Blog

Arti Observasi Secara Umum Dan Menurut Ahli Ketahui Juga AspekAspek Hingga Tujuannya

Kapanlagi Plus – Observasi mungkin sudah jadi istilah yang sering kita dengar. Kata ini sangat erat kaitannya dengan dunia penelitian dan ilmu pengetahuan. Bahkan, saat menempuh pendidikan sekolah atau perguruan tinggi, kita pasti pernah melakukan observasi. Kendati demikian, nyatanya bagi sebagian orang arti observasi masih cukup asing dan belum dipahami.

Arti observasi sering dikaitkan dengan kegiatan yang dilakukan untuk memajukan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, penting untuk tahu dan paham pengertian observasi yang sesungguhnya. Bahkan tak saja pengertiannya saja, kita juga perlu tahu tata cara melakukan observasi yang benar. Sebab dengan begitu, tujuan observasi untuk memajukan ilmu pengetahuan dapat tercapai.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan penjelasan arti observasi beserta tata cara pelaksanaannya.

1. Arti Observasi secara Umum

(credit: unsplash)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, arti observasi adalah peninjauan secara cermat. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, observasi merupakan kata yang cukup lekat dengan dunia penelitian. Itu artinya, dapat disimpulkan bahwa observasi merupakan satu kegiatan dalam penelitian yang dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap suatu objek secara seksama.Dalam suatu penelitian, observasi dilakukan untuk proses pengumpulan data. Observasi juga sering dipandang sebagai instrumen penelitian dengan cara mengumpulkan data lalu mengamati secara langsung di lapangan. Tak sekadar mengamati secara teliti, dalam observasi juga terdapat aktivitas seperti merekam, menghitung, mengukur serta mencatat kejadian-kejadian yang ditemukan di lapangan. Semua aktivitas dalam observasi tersebut dilakukan agar mendapatkan data yang akurat dan tepat.

2. Pengertian Observasi Menurut Para Ahli
Selain dalam KBBI, penjelasan arti observasi juga diungkapkan oleh sejumlah ahli. Definisi para ahli tentang observasi memang tidak akan lari terlalu jauh dari penjelasan di atas. Namun, dengan mengetahui pengertian observasi dari para ahli ini, kalian akan lebih paham apa itu observasi.1. Sutrisno Hadi

Menurut Sutrisno Hadi, observasi merupakan proses yang kompleks, terdiri atas berbagai macam proses biologis dan psikologis. Namun, hal yang dalam observasi adalah ingatan dan pengamatan.

2. Gibson dan Mitchell

Sementara itu, menurut Gibson dan Mitchell, observasi adalah teknik dalam melakukan menyeleksi untuk menentukan keputusan dan simpulan atas orang lain yang sedang diamati.

3. Nawawi dan Martini

Arti observasi menurut Nawawi dan Martini meliputi kegiatan mengamati, dengan pencatatan secara urut dan mendetail, terkait unsur-unsur yang muncul dalam fenomena atau objek yang sedang diteliti. Hasil dari proses tersebut kemudian akan dilaporkan secara sistematis dan sesuai kaidah laporan penelitian.

4. Hanna Djumhana

Menurut Hanna Djumhana observasi merupakan metode ilmiah yang menjadi acuan dalam ilmu pengetahuan empiris digunakan untuk proses pengumpulan data.

3. Aspek-aspek dalam Observasi

(credit: unsplash)

Observasi bukanlah aktivitas pengamatan biasa. Observasi merupakan aktivitas dalam penelitian yang cukup kompleks. Dalam menjalankan observasi, terdapat banyak aspek yang harus diperhatikan. Nah untuk lebih memahami arti observasi, tentu kita juga perlu mendalami aspek-aspek tersebut. Berikut beberapa aspek dalam observasi.1. Tujuan

Salah satu aspek penting dalam observasi adalah tujuan. Dalam hal ini, tujuan merupakan target yang diharapkan dari partisipan selama kegiatan observasi berlangsung.

2. Partisipan

Aspek kedua adalah partisipan yaitu setiap orang atau pihak yang terlibat dalam kegiatan yang sedang diamati dalam penelitian.

3. Kegiatan

Aspek ketiga yaitu kegiatan di dalamnya meliputi motivasi atau dorongan partisipan dalam melakukan kegiatan, serta untuk siapa kegiatan dilakukan, bagaimana cara partisipan melakukan kegiatan, bagaimana bentuk kegiatan tersebut, kemudian dampak dari kegiatan tersebut.

4. Tempat

Aspek keempat adalah tempat, di dalam aspek ini meliputi lokasi tempat berlangsungnya kegiatan observasi.

5. Waktu

Aspek kelima adalah waktu berhubungan erat dengan durasi atau jangka waktu dilakukannya observasi atau pengamatan.

6. Peralatan

Aspek keenam yaitu peralatan yang digunakan selama observasi. Aspek ini berhubungan dengan jenis, bentuk, bahan, dan kegunaan dari benda atau peralatan yang digunakan selama mengamati kegiatan.

4. Tujuan Observasi

(credit: unsplash)

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa secara umum tujuan observasi adalah untuk mendapatkan data yang akurat dan tepat. Namun dalam cakupan yang lebih luas dan mendalam, ternyata observasi mempunyai beberapa tujuan. Berikut beberapa tujuan dari observasi.- Untuk membuat penggambaran akurat tentang objek serta segala yang berhubungan dengan objek tersebut, berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan.

– Untuk mendapatkan kesimpulan terkait objek yang diamati. Kesimpulan tersebut akan disusun di dalam sebuah laporan yang relevan. Laporan ini yang nantinya bermanfaat dalam memajukan pendidikan dan pengetahuan.

– Untuk mendapatkan suatu data atau informasi yang selanjutnya dapat diumumkan baik dalam bentuk karya ilmiah atau non-ilmiah.

– Membantu penafsiran hasil penemuan dan interpretasinya.

– Memberikan gambaran keadaan yang tidak dapat diulang dan ditiru kembali dalam suatu eksperimen.

– Untuk membantu dalam menjelaskan suatu peristiwa dan dapat diuji secara kualitas.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti observasi berikut penjelasan tentang aspek-aspek hingga tujuannya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian.