Blog

Sistem Informasi Pemasaran Menurut Para Ahli 2021

Sistem informasi pemasaran adalah sistem informasi manajemen (SIM) yang dirancang untuk mendukung pengambilan keputusan pemasaran.

Sistem informasi pemasaran merupakan hal penting yang harus dimiliki perusahaan.

Suatu perusahaan akan tetap mampu melakukan produksi dan pemasaran apabila suatu data dari analisa manajemen pemasaran terkoordinir dalam suatu sistem yang terkomputerisasi.

Sistem informasi pemasaran tidak hanya terdiri dari data-data pemasaran, namun juga personil-personil yang terlibat termasuk di dalamnya peralatan yang digunakan.

Sistem informasi pemasaran merupakan bagian tak terpisahkan dari pemasaran dalam bisnis.

Sistem ini digunakan oleh para pengambil kebijakan terhadap arah manajemen pemasaran yang akan dilakukan. Sehingga, keputusan yang diambil dapat tepat sasaran. Sistem informasi pemasaran ini diperoleh dari berbagai unsur.

Pengertian Sistem Informasi Pemasaran
Ada beberapa pendapat mengenai pengertian sistem informasi pemasaran :

Pengertian Sistem Informasi Pemasaran Menurut Wikipedia
Menurut wikipedia definisinya adalah sebagai berikut :

Sistem informasi pemasaran adalah sistem informasi manajemen (SIM) yang dirancang untuk mendukung pengambilan keputusan pemasaran. Click To TweetPengertian Sistem Informasi Pemasaran Menurut Jobber
Jobber (2007) mendefinisikannya sebagai berikut :

Sistem informasi pemasaran adalah sistem di mana data pemasaran secara resmi dikumpulkan, disimpan, dianalisis, dan didistribusikan kepada manajer sesuai dengan kebutuhan informasi mereka secara teratur. Click To TweetPengertian Sistem Informasi Pemasaran Menurut BusinessJargons.com
MenurutBusinessJargons definisinya adalah sebagai berikut :

Sistem informasi pemasaran adalah pengumpulan sistematis, analisis, interpretasi, penyimpanan dan penyebaran informasi pasar, baik dari sumber internal maupun eksternal, kepada pemasar secara teratur dan berkelanjutan. Click To TweetSumber Informasi pada Sistem Informasi Pemasaran
Sistem informasi untuk pemasaran dapat bersumber dari berbagai macam sumber informasi. Berikut ini penjabarannya.

Catatan Internal Perusahaan
Pencatatan internal perusahaan merupakan informasi dasar yang digunakan oleh pengambil kebijakan, disini khususnya adalah manager pemasaran terkait strategi pemasaran yang akan dilakukan.

Catatan internal ini terdiri dari informasi data siklus jumlah pesanan hingga pembayaran, penjualan dan rancangan sistem laporan.

Informasi data siklus jumlah pesanan hingga pembayaran merupakan inti dari sistem pencatatan internal perusahaan tersebut. Siklus pesanan dimulai dari pelanggan yang melakukan pemesanan.

Kemudian pesanan ini akan dilanjutkan oleh departemen pemesanan ke seluruh departemen yang terlibat. Hingga produk yang diperlukan dapat sampai tepat waktu dengan kualitas yang terjamin.

Berikutnya adalah informasi dari sistem pelaporan penjualan. Pelaporan penjualan dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk melakukan peramalan kebutuhan dan tren yang sedang berkembang di pasaran.

Sehingga, ketika perusahaan melakukan inovasi dapat tepat sasaran dan menghasilkan laba yang lebih tinggi. Manajer pemasaran dapat menerima laporan penjalan ini secara berkala.

Rancangan sistem pelaporan hendaknya berorientasi kepada pemakainya. Sehingga, informasi-informasi yang tidak relevan tidak perlu dicantumkan.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah pemakainya dan penyediaan informasi yang jelas dan tepat.

Intelijen Pemasaran
Intelijen pemasaran merupakan serangkaian kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh seorang manager pemasaran.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang lingkungan pemasaran. Pengamatan ini dilakukan secara prosedural untuk mendapatkan informasi yang tepat.

Sehingga, saat pengambilan keputusan dapat disesuaikan dengan kondisi pasar.

Untuk mengamati lingkungan pemasaran, seorang manager pemasaran melakukan beberapa kegiatan yaitu pemasaran yang tidak terarah dan informasi bersifat umum.

Pengamatan yang bersyarat sehingga pengamatan dilakukan berfokus namun tanpa dilakukan penyelidikan. Penyelidikan secara informal dilakukan untuk mendapatkan informasi spesifik.

Dan penyelidikan formal yang dilakukan secara prosedural.

Analisis Pemasaran
Analisis pemasaran merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan prosedural mengenai suatu data yang telah ditemukan terhadap situasi pemasaran.

Dimana situasi pemasaran ini sedang terjadi pada perusahaan dan perlu dicari solusi.

Riset pemasaran ini dilakukan dengan memulai kegiatan perancangan, pengumpulan data, analisis terhadap data dan yang terakhir adalah pelaporan data.

Untuk melakukan riset pemasaran ini, dapat menggunakan pihak lain yaitu suatu perusahaan yang menyediakan jasa riset pemasaran.

Perusahaan ini memiliki beberapa jenis. Perusahaan tersindikasi yang merupakan perusahaan pengumpul informasi konsumen dan kegiatan perdagangan secara periodik.

Data yang didapatkan kemudian diperjual belikan terhadap perusahaan yang membutuhkan.

Perusahaan yang disewa untuk melakukan riset khusus sesuai dengan keinginan produsen. Personil perusahaan terlibat langsung terhadap perancangan studi tersebut.

Dimana data yang didapatkan sepenuhnya adalah hak produsen. Terakhir merupakan perusahaan dengan keahlian yang khusus yang bekerja hanya untuk kebutuhan-kebutuhan yang spesifik saja.

1. Analisis Pendukung Keputusan

Pendukung keputusan dalam sistem informasi pemasaran ini dapat berupa perangkat lunak maupun perangkat keras yang memiliki manfaat pada kegiatan tersebut.

Tujuannya adalah untuk mengorganisasi data yang telah didapatkan, kemudian dilakukan pengolahan hingga interpretasi terhadap data yang telah didapat.

Selanjutnya digunakan sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan.

Demikianlah bahasan singkat mengenai sistem informasi pemasaran, jika ada pertanyaan silakan tulis dikolom komentar.