Blog

8 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

Kulit wajah tampak kusam tentu akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Nah, ada beragam cara mencerahkan kulit wajah secara alami yang dapat Anda lakukan dengan mudah, baik melalui perawatan dari luar maupun dari dalam.

Kulit wajah terlihat cerah dan bersinar merupakan dambaan banyak orang. Untuk mewujudkannya pun tidak sulit dan tidak harus menggunakan produk perawatan kulit wajah yang mahal.

Anda hanya perlu rutin menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah serta memastikannya tetap terhidrasi. Selain itu, penting juga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan sehat.

Beragam Cara Mencerahkan Kulit Wajah secara Alami
Ada beberapa cara mencerahkan kulit wajah secara alami yang mudah dilakukan, yaitu:

1. Membersihkan wajah secara rutin
Untuk mencerahkan kulit wajah, pastikan Anda rutin membersihkan wajah 2 kali sehari, yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Ini merupakan salah satu langkah awal dari perawatan wajah untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kulit.

Anda dianjurkan untuk menggunakan pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, pembersih wajah dengan kandungan pelembap untuk jenis kulit kering atau produk berlabel hypoallergenic untuk kulit sensitif.

Saat mencuci wajah, Anda dianjurkan untuk menggunakan air hangat. Pijat wajah dengan gerakan melingkar secara lembut, bilas wajah secara menyeluruh, dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut.

2. Memakai toner
Setelah wajah dibersihkan, Anda bisa menggunakan toner yang berguna untuk menyehatkan, melembapkan, dan memberi nutrisi pada kulit. Teknik double cleansing ini juga akan menghilangkan sisa make up atau kotoran yang terlewatkan oleh pembersih wajah biasa.

Beberapa toner juga dapat mengatasi masalah kulit, seperti kulit kusam, jerawat, dan kulit rusak akibat sinar matahari. Hasilnya, kulit wajah tak hanya terlihat lebih sehat, tetapi juga lebih cerah, bersih, dan lembut.

3. Menggunakan pelembap wajah
Setelah wajah benar-benar bersih, gunakan pelembap wajah sesuai dengan jenis kulit agar kelembapan kulit tetap terjaga dengan baik. Tak hanya itu, sebagian produk pelembap juga telah diperkaya zat antioksidan, niacinamide (vitamin B3), gliserol, dan silitol yang dapat mencerahkan sekaligus melembapkan kulit wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, oleskan pelembap pada kulit yang masih sedikit basah setelah mandi atau setelah mencuci muka.

4. Mengoleskan tabir surya
Tabir surya merupakan bagian dari perawatan untuk mencerahkan kulit wajah yang tidak boleh dilewatkan. Mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30 setiap hari juga dapat mencegah kanker kulit, melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet, sekaligus memperlambat penuaan kulit.

Tabir surya perlu dioleskan kembali setiap 2 jam dan saat kulit terkena air atau berkeringat. Selain itu, tabir surya juga perlu diberikan 30 menit sebelum keluar rumah.

5. Menggunakan masker wajah alami
Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai masker wajah, misalnya lemon, madu, mentimun, susu, yoghurt, daun sirih, teh hijau, minyak zaitun, gandum, lidah buaya, dan kopi.

Jika dilakukan secara rutin, perawatan masker wajah dari bahan alami ini bisa mencerahkan kulit Anda. Ini karena kandungan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, dalam bahan masker alami tersebut mampu membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan memperbaiki kerusakan jaringan kulit di wajah.

Meski umumnya aman, penggunaan masker wajah alami tidak boleh sembarangan, sebab beberapa orang mungkin saja alergi terhadap bahan-bahan tertentu.

Oleh karena itu, lakukan tes terlebih dahulu dengan mengoleskan bahan alami yang akan digunakan ke kulit tangan. Tunggu hingga 24 jam dan lihat bagaimana kulit Anda bereaksi. Jika muncul tanda-tanda kemerahan, bentol, dan gatal, sebaiknya hentikan penggunaan bahan tersebut dan coba bahan lainnya.

6. Minum air putih yang cukup
Mencerahkan kulit wajah tidak cukup bila hanya melakukan perawatan dari luar saja, tetapi juga perlu didukung perawatan dari dalam. Salah satunya adalah dengan memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari agar tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Saat asupan cairan tubuh tercukupi, sel kulit akan turut bekerja dengan baik serta sirkulasi dan aliran darah pun menjadi lebih lancar. Dengan begitu, kulit dan wajah juga akan terlihat lebih sehat dan cerah.

7. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang
Selain minum air putih yang cukup, untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan tampak awet muda, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat untuk kulit. Misalnya, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan berprotein tinggi.

Ini karena aneka nutrisi pada makanan berperan penting dalam perbaikan jaringan kulit dan merangsang pembentukan kolagen.

8. Mengendalikan stres
Stres rupanya juga memengaruhi kesehatan kulit. Stres yang tidak terkontrol dengan baik bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dan memicu munculnya berbagai masalah kulit, seperti kulit kusam, jerawat, eksim, psoriaris, dan rosacea.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres, misalnya tidur yang cukup dan luangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin, ya.

Itulah berbagai cara mencerahkan kulit wajah secara alami. Jika Anda sudah menerapkannya dengan baik tetapi kulit masih tampak kusam dan tidak cerah, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter bisa membantu Anda memberikan perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi dan masalah kulit Anda.