Blog

Apa Pengertian Pantun Berkait Dan Contohnya Pelajaran Bahasa Indonesia

Kalian pasti sudah adv pernah segala itu pantun, namun belum memahami tentang
denotasi pantun
secara istilah dan berjenis-jenis jenisnya. Gramedi.com kelihatannya ini akan share seputar pantun, mudahmudahan bisa menjadi literatur bagi kalian yang kepingin berburu referensi seputar kelong yang masih adalah tembang lama ini.

“Masak aer cak agar mateng!”

“Cakep!”

Mungkin kita tak luar dengan pantun di atas. Safri , koteng pelawak di pelecok satu televisi swasta sering meneriakkannya

Ataupun bagi anak-momongan cucu adam Jarjit di serial Upin-Ipin sekali lagi kental dengan pantunnya.
Kamu sering memulai dengan kalimat
” dua, tiga …” sebagai pembuka pantun

Ataupun mungkin penutup-akhir ini kita sering dengar juga di televisi sebuah pantun

“Lauk hiu makan tomat
“I love you so much”

Puisi lama kini juga familiar di telinga kita. Apakah kelong itu? Sepanjang mana kita mengenal kelong? Bagaimana kalau kita mengenal kian dalam lagi tentang pantun?

Pantun merupakan pelecok suatu lembaga karya sastra yang terdorong dengan resan.

Semula mulanya Puisi lama adalah sastra lisan, masyarakat tempo dulu terbiasa bersambut puisi lama. Mereka mengucapkan spontan secara verbal sonder pikir panjang. Doang Seiring masa berjalan, sekarang dijumpai juga pantun yang termasuk.

Yakni Haji Ibrahim Datuk Mewah Cukup umur Riau, seorang sastrawan yang kehidupan sezaman dengan Kanjeng sultan Ali Haji nan mula-mula kali berbuah membukukan sastra lisan ini. Kompilasi pantun yang pertama itu diberi berjudul “Perhimpunan Pantun-Pantun Jawi”

Ciri spesial bersumber sebuah pantun lain adalah pantun tidak melibatkan stempel penggubahnya (anonim). Hal ini dikarenakan penyebaran pantun dilakukan berusul mulut ke mulut.

Pantun pun merupakan pantun, yang sudah melegenda di Nusantara. Nyaris semua daerah memiliki puisi lama. Puisi lama koteng berpokok dari bahasa Minangkabau. Introduksi aslinya adalah Pantun yang jika diterjemahkan penuntun.

Buat Grameds nan punya ketertarikan lakukan menulis diary, tembang, dan narasi fiksi serta berbagai macam karya ilmiah lainnya bisa mempelajari caranya pada sosi Yuk, Batik! Diary, Syair, Dan Cerita Fiksi.

Ternyata meskipun serupa ,di daerah lain namanya berbeda. Dalam bahasa Jawa, pantun dikenal dengan Parikan.Sementara kerumahtanggaan bahasa Jawa bersejarah, Pelihara nan berarti benang atau Atuntun yang berarti teratur dan Matuntun yang berarti menganjuri.

Di provinsi tatar Sunda , kelong disebut Paparikan. Tentatif bagi tungkai Batak pantun mereka ujar Umpasa. Pantun juga terdapat intern bahasa Pampanga, Asuh yang berarti teratur.

Sedangkan kerumahtanggaan bahasa Tagalog ada Tonton yang berarti mengomong menurut aturan tertentu. Bahasa Toba adapula pengenalan Pantun yang berarti kesopanan dan kehormatan.

Galibnya, puisi lama dibangun oleh catur larik (atau catur baris bila dituliskan), tiap larik mempunyai 8-12 suku perkenalan awal.

Kamil:
Ikan hiu makan tomat

I-ketel hi-u ma-kan to- mat ,(8 suku perkenalan awal)

Kemudian Pantun bersajak akhir memiliki konseptual a-b-a-b
Contoh:
Lauk hiu bersantap tomat (a)
Tomat matang mulai sejak tumbuhan (b)
Jika sira cak hendak tobat (a)
Pada sang pencipta dia memohon (b)

ataupun a-a-a-a
Ataupun akhirannya sama
Contoh:
Bunga mawar bunga melati
Minimal suka rona biram lever
Jejas memar bisa diobati
Jejas belalah membuat hening

Bisa juga memilih berakhiran a-a-b-b atau a-b-b-a yaitu ular-ular seling
Misalkan

Biji kemaluan naik banding biji pelir tomat
Dipotong format renik
Usah memikir barang bawaan berat
Jadikanlah sebagai halnya kerikil

Tapi ingat jangan akhirannya a-a lalu b- b ya ataupun sebaliknya . Jadi jangan sejenis ini simak deh,

Burung Beo keruh tinggi
Berpapasan dengan Kenari
Berusahalah sekuat tenaga
Seharusnya semua doa jadi berwujud

Kendatipun isinya bagus, tekor enak ketel terdengarnya ya kan?

Pengertian Pantun Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian kelong menurut para pandai diantaranya:

1. Abdul Rani (2006:23)

Abdul Rani mendeskripsikan pantun umpama berikut:

* Terdiri dari 4 baris
* Tiap baris terdiri pecah 9-10 prolog
* 2 baris pertama disebut penyangkut, temporer 2 lajur berikutnya disebut isi pantun

2. Fang (1993:95)

Pantun muncul pertama kali dalam sejarah melayu. Pantun terdapat dalam beberapa hikayat-hikayat yang melegenda.

Pantun serupa karma berpangkal kata parik dalam bahasa Jawa. Parik sendiri artinya pari atau paribahasa. Dalam bahasa jawi peribahasa. Tentatif di India seorang pantun serupa Perumpamaan ataupun Seloka.

3. Dr. R. Brandstetter

Pantun berasal berpokok akar tunggang perkenalan awal “tun” dimana banyak kaki nasion nusantara yang memilikinya.

Seperti dalam bahasa Pampanga, tuntun mempunyai kemustajaban integral. Bahasa Tagalog juga memiliki “tonton” yang berguna cakap menurut kebiasaan tertentu.

Darurat dalam bahasa Jawa historis, tuntun nan n kepunyaan arti makao atau atuntun yang dimaknai sebagai keteraturan dan matuntun nan artinya mengusung.

Bahasa Toba pun mempunyai perkenalan awal pantun. Kelong bermakna kesopanan dan kehormatan.

4. Surana (2010:31)

Surana menyatakan kelong sebuah bentuk puisi lama yang terdiri atas empat larik, yang berima silang (a-b-a-b). Larik pertama dan kedua dikategorikan dengan sampiran alias fragmen nonblok.

Umumnya sampiram berupa sebuah lukisan pataka ataupun peristiwa apa saja sekiranya boleh diambil bagaikan suatu kiasan

5. Edi dan Farika (2008:89)

Kelong yaitu bentuk puisi lama yang mutakadim dikenal luas kerumahtanggaan bermacam ragam bahasa di nusantara. Di internal bahasa Jawa kelong dikenal sebagai parikan, sedangkan dalam bahasa sunda pantun dikenal ibarat paparikan.

6. Alisyahbana (2004:1)

Kelong yaitu puisi lama yang begitu dikenal oleh orang jaman dahulu Pantun dulu dikenal pada masyarakat lama.

Pantun n kepunyaan ciri-ciri sama dengan tiap bait terdiri dari empat baris.

Setiap baris terdiri atas 4-6 kata maupun 8-12 suku alas kata. Dimana baris pertama dan kedua disebut dengan penyangkut
Sementata baris ketiga dan keempat disebut dengan isi.

7. Hidayat (2010:1)

Pantun adalah salah satu jenis sajak melayu lama nan mutakadim dikenal secara luas di tanah air kita.

8. Sunarti (2005:11)

Pantun merupakan riuk satu bentuk puisi lama, punya keindahan tersendiri bersumber segi bahasa, yang keseleo satu ciri ketampanan bahasa dalam pantun ditandai oleh rima a-b-a-b.

9. R.O Winstedt

Pantun itu tidak cuma sebatas tulisan satu kalimat yang memiliki rima serta irama, tapi juga sebuah rangkaian pembukaan yang indah bagi mencitrakan suatu kehangatan ,asmara, comar, kasih burung laut , ribang apalagi dendam mulai sejak penuturnya.

10. Kamus besar Bahasa Indonesia (2008:1016)

Pantun ialah suatu bentuk puisi Indonesia “melayu”, tiap bait “stanza” terdiri berpunca sebuah empat baris yang bersajak “a-b-a-b”, lega tiap saf biasanya terdiri atas sebuah empat pengenalan, larik pertama dan leret kedua rata-rata untuk suatu pijakan “sampiran” saja sementara itu pada lajur ketiga dan keempat ialah isi; pribahasa sindiran.

Unsur-zarah Pantun

Pantun sejatinya mempunyai 2 unsur. Anasir apa sajakah?

1. Anasir intrinsik

Elemen intrinsik adalah unsur yang berusul dari struktur pantun itu sendiri.

Zarah intrinsik dalam kelong diantaranya tokoh, tema, amanat, setting maupun latar tempat dan waktu, plot atau alur, dan bukan sebagainya. Ciri solo pantun misal unsur intrinsik merupakan rima. Rima dalam pantun mempunyai akhiran nan serupa sehingga mampu menjadi muslihat tarik spesifik bikin para pendengarnya.

Contohnya:
Pak mamat meninggalkan mancing
Mancing ikan menyinkronkan meong
Kepala teramat ganar
Ingin bersantap tidak ada piring

Cukuplah disini sampiran dengan rima yang kemudian hari akan menjadi sesuatu yang menarik buat dibaca

2. Unsur ekstrinsik kelong

Unsur ekstrinsik merupakan unsur yang berpokok dari luar struktur pantun. Partikel ekstrinsik ini boleh disebut jugai meres belakang atau sebuah keadaan yangnmenjadi penyebab terbentuknya pantun.

Partikel ekstrinsik menjadi penggalan yang silam utama nan akan menentukan isi kelong. Unsur ini menjadi penguat diperlukan anasir intrinsik yang yakni struktur kelong itu sendiri.

Selain pantun, berbagai karya sastra lainnya pula memiliki rambu penulisan yang harus diikuti, seperti salah satunya merupakan cerpe. Pelajari bagaimana cara membuat cerpen dan uang sogok menulisnya pada Buku Sakti Menulis Cerpen.

Peranan dan Guna Pantun

Buat apa sepatutnya ada pantun itu?

Pertama,
Pantun tercipta misal perangkat pemelihara bahasa.

Kedua,
jikalau turunan masih menggunakan pantun,itu artinya dia sudah berusaha menjaga kekuatan prolog serta berbenda menjaga alur berfikir. Meskipun akan memasrahkan ujar-ujar, sahaja orang yang berpantun akan melembarkan tuturan sebelum mengutarakan.

Ketiga
pantun melatih seseorang berfikir tentang makna yang ingin disampaikan alas kata sebelum mengucapkan puas orang yang dituju agar tak menyakitkan.

Keempat, orang yang akan berpantun akan terlatih untuk berfikir metaforis. Dia akan ketat privat mengambil suatu kata, karena pembukaan yang dipilihnya akan mempunyai kaitan dengan kata nan lain.

Kelima,
privat segi sangkut-paut, pantun memiliki fungsi yang langgeng, itulah mengapa pantun tetap lezat cak bagi dimainkan kerumahtanggaan berkomunikasi.

Membentuk pantun tidak mudah ,detik insan akan membentuk pantun, manusia tersebut harus berfikir lalu agar apa yang disampaikan konsisten dalam koridor kelong.

Cukuplah,
keenam
pantun menunjukkan kelancaran seseorang dalam berfikir dan memainkan kata- kata. Meskipun, secara mahajana peran sosial puisi lama merupakan alat penguat pengutaraan pesan.

Ketujuh
Peranan kelong adalah bahwa puisi lama berharta menjadi penjaga dan kendaraan kebudayaan untuk memperkenalkan serta memastikan nilai-nilai awam kukuh terserah.

Kok boleh? filosofi kelong sebenarnya menjadi awal mula munculnya Kekariban nilai sosial. Filosofi puisi lama yang terpaku sekali yaitu “pantang mengantul” .

Pantang melantun menyemboyankan bahwa pantun akrab dengan nilai-nilai sosial dan bukan saja sekedar imajinasi. Di belahan Nusantara, di Sumatera Barat tepatnya suku Minangkabau, pantun digunakan dalam bineka acara kebiasaan.

Acara yang menggunakan pantun antara tak programa manjapuik marapulai (menjemput mempelai pria), batagak gala (formalitas penobatan gelar), batagak penghulu (upacara penobatan penghulu), atau dalam pidato upacara rasam lainnya.

Struktur Puisi lama

Pantun mempunyai dua bagian. Episode pertama adalah sampiran.sudahlah bagian keduanya isi. Sampiran sama dengan mempersiapkan bagian isi dengan rima dan irama yang sama.

Sampaian bisa jadi tak ada hubungannya dengan isi. Namun sampiran menerimakan paparan seperti segala kelak bunyi isi kelong. Kalimat dalam gantungan galibnya dibuat spesifik hendaknya pendengar tertarik.

Isi pantun adalah inti dari perasaan pembentuk pantun. Apa yang ingin disampaikan pembuat kelong dituangkan disitu. Tapi jangan sampai rimanya tak begitu juga penyangkut agar enak didengar

Lakukan bisa lebih memahami puisi lama yang menjadi bagian bersumber kebudayaan bangsa Indonesia, Grameds dapat melihat berbagai konseptual bacaan nan cak semau pada Kumpulan Paradigma Peribahasa Puisi lama & Majas dibawah ini.

Tipe Macam Puisi lama dan Contohnya

Ternyata puisi lama memiliki bilang jenis. Berikut variasi pantun beserta contohnya.

1. Puisi lama Kiasan

Puisi lama jenis ini rata-rata isi pantun berbentuk kiasan bintang sartan, artinya tak langsung tertentang namun tersirat

Model:
Bepergian kerumahtanggaan haram
Dapatkan ular corak hitam
Berkenalan tanpa menatap
Bagai meraba kerumahtanggaan suram

2. Pantun cinta

Puisi lama ini berilmu pesan-pesan adapun burung laut, keromantisan ,perhatian rindu antara dua insan yang sedang dimabuk asmara.

Puisi lama ini bisa juga digunakan untuk merayu.
Ini dia contoh pantunnya

Kendatipun laut dikayuh
Tapi mengapa terasa rata
Meskipun engkau jauh
Cuma cak kenapa aku cangap

Temukan pantun cinta lainnya yang bisa kamu gunakan untuk merayu pasanganmu puas resep Kumpulan Pantun Cinta Terdahsyat dibawah ini.

3. Pantun Nasehat

Kelong nasihat biasanya kebal pesan budi pekerti atau berfaedah bakal mendidik. Pesan -wanti-wanti kerumahtanggaan pantun ini juga menebar kemustajaban.

Kronologi-jalan ke ii kabupaten Bandung
Jangan lupa mengisi saku
Kalau kamu sedang bingung
Jangan lalai membaca buku

4. Kelong jenaka

Pantun jenaka biasanya digunakan bikin meredam emosi. Kadang pantun ini sekali lagi digunakan buat silih menyayung sahaja dalam suasana hangat dan rapat persaudaraan

Ada kera mirip buaya
Keduanya naik pedati
Dikira mirip luna abstrak
Ternyata nan dilirik Mpok Ati

5. Pantun Tebakan

Pantun yang satu ini boleh menghangatkan suasana karena mengajak pendengarnya untuk berpikir. Puisi lama ini memiliki soal di bagian isi .

Kalau pemilik sekuat halilintar
Pakai pakaian serupa itu gaya
Jika tuan memang pintar
Hewan barang apa yang lewat kaya

6. Pantun agama

Puisi lama ini mengingatkan pada tuntunan agama. Gayutan manusia dengan halikuljabbar dan nilai-biji religi yang abadi
Ideal kelong agama:

Ketika peniti patah
Jangan gantikan dengan busa
Ketika hati melemah
Jangan lupakan Yang Maha Esa

Berbagai koleksi pantun agama lainnya yang mengedepankan nilai ajaran agama Islam bisa Grameds temukan sreg buku Kumpulan Puisi lama Dakwah Menggugah.

7. Pantun Pepatah

Pantun ini tentu saja penuh dengan adagium.

Mana tahu yang bukan mengenal pantun peribahasa yang satu ini

Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Berlelah-lelah habis
Bersenang-senang kemudian

Klasifikasi dan Ciri-ciri Pantun

Klasifikasi kelong

a. Berdasarkan usia

Pantun anak-anak
Puisi lama orang muda
Puisi lama orang tua

b. Berdasarkan isi

Pantun Jenaka
Puisi lama nasehat
Puisi lama teka-teki
Pantun kiasan

Ciri-ciri pantun

Berikut adalah ciri-ciri pantun:

Memiliki 4 baris, 2 sampiran dan 2 banjar isi
Setiap baris memuat 8-12 suku kata
Sampiran adalah pengantar bagi menyampaikan isi pantun. Kendatipun kadang tak ada hubungannya dengan isi namun rima sampaian menjadi penunjuk rima isi
Berakhiran a-a-a-a alias a-b-a-b bisa juga b-a-b-a

Contoh pantun dan penjelasannya

Agar lebih memahami bertambah dalam kita kupas hipotetis-contoh pantun berdasarkan klasifikasi pantun.

Temukan berbagai contoh puisi lama di buku Digdaya Puisi lama & Syair Dilengkapi Kata-Perkenalan awal Mutiara karya Andi Soenaryo yang terserah di dasar ini.

1. Komplet Puisi lama Momongan-momongan

a. Pantun sukacita

Pantun ini akan menggambarkan perhatian suka mulai sejak anak-anak asuh
Komplet:
Burung kenari kontol perkutut
Merayang riang kesana kemari
Hatiku takkan cemberut
Ayahku pulang hati berseri

Pantun ini menggambarkan kebahagiaan seorang anak melihat ayahnya datang

b. Pantun dukacita

Kelong ini menunjukkan rasa sedih atas apa yang terjadi

Untuk apa membeli beruk
Bertambah baik beli parkit
Dayuh hati tak terduga
Menyibuk nenek tergolek sakit

Pantun ini berisi kesedihan seorang cucu mematamatai nenek tercintanya ngilu

2. Contoh Puisi lama jenaka

Pantun yang satu ini bisa digunakan untuk mengakrabkan suasana. Meskipun kadang saling sindir, namun karena dibawa munjung canda maka puisi lama ini dapat mencairkan suasana
Ini kamu komplet puisi lama jenaka

Pokok kayu manggis di riol rawa
Di sana tokek mempekerjakan tarbus
Nenek menyernyih sekaligus tertawa
Gigi kakek jatuh ke tembusan

Tentu akan sangat komikal melihat kejadian dalam pantun ini. Seorang nini tak dapat menahan tawa mengintai gigi palsu kakek jatuh ke dalam cangkir kopi.

3, Model Pantun anak muda

Pantun munjung asmara maupun rayuan menjadi ciri khas pantun anak muda.
Ini kamu bilang pantun nan cukup jadul alias lama tetapi loyal lezat bikin dibagi :

Adu jaka di depan tamu
Belah papan kebasahan
Aku rindu kepadamu
Apakah kamu merasakan

Puisi lama ini berisi kerinduan nan mendalam seseorang plong yang dia sayangi dan ingin sempat apakah khalayak yang disayangi merasaannya

Dari mana datangnya lintah
Dari sawah ambruk ke barangkali
Berpangkal mana datangnya cinta
Dari indra penglihatan turun ke hati

Ini pantun sedemikian itu mengena. Ya katanya selalu datang karena sering bertatapan. Bermula tatapan mata menjalarlah rasa ke hati

Maupun adv amat juga suka-suka pantun bencana yang mantap jikalau mau dipakai sekarang

Demikian ini bunyinya

Beribu bintang di langit
Semata-mata satu nan bercahaya
Beribu wanita cantik
Semata-mata kamu yang aku cinta

Wah bisa “klepek-klepek” wanita seandainya dirayu menggunakan puisi lama ini. Siapa yang takkan merona jikalau dipuji andai suatu-satunya yang dicinta.

Masih banyak pantun yang bisa dipelajari maknanya. Jangan ragu kerjakan menggunakan pantun dalam berkomunikasi menggunakan pantun. Dengan begitu kita sudah memelihara budaya pitarah kita.

Mewujudkan puisi lama itu tak sulitkan, gimana siap mencoba?

Rekomendasi Buku & Kata sandang Tercalit

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital musim waktu ini yang mengarak konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengurus perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami menghampari sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

* Custom batang kayu
* Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
* Akomodasi intern mengakses dan mengontrol perpustakaan Kamu
* Tersuguh internal platform Android dan IOS
* Tersedia fitur admin dashboard buat meluluk mualamat analisis
* Laporan statistik lengkap
* Permohonan kesepakatan, praktis, dan efisien

Source: /literasi/pengertian-pantun/

Posted by: ifaworldcup.com