Blog

5 Cara Melacak HP Hilang Yang WORK Update

Melacak Hp yang hilang itu memang bisa jadi pekerjaan yang sangat merepotkan, terutama kalau Hp tersebut dalam keadaan mati atau kuota internet di dalamnya sudah habis sehingga tidak terhubung dengan internet, bisa dipastikan kalian jadi pusing 7 keliling dibuatnya.

Lain ceritanya kalau Hp yang hilang itu dalam keadaan hidup dan terhubung ke internet, kita masih bisa melacaknya dengan menggunakan akun Google atau akun cloud bawaan seperti Micloud dan iCloud yang nyangkut di dalamnya.

Di postingan ini saya akan coba berikan penjelasan (pencerahan) mengenai cara-cara apa saja yang bisa kita lakukan untuk melacak Hp yang hilang, mana yang benar-benar work dan mana yang tidak. Saya akan bongkar juga kebohongan-kebohongan yang banyak beredar di internet terkait dengan pelacakan Hp yang hilang ini.

Hp yang saya maksud di sini adalah Smartphone ya, bukan Hp Nokia senter.

Cara melacak Hp yang hilang
1. Cara melacak Hp hilang menggunakan akun Gmail
Cara pertama dengan kemungkinan berhasil paling besar adalah melacak Hp menggunakan Gmail. Ini adalah cara termudah yang bisa kita lakukan sesegera mungkin setelah mengalami kehilangan Hp.

Syarat – syaratnya:

1. Ada akun Gmail yang masih nyangkut (login) di Hp yang hilang.
2. Kita ingat alamat email dan passwordnya.
3. Fitur location tracking dihidupkan.
4. Hp yang hilang tidak dalam keadaan mati, masih terhubung ke internet dan GPS-nya on.

Keempat syarat di atas wajib terpenuhi, jika salah satunya tidak terpenuhi maka proses pelacakan akan jadi lebih ribet. Misal kita ingat emailnya tapi lupa passwordnya, maka kita harus melakukan reset password dulu. Sementara untuk reset password kita butuh verifikasi lewat No Hp, dan no Hp-nya ternyata nyangkut di Hp yang hilang. Ribet kan?

Jadi keempat syarat di atas harus dipenuhi dulu agar proses pelacakan menjadi sangat mudah. Jika syarat-syaratnya sudah ideal, berarti kalian masih beruntung dan kemungkinan besar Hp yang hilang tersebut masih bisa ditemukan.

Yang kita butuhkan:

1. Laptop, tablet, atau smartphone kita yang lain
2. Koneksi internet

Jika sudah, berikut ini adalah beberapa metode pelacakan yang bisa dilakukan.

Menggunakan fitur Find Your Phone dari Google
Pertama buka dulu browser lalu masuk ke halaman /intro/find-your-phone

Login dengan akun Gmail yang nyangkut di Hp yang hilang. Jika di Hp tersebut ada beberapa akun Gmail yang nyangkut maka login saja menggunakan salah satunya, terutama yang kalian ingat passwordnya.

Setelah login, nanti kalian akan dibawa ke halaman yang berisi list Smartphone yang terhubung dengan akun Gmail tersebut, contohnya seperti gambar di bawah ini:

Bisa kalian lihat pada gambar di atas ada beberapa Smartphone yang muncul, itu adalah daftar Smartphone yang terhubung dengan akun Gmail kita. Untuk melakukan pelacakan, klik pada Smartphone yang hilang.

Nanti kita akan dibawa pada jendela baru, fokus pada menu Ring dan Locate yang ada di sebelah kanan. Tombol Ring berfungsi untuk menderingkan Hp, dan tombol Locate berfungsi untuk melihat lokasinya di Google Maps.

Untuk melacak lokasinya tekan tombol Locate, nanti kita akan dibawa ke Google Maps lengkap dengan pinpoint tempat Hp kita yang hilang berada.

Menggunakan aplikasi Find My Device di Android
Untuk melacak Hp yang hilang menggunakan aplikasi android, kita bisa mengandalkan aplikasi Google Find My Device. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan fitur Find Your Phone yang pertama kita bahas tadi, hanya saja kita melakukan pelacakannya lewat aplikasi Android. Jadi kalian butuh Hp atau tablet lain untuk membukanya.

Untuk melacak Hp dengan aplikasi Google Find My Device ini kita juga membutuhkan akun Gmail yang terhubung dengan Hp yang hilang, kita ingat passwordnya, dan Hp tersebut dalam keadaan hidup.

Pertama download dulu aplikasinya di PlayStore, cari saja aplikasi bernama Google Find My Device.

Setelah itu buka aplikasinya, login dengan akun Gmail yang terhubung dengan Hp kita yang hilang. Nanti lokasi Hp akan langsung terlihat di Google Maps.

Melacak Hp Xiaomi yang hilang dengan Micloud
Bagi pengguna Hp Xiaomi bisa memanfaatkan fitur pelacakan yang disediakan dari layanan Micloud. Syaratnya kita harus punya akun Micloud yang sudah login di Hp yang hilang tersebut.

Jika Hp masih dalam keadaan hidup, pelacakan dengan menggunakan Micloud ini juga bisa dilakukan secara real time, sama saja dengan fitur Find Your Phone dari Google tadi.

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu membuka Micloud lewat browser laptop di halaman ini: /#/

Login dengan menggunakan akun Micloud yang terhubung di Hp yang hilang. Setelah masuk ke halaman utama, klik pada icon Find device.

Nanti akan muncul list Hp yang terhubung dengan akun Micloud tersebut, klik pada Hp yang hilang. Setelah itu klik icon Locate.

Melalui Micloud ini kita juga bisa menderingkan Hp dan menghapus data-data yang ada di dalamnya. Jadi kalaupun Hp kita tidak bisa ketemu, kita bisa sedikit lega karena data-data di dalamnya sudah dihapus lewat Micloud.

Melacak Hp Samsung yang hilang dengan Samsung Find My Mobile
Samsung juga punya fitur pelacakan bernama Find My Mobile yang bisa digunakan, syaratnya kita harus punya akun Samsung yang sudah login di Hp yang hilang tersebut dan fitur location tracking-nya dihidupkan.

Untuk menggunakan fitur pelacakan dari Samsung ini langsung saja masuk ke halaman ini: /

Login dengan akun Samsung yang terhubung ke Hp yang hilang, nanti lokasi Hp kita akan terlihat di map. Selain melihat lokasi Hp kita juga bisa melakukan beberapa tindakan pengamanan pada Hp yang hilang seperti mengunci dan menghapus data yang ada di memori internal.

Jika kalian adalah pengguna Hp Samsung, maka fitur ini wajib sekali untuk diaktifkan, karena akan sangat berguna jika suatu hari nanti mengalami kehilangan Hp terutama untuk mengamankan data-data sensitif yang ada di dalamnya. Bahkan jika beruntung fitur ini bisa sangat membantu kita untuk menemukan lokasi Hp yang hilang tersebut.

Melacak iPhone yang hilang dengan Find My iPhone
Jika kalian menggunakan iPhone maka fitur Find My iPhone juga bisa digunakan untuk melacak Hp (iPhone) yang hilang. Untuk menggunakannya sangat mudah, syaratnya Hp yang hilang tersebut masih dalam keadaan hidup sehingga kita bisa melacak posisinya secara realtime.

Untuk melacak Hp dengan Find My iPhone kalian harus masuk ke halaman ini: /#find

Bisa juga dengan menggunakan aplikasi Find My iPhone dari Appstore, tapi kalau menggunakan aplikasi berarti kalian membutuhkan perangkat apple lainnya, jadi cara yang paling mudah adalah menggunakan laptop dan browser.

Login dengan akun Apple ID (iCloud) yang terhubung dengan iPhone yang hilang, dari sana kalian akan langsung dibawa ke map dan lokasi iPhone akan terlihat.

Selain untuk melacak lokasi iPhone, ada beberapa fitur pengamanan yang bisa digunakan seperti mengunci dan menghapus data. Kita juga bisa mengaktifkan Lost Mode untuk menampilkan pesan di layar iPhone dan mengamankan akun Apple Pay.

2. Cara melacak Hp hilang dalam keadaan mati
Melacak Hp dalam keadaan mati adalah topik yang sangat menarik untuk di bahas, karena di internet banyak sekali bertebaran situs-situs dan video YouTube yang mengklaim kalau mereka mengetahui cara untuk melacak Hp yang mati.

Apakah kita bisa melacak Hp yang mati?
Jawabannya adalah BISA dan TIDAK BISA.

Perlu diperjelas dulu, kata “melacak” yang dimaksud itu melacak yang seperti apa?

Kalau melacak secara real time maka jawabannya TIDAK BISA.

Tapi kalau melacak riwayat pergerakan, atau lokasi terakhir Hp yang hilang sebelum mati maka jawabannya BISA.

Jika ada yang mengklaim bisa menemukan lokasi Hp hilang dalam keadaan mati secara real time maka tinggalkan saja, sudah pasti orang tersebut hanya tipu-tipu.

> Hp dalam keadaan mati itu tidak bisa mentransmisikan sinyal, jadi statusnya sama saja dengan batu atau benda mati lainnya.

BAGAIMANA CARANYA MELACAK BATU?

Beda ceritanya jika Hp tersebut sudah disisipi alat GPS tracker yang sumber energinya berdiri sendiri. Jadi meskipun Hp sudah mati, alat GPS tracker tersebut tetap hidup dan mentransmisikan sinyal sehingga kita bisa melacaknya secara real time.

Pertanyaannya, apakah Hp kalian yang hilang itu sudah kalian sisipi alat GPS tracker??? Saya yakin pasti jawabannya tidak. Buktinya kalian masih galau dan nyasar ke halaman ini.

Adakah cara yang mungkin masih bisa kita lakukan untuk melacak Hp yang mati?
Meskipun Hp hilang dalam keadaan mati itu sangat kecil kemungkinannya untuk ditemukan, tapi kita masih bisa melacak lokasi terakhir dan riwayat pergerakannya sebelum Hp tersebut mati.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian coba:

Cara melacak Hp mati yang paling mudah adalah menggunakan fitur Location History dari Google Maps. Yang kita butuhkan cuma akun Gmail yang sudah login di Hp yang hilang, dan fitur Location History yang sudah diaktifkan di Hp tersebut.

Jadi fitur Location History ini harus sudah diaktifkan dulu sebelum Hp-nya hilang. Kalau tidak diaktifkan maka kita tidak bisa melihat riwayat pergerakannya.

Cara mengaktifkan Location History di Hp: Setting > Account > Google account > Data & personalization > Location history > Hidupkan.

Jika di Hp kalian yang hilang tersebut sudah aktif fitur Location History-nya, maka kita bisa melacaknya meskipun dalam keadaan mati dengan melihat lokasi terakhir dan riwayat pergerakannya.

Caranya dengan membuka Google Maps > login dengan akun Gmail yang terhubung dengan Hp yang hilang > klik Menu > klik Your timeline.

Nanti akan terlihat pergerakan Hp kita ke mana saja, di sana juga akan terlihat lokasi terakhir Hp sebelum mati. Nah dari riwayat pergerakan ini mungkin kita bisa mendapatkan petunjuk harus ke mana untuk melacak Hp mati tersebut.

Hp yang mati juga bisa dilacak lokasi terakhirnya dengan menggunakan fitur Send Last Location yang ada pada Hp Samsung dan iPhone. Tapi syaratnya fitur ini harus sudah diaktifkan sebelum Hp-nya hilang.

Jika Send Last Location diaktifkan, maka Hp akan mengirimkan lokasi terakhirnya sebelum mati. Jadi dengan fitur ini minimal kita bisa mengetahui lokasi terakhir Hp kita yang hilang tersebut saat baterainya terkuras habis lalu mati.

Cara mengaktifkan Send Last Location di iPhone: buka aplikasi Find My iPhone > aktifkan Send Last Location.

Cara mengaktifkan Send Last Location di Hp Samsung: Settings > Lock screen and security > Find my mobile > aktifkan Send last location.

3. Cara melacak Hp hilang dengan nomor Hp
Melacak Hp hilang dengan nomor Hp juga merupakan topik yang sangat populer dicari di internet, tapi sayangnya tidak banyak yang memberikan jawaban secara jujur dan akurat. Kebanyakan dari tutorial yang diberikan bahkan malah berujung pada situs scam yang akan mencuri data-data sensitif kalian.

Apakah bisa melacak Hp dengan menggunakan nomor Hp?
Secara teknis BISA. Tapi kita, sebagai orang awam, TIDAK BISA melakukannya. Lanjutkan membaca, kalian akan temukan sendiri jawabannya mengapa kita sebagai orang awam tidak bisa melacak Hp dengan menggunakan nomor Hp.

Bagaimana cara melacak Hp dengan nomor Hp?
Salah satu teknik melacak nomor Hp yang cukup akurat adalah menggunakan teknik triangulasi BTS. Disebut triangulasi karena untuk melacak posisi Hp diperlukan 3 buah tower BTS yang secara bersamaan terhubung dengan Hp tersebut.

BTS adalah Base Transceiver Station, singkatnya merupakan tower sinyal yang menghubungkan Hp kita dengan operator seluler. Biasanya dicat dengan warna merah putih.

Sebelum melacak lokasi Hp secara persis, pelacak membutuhkan data-data sensitif seperti IMEI, LAC, dan CID yang berguna untuk mengidentifikasi perangkat dan menentukan area pencarian. Data-data tersebut dikirimkan dari Hp kita ke BTS, dan sifatnya rahasia. Jadi Operator seluler tidak akan membukanya ke sembarang orang.

Setelah memiliki data tersebut, pelacak selanjutnya akan menggunakan 3 buah tower BTS terdekat yang terhubung dengan Hp yang ingin dilacak.

Setiap tower BTS mampu mendeteksi jarak antara Hp dan tower berdasarkan waktu yang dibutuhkan sinyal dari Hp sampai ke tower. Semakin cepat sinyal sampai ke tower berarti jaraknya semakin dekat, nah dengan menggunakan 3 buah tower BTS maka perkiraan lokasi Hp akan semakin akurat.

Lihat gambar berikut agar lebih mudah memahaminya:

gambar dari: Teknik pelacakan nomor Hp dengan metode triangulasi ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh kepolisian dan badan intelijen karena hasilnya cukup akurat.

Pertanyaannya? Bisakah kita sebagai orang awam melacak lokasi Hp dengan teknik triangulasi seperti di atas? Jawabannya tentu saja TIDAK.

Jika ada orang, jasa, aplikasi android, atau situs tertentu yang mengklaim mereka bisa melakukan pelacakan menggunakan no Hp, maka kalian WAJIB RAGU. Lagipula jika dilakukan oleh orang tanpa kewenangan malah bisa jadi tindakan ilegal yang melanggar hukum.

Siapa saja yang bisa melacak lokasi Hp dengan nomor Hp?
Yang bisa melakukan pelacakan dengan teknik triangulasi BTS ini adalah operator seluler, pihak kepolisian, badan intelijen, dan pihak-pihak dengan otoritas legal lainnya.

Saya menemukan ada aplikasi dan situs yang mengklaim bisa melacak no Hp secara gratis?
Tinggalkan saja, itu adalah aplikasi dan situs SCAM alias tipu-tipu. Bahkan ada juga situs phone number tracking yang ternyata cuma PRANK, tapi banyak blogger yang terjebak dan ikut menyebarkannya sebagai situs legit. Lucu sekali, mungkin mereka tidak benar-benar menyimak yang mereka tulis itu.

4. Cara melacak Hp hilang dengan IMEI
Saya juga sering mendapat pertanyaan bisakah kita mengetahui lokasi Hp dari nomor IMEI?

Menurut saya pertanyaannya kurang tepat, karena dalam proses pelacakan, IMEI itu gunanya untuk mengidentifikasi perangkat. Jadi IMEI itu memang berguna dalam pelacakan, yakni untuk mengidentifikasi perangkatnya, tapi di dalam IMEI tidak ada info tentang di mana lokasi Hp berada.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, merupakan serangkaian nomor unik yang bisa digunakan untuk mengidentifkasi model Hp, tahun rilis, dan spesifikasinya.

Setiap Hp memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda, dan nomor ini sifatnya tetap. Jadi meskipun kita mengganti kartu SIM, nomor IMEI di dalam Hp tidak akan berubah.

Apakah bisa melacak Hp dengan IMEI?
Secara teknis BISA, tapi pelacakan tidak hanya menggunakan nomor IMEI semata. Pelacak tetap membutuhkan data pendukung lain seperti nomor LAC, CID, dan akses ke tower BTS.

Proses pelacakannya bisa dilakukan dengan teknik triangulasi BTS seperti yang saja jelaskan di atas, dan nomor IMEI hanya berguna untuk mengidentifikasi perangkat, yang memberikan petunjuk di mana lokasi Hp berada tetaplah titik temu dari triangulasi BTS, BUKAN NOMOR IMEI!

Siapa yang bisa melacak Hp dengan IMEI?
Yang bisa menggunakan IMEI untuk melakukan pelacakan Hp adalah operator seluler, pihak kepolisian, badan intelijen, dan pihak-pihak dengan otoritas legal lainnya.

Saya menemukan aplikasi dan situs yang katanya bisa melacak Hp dengan IMEI?
99% itu adalah SCAM dan CLICK BAIT. Hati-hati malah tertipu.

Sekali lagi saya tegaskan, yang bisa melacak Hp dengan nomor IMEI itu adalah mereka yang punya kewenangan dan akses ke data-data sensitif operator seluler.

5. Cara melacak Hp hilang menggunakan aplikasi tracking
Cara melacak Hp hilang yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi tracking.

Nah kalau ini termasuk cara melacak Hp hilang dengan kemungkinan berhasil cukup besar, dan bisa dilakukan oleh kita sebagai orang awam. Tapi syaratnya, aplikasi ini harus sudah terinstall di Hp kita sebelum hilang.

Kalian bisa menggunakan aplikasi-aplikasi family locator yang banyak tersedia gratis di PlayStore. Aplikasi ini akan mengirim lokasi Hp kita secara berkala sehingga bisa dimonitor lewat google maps.

Jika Hp yang hilang tersebut sudah terinstall aplikasi tracking seperti ini, maka kita tinggal melacaknya lewat Hp lain yang terhubung dengan akun kita.

Tapi ingat ya, aplikasi ini harus sudah terinstall sebelum Hp-nya hilang, kalau sudah terlanjur hilang maka cara ini tidak bisa digunakan.

Sampai di sini dulu sharing saya tentang cara melacak Hp hilang yang WORK, semoga ada manfaatnya dan jangan mau ditipu-tipu lagi.