Blog

Definisi Organization Development Menurut Para Ahli

1. Menurut Daft (2010:432) pengembangan organisasi berfokus terhadap aspek manusia dan sosial dari organisasi yang menjadi upaya untuk meningkatkan kemampuan organisasi untuk mengadaptasi dan memecahkan masalah.
2. Organization Development (pengembangan organisasi) didefinisikan sebagai proses untuk meningkatkan efektivitas organisasi dan kesejahteraan anggotanya melalui intervensi (keterlibatan) terencana, yang diterapkan menggunakan konsep behavioral science, yaitu menggunakan pendekatan yang berhubungan dengan subjek tindakan / perilaku manusia (Werner dan DeSimone, 2011:11).
3. Pengembangan organisasi adalah kumpulan metode perubahan yang mencoba untuk meningkatkan efektivitas organisasi dan kesejahteraan karyawan. Metode pengembangan organisasi menilai manusia dan pertumbuhan organisasi, kerja sama dan proses partisipatif, serta semangat penyelidikan (Robbins dan Judge, 2013).
4. Menurut Aprinto (2013:454), organization development merupakan manajemen perubahan. Tindakan melakukan perubahan inilah yang dimaksud dengan intervensi.
5. Menurut Griffin dan Moorhead (2013:519) organization development merupakan proses perubahan terencana dan kemajuan organisasi melalui aplikasi pengetahuan dari ilmu tingkah laku (behavioral science).

Griffin dan Moorhead menambahkan tiga poin utama dalam pengembangan organisasi, yaitu :

1. Pengembangan organisasi melibatkan usaha untuk merencanakan perubahan organisasi.
2. Tujuan spesifik dari pengembangan organisasi adalah untuk memajukan organisasi.
3. Kemajuan terencana harus didasarkan pada pengetahuan dari ilmu tingkah laku (behavioral science) seperti perilaku organisasi, psikologi, sosiologi, dll.

Organization development merupakan suatu proses perubahan di mana karyawan merumuskan perubahan yang diperlukan dan menerapkannya, sering dengan bantuan konsultan terlatih (Desler, 2013). Masih dalam buku yang sama, Desler mengatakan bahwa organization development memiliki beberapa karakteristik khusus, diantaranya :

Karakteristik Organization Development
1. Biasanya melibatkan penelitian tindakan, yang berarti mengumpulkan data tentang kelompok, departemen atau organisasi dan memberi informasi kembali kepada karyawan sehingga mereka dapat menganalisis dan mengembangkan hipotesis mengenai masalah yang mungkin terjadi.
2. Organization development menerapkan ilmu pengetahuan perilaku (behavioral science knowledge) untuk meningkatkan efektivitas organisasi.
3. Organization development mengubah organisasi menuju arah tertentu ke arah pemberdayaan (empowerment), meningkatkan pemecahan masalah, daya tanggap, kualitas kerja dan efektivitas.

Maka berdasarkan pendapat para ahli diatas, dapat dikatakan bahwa pengembangan organisasi (organizational development) merupakan suatu proses perubahan dalam organisasi dengan melibatkan seluruh anggota organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas organisasi dan kesejahteraan karyawan.

Pembahasan lainnya :

Manajemen SDM