untuk belajar 35 GB terdiri antara 5 GB paket kuota utama dan 30 GB paket kuota belajar.
* Jumlah paket kuota belajar 35 GB hanya dapat dibeli oleh nomor pengguna yang pernah ikut paket kuota belajar dari program belajar yang dikeluarkan oleh pemerintah sebelumnya.
* Data paket kuota belajar hanya berlaku untuk pengguna prabayar dan pascabayar.
* Masa aktif berlaku paket kuota belajar sebesar 35 GB adalah selama 30 hari.
* Jumlah paket kuota utama adalah kuota yang bisa digunakan untuk menjalankan internet pada semua aplikasi dan dapat dinikmati oleh pengguna selama 24 jam sampai paket kuota habis.
* Paket kuota belajar adalah paket kuota yang hanya bisa dipakai untuk mengakses website dan aplikasi belajar (sesuai pada daftar resmi dari kuota belajar yang ada sebelumnya dari Depdikbud ditambah dengan daftar aplikasi/url dari Kemenag). Kuota Belajar ini tidak bisa dipakai untuk akses ke aplikasi pihak ketiga di masing-masing apps dan website (misalnya youtube, facebook, dll), dan untuk akses tersebut akan menggunakan kuota utama.
* Pembelian paket kuota belajar 35 GB ini secara otomatis memperpanjang masa aktif kartu sesuai dengan masa aktif dari kuota tersebut.
* Sisa paket kuota tidak akan ditambahkan ke periode bulan selanjutnya, maka sisa paket kuota akan hangus dengan sendirinya.
* Paket kuota belajar sebesar 35 GB ini bisa dibeli bersamaan dengan paket data lainnya.
* Paket kuota belajar sebesar 35 GB ini juga dapat dibeli melalui apk mySF atau tekan 1233*8#.
* Harga pada paket kuota belajar sebesar 35 GB adalah sebesar Rp35 ribu dan selama periode promo sampai tanggal 30 April 2021, harga pada paket kuota belajar sebesar 35 GB menjadi seharga Rp25 ribu.

Penutup
Nah, demikianlah cara cek kuota Smartfren yang terbaru 2021 lewat berberapa cara yang dapat kalian pilih sesuai dengan yang kalian inginkan. Walaupun ada begitu banyak paket kuota internet unlimited 4G pada Smartfren, namun Tcash berharap kalian jangan lupa untuk menggunakannya dengan bijak supaya FUP kalian nggak cepat habis ya!

Baca juga: Cara Main Free Fire di PC