Blog

Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli

> Akuntansi Keuangan ialah rumpun ilmu dari akuntansi yang berhubungan dengan cara pelaporan perusahaan kepada pelaku ekonomi baik secara internal maupun eksternal yang biasanya laporan berbentuk arus kas, perubahan modal, rugi laba dan neraca.

Pihak eksternal contohnya pemegang investor ,saham, kreditor. Semakin baik pelaporan keuangan yang akan memberikan effect kepada baiknya kredibilitas sebuah perusahaan.

Akuntansi keuangan mempunyai peran yang begitu penting dan utama dalam menyajikan laporan kondisi terbaru perusahan sebagai tolak ukur dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan perusahaan.

> Akuntansi Keuangan ialah serangkaian proses yang berujung pada penyusunan laporan keuangan yang berhubungan dengan perusahaan secara keseluruhan untuk dipakai oleh pengguna laporan keuangan baik internal ataupun eksternal perusahaan.

> Akuntansi Keuangan ialah bidang dalam akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan pada suatu perusahaan yang dilakukan secara bertahap. Laporan ini sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen kepada pemegang saham atau investor. Persamaan akuntansi yang digunakan ialah Aset sama dengan Ekuitas ditambah Liabilitas yang berpatokan pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Dalam buku Pengantar Akuntansi, Warren Reeve Feves menjelaskan:

> Financial accounting is primarily concerned with the recording and reporting of economic data and activites for a business. Although suchreports provide useful information for managers, they are the primary reports for owners, creditors, governmental agencies, and the public.(2008:1)

Maksudnya : Akuntansi keuangan ialah pencatatan dan pelaporan data serta kegiatan ekonomi perusahaan.Walaupun laporan tersebut menghasilkan informasi yang berguna bagi manajer, namun hal itu merupakan laporan utama bagi pemilik(owner), kreditor, lembaga pemerintah dan masyarakat umum.(2008:15)

Dalam bukunya Akuntansi Intermediate

> Akuntansi keuangan ialah sebuah proses yang berujung pada pembuatan laporan keuangan berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan untuk dipakai baik oleh pihak-pihak internal maupun oleh pihak eksternal. (2008:2)

> Akuntansi keuangan berorientasi pada pelaporan pihak eksternal. Bermacamnya pihak eksternal dengan tujuan mendetail bagi masing-masing pihak membuat pihak pembuat laporan keuangan menggunakan prinsip dan asumsi-asumsi dalam pembuatan laporan keuangan.

Untuk itu diperlukan standar akuntansi yang bisa dijadikan acuan baik oleh penyusun maupun oleh penerima laporan keuangan. Laporan yang disajikan dari akuntansi keuangan ialah laporan keuangan untuk keinginan umum dengan bahasa lain general purpose financial statement.

> Akuntansi keuangan ialah penyediaan informasi yang relevan berupa laporan-laporan berkala, seperti income statement, balance sheet, retained earning, laporan perubahan modal yang dipakai baik oleh pihak internal ataupun eksternal perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam manajemen mengambil keputusan.

Pengertian Standar Akuntansi Keuangan (SAK)
> Standar Akuntansi Keuangan (SAK) ialah suatu kerangka dalam prosedur pembuatan laporan keuangan agar adanya keseragaman dalam penyampaian laporan keuangan (Augustyas, 2011).

Baca Juga :

Demikianlah artikel tentang Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli Beserta Tahunnya dari guruakuntansi.co.id semoga bermanfaat.