Blog

5 Fungsi Manajemen Contoh Implementasinya

Home » 5 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

5 Fungsi manajemen menurut para ahli☑️ Fungsi manajemen perencanaan , pengorganisasian, kepegawaian, pengarahan & pengendalian☑️

Manajemen adalah ilmu yang berkaitan dengan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian serta penerapannya dalam memanfaatkan sumber daya fisik, keuangan, manusia, dan informasi secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Didalam siklus manajemen, terdapat beberapa fungsi manajemen yang berguna untuk pencapaian tujuan dan sasaran kinerja yang efektif dan efisien.

Untuk melengkapi artikel sebelumnya mengenai pengertian manajemen, berikut kami ulas 5 fungsi manajemen menurut para ahli. Simak detail ulasannya dibawah ini.

5 Fungsi ManajemenFungsi manajemen secara umum adalah untuk mengatur tatanan yang belum teratur menjadi pola baru yang lebih efektif dan efisien. Manajemen sendiri memiliki lima fungsi utama yaitu perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), kepegawaian (Staffing), pengarahan (Actuating) dan pengendalian (Controling).

Beberapa ahli juga memberikan gagasan mengenai apa itu fungsi manajemen. Diantarnya bisa anda lihat pada ulasan dibawah ini :

Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat didalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

Fungsi manajemen manajemen adalah elemen-elemen dasar yang melekat didalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

* Menurut Lawrence A Appley

Lawrence A Appley juga menyatakan bahwa fungsi manajemen merupakan sebuah keahlian yang dimiliki individu untuk dapat memberikan pengaruh serta menggerakkan individu lainnya untuk melakukan intruksi tertentu.

Didalam bukunya, Ricky W Griffin menyatakan bahwa fungsi manajemen adalah bagian dari 4 proses POAC yakni perencanaan, organisasi, koordinasi serta pengendalian sumber daya yang ada untuk mencapat tujuan yang efektif dan efisien.

* Menurut Konzt dan O’Donnel

Fungsi manajemen terdiri dari Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan) dan Controlling (Pengendalian) yang kemudian dikenal dengan istilah POAC.

Elemen- elemen dasar yang menjadi acuan organisasi atau perusahaan mencakup perencanaan, pengorganisasiaan, pelaksanaan, dan pengendalian. (George R. Terry, Prinsip-Prinsip Manajemen, penerjemah J. Smith D.F.M (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009), h. 17 ).

Setelah anda mengetahui beragam pengertian fungsi manajemen menurut para ahli, selanjutnya bisa anda simak 5 fungsi utama manajemen dan penjelasanya :

Fungsi planning dalam manjemen adalah aktivitas yang menyusun tujuan perusahaan kemudian dilanjutkan menyusun beragam rencana untuk mewujudkan tujuan perusahaan yang sudah ditentukan.

Planning dilakukan dalam penentuan tujuan dari organisasi dengan menyeluruh dan juga langkah yang terbaik untuk mewujudkan tujuannya tersebut.

Sebagai contoh pihak manajer mengevaluasi beragam rencana alternative sebelum mengambil tindakan lalu memahami rencana yang sudah dipilih apa sudah sesuai dan dapat digunkan untuk mewujudkan tujuan.

Perencanaan merupakan suatu dasar dalam hal melakukan proses serta dalam menetapkan tujuan. Fungsi perencanaan dalam manajemen ini biasanya dilakukan dengancara menganalisis situasi serta dengan menentukan visi dan misi dan dengan menentukan sumber daya yang akan dibutuhkan, khususnya pada sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

Perencanaan merupakan proses awal yang penting dari semua fungsi manajemen, karena fungsi yang lain tidak dapat berjalan tanpa planning.

Langkah Langkah Fungsi Perencanaan :

Melansir dari gagasan yang disampaikan oleh “Malayu Hasibuan (2007: 112)”, terdapat langkah langkah proses dalam fungsi perencanaan manajemen. Diantaranya sebagai berikut :

* Menjelaskan dan merumuskan dahulu masalah, usaha, dan tujuan yang akan direncanakan.
* Mengumpulkan data, informasi, dan fakta yang diperlukan.
* Menganalisis dan mengklasifikasikan data, informasi, dan fakta serta hubungan-hubungannya.
* Menetapkan perencanaan dan hambatan-hambatan serta hal- hal yang mendorongnya.
* Menentukan beberapa alternatif yang ada.
* Pilihlah rencana yang terbaik dari alternatif-alternatif yang telah diambil.
* Menentukan urutan-urutan dan penetapan waktu secara terinci atas rencana yang telah diusulkan.
* Melakukan pengecekan tentang progress dan kemajuan rencana yang telah diusulkan.

Syarat Fungsi Planning dalam Manajemen :

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan fungsi perencanaan manajemen. Syarat syarat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

* Terdapat gambaran tujuan yang jelas.
* Perencanaan bersifat flexibel. Artinya dapat mengikuti perkembangan dan perubahan yang terjadi kedepannya.
* Menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien.
* Planning bersifat sederhana dan mampu dijangkau secara logika.
* Terdapat keselarasan tanggung jawab dan tujuan pada tiap tiap bagian yang ditentukan.
* Dapat dipertanggung jawabkan ketika didepannya terjadi kesalahan perencanaan.

Manfaat Fungsi Planning dalam Manajemen :

* Perusahaan memiliki acuan dasar dalam menentukan jalannya tiap proses kegiatan yang dilakukan.
* Mempertajam gambaran tujuan yang ingin dicapai perusahaan.
* Mempermudah aktifitas pengawasan dalam tiap proses yang dikerjakan.
* Proses jalannya kegiatan dan tugas tugas yang dikerjakan menjadi lebih teroganisir dengan jelas.
* Mengurangi resiko kesalahan atau keruigian yang ditimbulkan.

Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi planning adalah kegiatan awal sebelum melakukan pelaksanaan dalam suatu institusi atau organisasi.