Blog

Bagaimana Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat

Thursday, 27 October 2022 / Published in Artikel Kesehatan Sakit gigi dapat mengganggu produktivitas kita, maka ketika sakit gigi melanda kita ingin segera tertangani. Kita dapat pergi ke dokter gigi untuk mendapat penanganan yang mumpuni, tetapi taukah Anda, bagaimana cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat? Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan segera dengan bahan alami yang ada di rumah. Berikut penanganan awal yang dapat kita coba.

Jika sakit gigi dibiarkan tanpa penanganan akan semakin parah dan infeksi dapat menyebar.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Bagaimana Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Cepat?

Sebelum kita tau bagaimana mengurangi rasa sakitnya, baiknya kita tau terlebih dahulu apa yang menyebabkan sakit gigi. Penyebab sakit gigi dapat berupa, gigi berlubang, fraktur gigi, gusi yang terinfeksi, dan kondisi lain yang mungkin menyebabkan komplikasi serius.

Jika masalahnya serius, dan menimbulkan gejala seperti, gusi merah dan bengkak, demam, gusi berdarah, sakit berdenyut, wajah atau rahang bengkak, dan gusi seperti terkelupas, maka perlu segera menemui dokter untuk mendapatkan perawatan. Jika dibiarkan akan semakin parah dan infeksi dapat menyebar. Sementara bila masalah sakit gigi masih dalam tahap ringan dapat mengikuti beberapa cara berikut untuk menghilangkan sakit gigi dengan cepat:

1. Mengonsumsi Obat Anti Nyeri

Pertama, cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat dengan minum obat anti nyeri yang dijual secara bebas seperti,Paracetamol, Ibuprofen, Acetaminophen, dan Aspirin. Tiga jenis obat tersebut dapat menghilangkan rasa sakit kecil pada gigi.

Sebagai pelengkap, Anda dapat mencoba menggunakan pasta gigi yang mengandung benzocaine, ini dapat membantu meredakan rasa sakit gigi untuk sementara waktu. Gunakan hanya pada orang dewasa, hindari pemakaian untuk bayi atau anak-anak di bawah usia 2 tahun.

2. Menempelkan Kompres Dingin

Ketika rasa sakit tidak tertahankan, ambilah air es dan tempelkan air es dalam botol atau wadah yang mudah dibawa. Tempelkan di atas pipi selama 20 menit atau sampai rasa sakit mereda. Jika tidak tahan dengan rasa dinginnya, Anda dapat mencoba untuk menggunakan handuk dan merendamnya dengan air es.

Baca Juga: Bagaimana Sakit Gigi dapat Menimbulkan Rasa Nyeri?

3. Berkumur dengan Air Garam

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan selain mengonsumsi obat dan menggunakan kompres dingin adalah berkumur air garam. Berkumur air garam dianggap cukup efektif mengatasi masalah gigi karena dapat membantu menghilangkan rasa sakit selama beberapa waktu.

Tak hanya itu, berkumur dengan air garam juga dapat membantu Anda mengurangi peradangan, dan membantu melindungi gigi yang rusak akibat infeksi. Air garam merupakan sumber agen antibakteri alami. Kumur air garam secara rutin ketika gigi sakit. Hindari menelan air bekas berkumur.

4. Mengunyah Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan Eugenol, yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri gigi. Eugenol bertindak sebagai analgesik (obat pereda nyeri), yang akan membantu menyembuhkan langsung pada pusat-pusat nyeri. Rendam cengkeh dengan air untuk membuat pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut ke gigi, atau masukkan ke dalam kantong teh kosong, dan tempelkan di bagian gigi yang terasa nyeri. Cengkeh dapat dikonsumsi langsung dengan cara mengunyah atau mengisapnya dan biarkan selama beberapa waktu pada area gigi yang sakit.

5. Mengunyah Bawang Putih

Selain cengkeh, obat alami untuk menghilangkan sakit gigi, dapat menggunakan bawang putih. Bawang putih merupakan bahan rumah tangga yang umum digunakan untuk menghilangkan rasa sakit gigi. Dalam bawang putih terdapat senyawa Allicin. Allicin memiliki kandungan yang bersifat antibakteri, sehingga dapat membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan masalah pada peradangan dan nyeri gigi. Anda dapat mengunyah bawang putih dan membiarkannya selang beberapa waktu sampai rasa sakit gigi Anda menghilang.

Sakit gigi yang menunjukkan gejala serius sebaiknya segera mendapatkan perawatan dari dokter.

Baca Juga: Gigi Berlubang

6. Kantong Teh Peppermint

Kantong teh peppermint memiliki sifat mati rasa ringan yang dapat membantu menangani masalah nyeri pada gigi Anda dalam waktu singkat. Cara penggunaannya dapat dilakukan dengan mendinginkan kantong teh dalam freezer selama beberapa waktu, sebelum digunakan.

Atau coba tempelkan ketika kondisi kantong teh peppermint masih dalam keadaan hangat. Tempelkan selama beberapa saat sampai kantong teh menjadi dingin. Selain membantu meredakan sakit gigi, ini juga dapat menciptakan sensasi dingin untuk mengalihkan pikiran Anda dari rasa sakit gigi.

7. Gunakan Obat Kumur

Cara selanjutnya, Anda juga dapat mencoba obat kumur yang umum dijual di pasaran untuk menghilangkan sakit gigi dengan cepat. Pilih obat kumur yang mengandung bahan aktif untuk mendesinfeksi dan membantu gigi Anda terasa kebas.

8. Perawatan Saluran Akar Gigi

Ketika berbagai cara sudah tidak manjur, Anda dapat pergi ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi. Ada berbagai macam perawatan yang dapat dilakukan salah satunya perawatan saluran akar gigi. Ini dilakukan ketika saraf sudah mati, dan akan menyebabkan infeksi berat jika tetap dibiarkan. Perawatan akan melibatkan proses menghilangkan saraf mati, kemudian gigi akan ditambal dengan bahan khusus, yang dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Baca Juga: Gigi Gingsul, Berbahayakah Jika tidak Dicabut?

9. Ekstraksi Gigi

Ketika masalah sakit gigi Anda muncul karena adanya keretakan atau kekeroposan pada gigi, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan ekstraksi gigi. Perawatan ini sangat disarankan, terlebih jika gigi Anda sudah dalam kondisi sangat retak.

10. Menggunakan Antibiotik

Jika masalah sakit gigi Anda akibat infeksi, antibiotik dapat digunakan untuk membantu mengurangi infeksi dan memperbaiki rasa sakit yang Anda alami. Dalam kasus gigi abses, rasa sakit biasanya akan berkurang selama dua minggu setelah dosis antibiotik terakhir dikonsumsi. Konsultasikan pada dokter kondisi tersebut, dan berbagai perkembangan yang Anda rasakan setelah mengonsumsi antibiotik.

11. Splinting Gigi

Gigi terasa sakit akibat adanya gigi yang goyang? Tidak masalah. Ada dapat mencoba solusi splinting gigi untuk mengatasinya. Splinting gigi merupakan teknik yang digunakan dokter untuk menyatukan gigi-gigi yang lemah supaya lebih stabil dan kuat.

Cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat dapat diatasi dengan menggunakan berbagai alternatif di atas. Tetap jaga kesehatan, rajin sikat gigi, dan sampai jumpa di artikel kesehatan lainnya.

Telah direview oleh dr. Cindy Alvina Hendryan

Source: