Blog

Apa Itu Pengertian Guru

Tidak tahu pengertian guru? sungguh terlalu, hehe. Setiap hari kita berangkat ke sekolah untuk belajar, tentunya dengan tujuan agar menjadi anak yang pintar dan cerdas.

Baca juga 10 kewajiban siswa di sekolah, agar kamu lebih mengerti bahwa kamu tidak boleh menyianyiakan waktu selama belajar.

Apakah kamu tahu tujuan sekolah? jika tidak baca juga ya, untuk mengingatkan kamu bahwa perjuangan orang tua menyekolahkan kamu itu harus kamu perhitungkan, karena cepat atau lambat kamu juga akan menjadi orang tua.

Baca juga:Puisi Tentang Hari Guru

Menurut wikipedia, guru adalah pengajar atau pendidik profesional yang memberikan penjelasan tentang ilmu yang diajarkannya di sekolah (formal) pada jenjang usia dini (sekolah).

Kamu juga dapat mencari pengertian guru dari buku, majalah, para ahli, dan kbbi, tetapi intinya adalah sama, yaitu orang yang mendidik di sekolah, bukan di kampus. Walau pada kenyataannya, banyak guru yang menjadi dosen di kampus.

Apa saja tugas seorang Guru?
Tugas guru atau pengajar adalah:

Mendidik
Mendidik artinya menjelaskan tentang nilai-nilai hidup kepada siswa/siswi di sekolah, sehingga mereka mengerti sikap dan sifat yang baik dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga mampu bersosialisasi dengan baik.

Mengajar
Mengajar artinya menjelaskan materi pelajaran yang diajarkan di sekolah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses belajar mengajar.

Melatih
Melatih artinya menguji dan mengembangkan materi sehingga anak terampil dan memahami pelajaran dengan baik, melalui latihan soal atau contoh.

Apa yang dimaksud dengan guru sebagai pendidik?
Guru sebagai pendidik adalah guru yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, mengajar, mendidik, dan melatih kita sebagai siswa di sekolah.

Baca juga: Pendidikan PAUD termasuk ke dalam?

Terima kasih sudah membaca artikel singkat Pengertian Guru semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan.