Blog

4 Hal Yang Perlu Dihindari Agar Jerawat Tidak Muncul

Jerawat merupakan permasalahan umum yang sering dirasakan dan sebenarnya mudah diatasi dengan memperbaiki pola hidup atau perawatan tertentu. Namun, yang paling menyebalkan adalah hilangnya jerawat hanyalah beberapa saat. Seringkali jerawat kembali muncul di tempat yang sama.

Apabila jerawat yang dirasakan seringkali muncul dan kembali, tandanya kamu perlu mengetahui penyebabnya. Pemicu seringnya muncul jerawat bukan hanya karena penyumbatan sel kulit mati dan berlebihnya produksi minyak.

Bisa juga berasal dari makanan yang dikonsumsi, tetapi ada banyak faktor lain yang bisa membuat jerawat sering muncul. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai hal yang bisa dihindari saat jerawat sering muncul selain makanan, antara lain:

1. Jarang Mencuci Wajah

Dilansir dari Halodoc, wajah seringkali terkena paparan debu, polusi dan kotoran lainnya ketika beraktivitas. Apabila paparan debu, polusi dan sebagainya dibiarkan menumpuk di kulit wajah, tentunya hal ini akan memicu pertumbuhan jerawat.

Oleh sebab itu, rutinlah mencuci wajah setelah beraktivitas dari luar rumah. Hal ini agar senantiasa bersih dan mencegah munculnya jerawat.

2. Tidak Membersihkan Kulit yang Berkeringat

Dikutip dari Alodokter, kondisi ini seringkali dirasakan saat selesai berolahraga atau sedang berada di bawah sinar matahari. Kulit menjadi lebih lembab dan banyak mengeluarkan keringat.

Jangan biarkan kulit yang berkeringat mengering dan tidak dibersihkan. Segeralah untuk membersihkan kulit yang berkeringat, hal ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang nantinya akan memicu jerawat.

3. Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Mulai saat ini, kamu perlu hindari kebiasaan ini, karena sering menyentuh banyak benda akan membuat bakteri dan berbagai kotoran menempel pada tangan.

Kebiasaan ini yang akan memicu seringnya pertumbuhan jerawat pada kulitmu. Gunakanlah tisu bersih atau senantiasa menjaga kebersihan tangan secara rutin dengan mencuci tangan setiap kali kamu ingin menyentuh wajahmu.

4. Memencet Jerawat dan Stress

Dikutip dari Klik Dokter, memencet jerawat merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan. Perlu diingat, kebiasaan memencet jerawat ini bukan cara yang baik untuk menghilangkan jerawat, malah jerawat bisa muncul kembali dan tidak kunjung membaik.

Sementara itu, jika kamu memiliki banyak aktivitas seperti bekerja, masalah pribadi dan sebagainya akan rentan menjadi penyebab stres. Stres bisa menjadi pemicu pola hidup yang tidak sehat.

Misalnya saja seperti, merokok, makan berlebihan, mengkonsumsi terlalu banyak gula, dan sebagainya. Kondisi stres juga memperburuk sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu menjadi kurang responsif dalam melawan bakteri.

Hal ini yang bisa menjadi pemicu jerawat sering muncul. Apabila, kamu tidak ingin jerawat sering muncul pada kulitmu, sebisa mungkin hindari kondisi stres.

Nah, jadi seperti itu saja penjelasan mengenai hal-hal yang bisa memicu jerawat sering muncul. Hal yang paling penting adalah perlu rajin merawat dan menjaga diri dalam hal kebersihan, kesehatan serta memperbaiki kebiasaan buruk.

Video yang mungkin Anda lewatkan.