Blog

Alur Perkembangan Sejarah Filsafat Ilmu Dari Masa Ke Masa

Secara historis, filsafat adalah induk ilmu dan dalam perkembangannya ilmu makin terspesifikasi dan mandiri, tetapi karena banyaknya masalah kehidupan yang tidak bisa dijawab oleh ilmu, maka filsafat menjadi tumpuan untuk mencari jawabannya. Filsafat memberikan penjelasan atau jawaban substansial dan radikal atas masalah tersebut.

Sementara itu ilmu terus mengembangakan dirinya dalam batas-batas wilayahnya dengan tetap dikritisi secara radikal.

Proses atau interaksi tersebut pada dasarnya adalah bidang kajian Filsafat Ilmu, oleh sebab itu filsafat ilmu dapat dilihat sebagai upaya untuk menjembatani jurang pemisah antara filsafat dengan ilmu, supaya ilmu tidak menganggap rendah filsafat, dan filsafat tidak memandang ilmu sebagai suatu pemahaman atas alam secara dangkal.

Pada dasarnya filsafat ilmu merupakan proses kajian filosofis terhadap hal-hal yang berkaitan dengan ilmu, atau dengan kata lain filsafat ilmu merupakan upaya mengkaji dan mendalami mengenai ilmu (Ilmu Pengetahuan atau sanins), baik itu ciri substansinya, pemerolehannya, ataupun manfaat ilmu bagi kehidupan manusia.

Proses pengkajian tersebut tidak dapat dilepaskan dari acuan pokok filsafat yang tercakup dalam bidang ontologi, epistemologi, dan aksiologi dengan berbagai pengembangan dan pendalaman yang dilakukan oleh para ahli.

Memahami filsafat ilmu berarti kita harus memahami seluk-beluk ilmu pengetahuan hingga segi-segi yang paling mendasar, untuk dipahami pula perspektif ilmu, kemungkinan pengembangannya, serta keterjalinannya antar cabang ilmu yang satu dengan yang lainnya.

Perkembangan ilmu terbagi dalam beberapa fase, diantaranya Fase Pra Yunani Kuno, Fase Yunani Kuno, Fase Zaman Pertengahan, fase Zaman Renaissance, fase zaman Modern, dan yang terakhir fase Zaman Kontemporer.

Berbicara mengenai kelahiran, keberadaan, dan perkembangan filsafat, dimulai pada awal kelahiran serta kemunculannya tidak dapat dilepaskan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada pada muka bumi ini. Filsafat muncul pada masa peradaban Kuno (masa Yunani) atau pada tahun 2000 SM.

Bangsa Babylon yang menetap di sekitaran lembah Sungai Nil (Mesir) dan daerah Sungai Efrat telah mengenal alat pengukur berat, table bilangan berpangkat, table perkalian menggunakan sepuluh jari. Setelah itu filsafat mulai berkembang dari beberapa tahap dan masa sampai sejauh ini dan terus mengalami perkembangan dan mengalai modernisasi mengikuti perkembangan dan alur waktu perjalanan dunia.

Masa Yunani periode filsafat pada masa Yunani ini sangat lah penting dan berpengaruh dalam sejarah peradaban manusia dimuka bumi ini, karena pada saat itu terjadi banyak perubahan pola piker yang ada pada manusia mulai dari mitosentri dan menjadi logo-sentris.

Pola pikir misosentris ini merupakan pola piker masyarakat yang mengenal dan menjelaskan tentang fenomena dan perubahan alam atau artinya pada zaman ini manusia masih berlandaskan pikiran mengenai para dewa dan berlandaskan mitos mitos yang ada.

Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Lihat Semua Komentar (0)