Blog

Apa Itu WisataPariwisata Dan Kepariwisataan Menurut Para Ahli Di Dunia

PENGERTIAN WISATA MENURUT PARA AHLI

Menurut Heriawan (2004)

Wisata adalah suatu kegiatan yang bersifat bersenang-senang (leisure) yang ditandai dengan mengeluarkan uang atau melakukan kegiatan yang sifatnya konsumtif.

/pengertian-wisata/ diakses tanggal, 16 Agustus Menurut Gamal (2004)

Wisata adalah suatu proses yang berpergian yang bersifat sementara yang dilakukan seseorang untuk menuju tempat lain di luar tempat tinggalnya. Motif kepergiannya tersebut bisa karena kepentingan ekonomi, kesehatan, agama, budaya, sosial, politik, dan kepentingan lainnya.

/pengertian-wisata/ diakses tanggal, 16 Agustus Menurut WTO (1999)

Wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan manusia ke luar daerahnya dan sekaligus bersifat sementara tidak lebih dari satu tahun. Tujuannya adalah untuk bersenang-senang, urusan bisnis dan sebagainya.

/pengertian-wisata/ diakses tanggal, 18 Agustus CONCLUSION

Berpijak pada ketiga pendapat para ahli di atas, presenter menyimpulkan bahwa wisata merupakan suatu kegiatan perjalanan seseorang maupun kelompok yang sifatnya bersenang-senang (leisure) dan sementara waktu serta dilakukan dengan berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya untuk memenuhi kepentingan yang bersifat non konsumtif (kepentingan ekonomi, kesehatan, agama, budaya, sosial, dan politik).

PENGERTIAN PARIWISATA MENURUT PARA AHLI

Menurut Robert Mclntosh

Pariwisata adalah gabungan dari interaksi antara pemerintah selaku tuan rumah pariwisata, bisnis, dan wisatawan.
Menurut Richard Sihite
Pariwisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan dalam jangka waktu pendek atau sementara dengan tujuan selain mencari nafkah.

/pengertian-wisata-secara-umum/ diakses tanggal, 16 Agustus Menurut mathieson dan wall (1982)

Pariwisata merupakan serangkain aktivitas yang berupa aktivitas perpindahan orang untuk sementara waktu ke suatu tujuan di luar tempat tinggal maupun tempat kerjanya, aktivitas yang dilakukannya selama tinggal di tempat tujuan tersebut dan kemudahan-kemudahan yang disediakan untuk memenuhi kebutuhannya baik selama dalam perjalanan maupun di lokasi tujuannya.

/2015/12/20-pengertian-pariwisata-menurut-para-ahli-terlengkap.html diakses tanggal, 16 Agustus CONCLUSION

Dari berbagai pendapat para ahli yang dikemukan di atas, kami menyimpulkan bahwa pariwisata adalah gabungan interaksi yang melibatkan pemerintah, bisnis, dan wisatawan yang berupa aktivitas perpindahan orang dari suatu tempat ke tempat lain (exodus) yang hanya dilakukan sementara waktu dan tidak meraup penghasilan dari tempat tujuannya.

PENGERTIAN KEPARIWISATAAN MENURUT PARA AHLI

Menurut Prof. Hunzieker dan Prof. K. Kraf (1990:115)

Kepariwisataan adalah keseluruhan dari gejala-gejala yang ditimbulkan oleh perjalanan dan pendiaman orang-orang asing serta penyediaan tempat tinggal sementara, asalkan pendiaman itu tidak tinggal menetap dan tidak memperoleh penghasialan dari aktivitas yang bersifat sementara itu.

Menurut Prof. Kurt Morgentroth (1996:17)

Kepariwisataan dalam arti sempit adalah lalu lintas orang-orang yang meninggalkan kediamannya untuk sementara waktu, untuk berpesiar di tempat lain semata-mata sebagai konsumsi dari buah hasil perekonomian dan kebudayaan guna memenuhi kebutuhan hidup dan budayanya atau keinginan yang beraneka ragam dari pribadinya.

/2016/02/pengertian-kepariwisataan-menurut-a.html diakses tanggal, 16 Agustus Menurut Yoeti (1997:194)

Kepariwisataan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelenggaraan pariwisata.

/2015/03/kepariwisataan-dan-contohnya.html
diakses tanggal, 18 Agustus CONCLUSION

Setelah presenter menyimak ketiga pendapat di atas teresebut, kami menyimpulkan bahwa kepariwisataan merupakan keseluruhan gejala yang diakibatkan dari perjalanan ataupun pendiaman yang dilakukan orang asing (strangers) sebagai serta tempat tinggal sementara dan tidak mendapatkan penghasilan. Serta sebagai konsumsi dari buah hasil perekonomian dan kebudayaan guna memenuhi kebutuhan hidup dan budaya dan tidak mendapatkan penghasilan.