Blog

10 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

10 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli – Organisasi berasal dari bahasa Yunani:Oroganon yang memiliki pengertian yaitu sekelompok orang dalam suatu tempat atau wadah untuk mencapai tujuan bersama.

Terbentuknya sebuah organisasi dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya visi misi yang sama dalam anggota organisasi sebagai perwujudan eksistensi di tengah masyarakat. Organisasi yang diakui keberadaannya oleh masyarakat sekitar merupakan ciri organisai yang baik. Biasanya organisasi tersebut memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pada dasarnya organisasi merupakan wadah atau tempat bagi orang-orang untuk berkumpul menjadi satu kesatuan, bekerjasama secara rasional, terencana, sistematis dan terkendali dalam upaya memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan efesien hingga tercapainya tujuan organisasi. Mengupas lebih dalam mengenai definisi organisasi dapat kita lakukan dengan mengetahui beberapa pengertian organisasi menurut perspektif para ahli. Berikut ini 10 pengertian organisasi menurut para ahli:

Stephen P. Robbinss mengemukakan bahwa organisasi ialah suatu kesatuan sosial yang terkoordinasi secara sadar dan terbentuk berdasarkan kesamaan tujuan dan kepentingan.

Menurut James D mooney, organisasi merupakan suatu kumpulan manusia dalam usaha mencapai tujuan secara bersama.

Stoner mengungkapkan bahwa organisasi ialah suatu pola yang menunjukkan hubungan sekelompok manusia yang bergerak bersama pada satu tujuan

Pengertian organisasi menurut Chester ialah suatu sistem aktivitas berupa saling bekerjasama antara dua orang atau lebih. Dalam menjalankan aktivitas didalamnya, perlu komunikasi yang searah guna mencapai tujuan bersama.

Schein mengemukakan bahwa suatu koordinasi yang dilakukan secara rasional oleh sekelompok orang dalam usahan mencapai tujuan tertentu. Schein juga mengungkapkan bahwa dalam organisasi terdapat pembagian fungsi dan pekerjaan sesuai dengan tanggung jawab masing-masing anggota.

Pengertian organisasi menurut Kochler ialah suatu sistem dengan hubungan yang terkoordinasi dan terstruktur dalam upaya mencapat tujuan bersama.

Menurut W.J.S. Poerdarminta, organisasi adalah suatu aturan yang berasal dari setiap bagian hingga menyatu menjadi satu kesatuan yang teratur.

Menurut Citra Handayani, organisasi ialah sebuah sistem sosial yang memiliki prosedur, cara keja dan identitas yang jelas.

Organisasi merupakan sekelompok orang yang saling bekerjasama secara rasional guna mencapai tujuan-tujuan yang telah disepakati.

Organisasi merupakan pengaturan berbagai bagian sehingga menjadi satu kesatuan yang secara teratur saling bekerja sama guna mencapai tujuan tertentu.

Berdasarkan definisi beberapa ahli di atas dapat disimpulkan bahwa organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dengan baik dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan bersama. Demikianlah penjelasan mengenai 10 pengertian organisasi menurut para ahli, semoga dapat menambah pemahaman dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Artikel Lainnya :