Blog

Arti Pancasila Menurut Para Ahli Dan Makna Simbol Pada Setiap Sila

Kapanlagi Plus – Arti pancasila sangat penting bagi setiap warga negara Indonesia. Pasalnya, Pancasila sebagai dasar negara merupakan kesepakatan yang final dan diterima secara luas oleh masyarakat Indonesia. Para pendiri bangsa telah menyepakatinya sebagai perjanjian luhur dan perwujudan cita-cita seluruh rakyat Indonesia.

Selain arti Pancasila, kalian juga perlu memahami makna yang juga disampaikan oleh para ahli. Mereka merupakan pemikir yang kemudian memberi penjelasan mengenai Pancasila agar lebih mudah diterima oleh masyarakat luas.

Pancasila juga menjadi sumber hukum dasar nasional. Artinya, segala peraturan yang ada di Indonesia bersumber dari sana. Oleh karena itu, kalian juga perlu memahami arti Pancasila melalui setiap lambang yang ada di dalamnya melalui penjelasan berikut ini.

1. Arti Pancasila Secara Etimologis

Ilustrasi (Credit: Pixabay)

Secara etimologis, Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yakni panca berarti lima dan sila berarti dasar. Maka, arti pancasila adalah lima dasar. Selain itu, sila juga bisa diartikan sebagai aturan yang melatarbelakangi perilaku seseorang.Pancasila menjadi dasar tingkah laku atau perbuatan bangsa Indonesia yang sesuai dengan adab, akhlak, moral, atau sopan santun. Melansir informasi dari Liputan6, istilah Pancasila terdapat pada kitab Negarakertagama karangan Empu Prapanca dan kitab Sutasoma karangan Empu Tantular.

Selain berarti “berbatu sendi yang lima” (dari bahsa Sansekerta), Pancasila dalam kitab Sutasoma juga berarti pelaksanaan Kesusilaan yang lima. Selanjutnya, istilah Pancasila diambil oleh Soekarno saat merumuskan dasar negara Indonesia setelah kemerdekaan.

2. Arti Pancasila Menurut Para Ahli

Ilustrasi (Credit: Pixabay)

Selain arti secara etimologis yang sudah dijelaskan di atas, kalian juga perlu mengetahui arti Pancasila menurut para ahli agar bisa memahami maknanya lebih dalam. Melansir informasi dari Bola.com, berikut ini arti Pancasila menurut Ir. Soekarno, Muhammad Yamin, dan tokoh lain yang perlu kalian ketahui.- Menurut Ir. Soekarno

Arti pancasila menurut Ir. Soekarno adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-menurun berabad-abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Dengan demikian, Pancasila bukan hanya sebagai falsafah negara, namun lebih luas lagi, yaitu falsafah bagi bangsa Indonesia.

– Menurut Muhammad Yamin

Menurut Muhammad Yamin, Pancasila berasal dari kata ‘panca’ yang berarti lima dan ‘sila’ yang berarti sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikian, Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

– Menurut Ruslan Abdul Ghani

Menurut Ruslan Abdul Ghani, Pancasila diartikan sebagai sebuah filsafat negara yang tercipta untuk menjadi ideologi kolektif demi kesejahteraan rakyat dan bangsa Indonesia.

– Menurut Notonegoro

Arti Pancasila adalah dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

– Menurut Prof. Dr. Nurcholish Majdid

Prof. Dr. Nurcholish Majdid mengartikan pancasila sebagai modal untuk mewujudkan demokrasi Indonesia, Pancasila memberi dasar dan prasyarat asasi bagi demokrasi dan tatanan politik Indonesia, Pancasila menyumbang beberapa hal penting.

3. Makna 5 Simbol Pancasila

Ilustrasi (Credit: Pixabay)

Tak hanya arti Pancasila, makna dari lima simbol yang ada di dalamnya juga menjadi hal penting untuk kalian pahami sebagai warga negara Indonesia.1. Arti Lambang Bintang Emas

Lambang bintang emas pada sila pertama pada Pancasila memiliki makna sebagai sebuah cahaya, yaitu yang dipancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada umat manusia. Latar belakang hitam pada lambang bintang emas tersebut menggambarkan warna alam, berkah dari Tuhan yang menjadi sumber segalanya di muka bumi ini.

2. Arti Rantai Emas

Sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab” memiliki lambang rantai emas. Mata rantai dalam simbol tersebut berbentuk persegi dan lingkaran yang saling mengaitkan.

Mata rantai berbentuk persegi empat merupakan lambang laki-laki, sedangkan mata rantai lingkaran menggambarkan perempuan. Kemudian mata rantai yang saling mengaitkan melambangkan hubungan timbal balik antar umat manusia, baik laki-laki maupun perempuan.

3. Arti Pohon Beringin

Pohon beringin merupakan simbol sila ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Lambang pohon beringin dengan akar yang menjulur ke bawah bermakna sebagai tempat berteduh.

Pancasila sebagai dasar negara bisa diibaratkan sebagai tempat berteduh bagi bangsa Indonesia. Menjadi tempat untuk berlindung agar merasa aman. Pohon beringin juga memiliki akar tunggang yang kuat, menggambarkan persatuan bangsa Indonesia.

Sementara, sulur-sulur pada pohon beringin melambangkan suku, keturunan, dan agama yang beragam di Indonesia. Meski berbeda-beda, rakyat Indonesia tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia di bawah lambang Pancasila.

4. Arti Kepala Banteng

Sila keempat yang “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan” memiliki lambang kepala banteng. Banteng diartikan sebagai hewan sosial yang suka berkumpul dan bergerombol. Saat banteng berkumpul, menjadi lebih kuat dan sulit diserang lawan.

Lambang kepala banteng bisa menjadi gambaran budaya bangsa Indonesia yang senang berkumpul, berdiskusi, dan bermufakat. Kepala banteng menjadi perumpamaan manusia dalam mengambil keputusan, yakni yang harus dilakukan secara tegas.

5. Arti Padi dan Kapas

Sila kelima yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” memiliki lambang padi dan kapas. Padi dan kapas melambangkan dua kebutuhan pokok manusia demi bisa bertahan hidup.

Nah, itulah penjelasan mengenai arti Pancasila beserta penjelasan lima lambang sila yang ada di dalamnya.