Blog

SHOLAT WUDHU Niat Tata Cara Waktu

Solat sunat wudhu, keutamaan shalat sunnah wudhu, bacaan sholat wudhu
Doapengasih.com – Sholat Wudhu. Setiap selesai wudhu, umat Islam dianjurkan mengerjakan Sholat sunnah yang pada saat ini kita sebut dengan tahiyatul wudhu atau shalat wudhu. Shalat ini memiliki balasan pahala yang amat tinggi sehingga sepantasnya kita melaksanakannya.

Pahala dan keutamaan sholat wudu amatlah besar, maka dari itu shalat ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Setiap umat muslim yang taqwa jika mengerjakan shalat ini secara rutin, insya Allah dapat memperoleh pahala yang berlimpah.

Baca: Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai shalat sunnah wudhu dimulai dari keutamaan, bacaan doa niat, waktu pelaksanaan dan tata cara mengerjakan. Silahkan tulis komentar apabila ditemukan kesalahan pada artikel ini.

Keutamaan Sholat Wudhu
Sholat sunnah wudu memiliki banyak manfaat atau keutamaan. Berikut adalah keutamaan atau manfaat dan hikmah jika seorang muslim menjalankan sholat wudu.

* Bagi yang mengerjakannya akan dijanjikan satu tempat di surga.
* Allah SWT menyukai orang-orang yang menyucikan diri.
* Memperbanyak amalan ibadah.
* Mendapat pahala dari Allah SWT.

Niat Sholat Wudhu
اُصَلِّى سُنَّةً الْوُضُوءِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal wudhuu’i rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
“Aku niat shalat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Shalat Wudhu
Sama seperti sholat sunnah pada umumnya, shalat wudu dikerjakan dengan diawali niat dan diakhiri salam. Sholat wudu dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan satu kali salam. Berikut adalah cara melaksanakan shalat sunnah wudhu.

* Membaca doa niat sholat wudu
* Takbiratul ikhram dan membaca doa iftitah
* Membaca surat Al-Fatihah dan membaca suratan pendek
* Ruku’ dan membaca doa
* I’tidal dan membaca doa
* Sujud sambil membaca doa
* Duduk di antara dua sujud dan berdoa
* Sujud yang kedua dan membaca doa
* Membaca tahiyat awal dan akhir
* Salam

Waktu Pelaksanaan
Sholat wudhu dapat dikerjakan kapan saja dan di mana saja asal setelah selesai berwudhu. Sholat ini dikerjakan ketika kita sudah masuk ke masjid dengan diawali kaki kanan serta berdoa doa masuk masjid terlebih dahulu.

Jadi tidak ada batasan waktu untuk mengerjakan sholat sunnah wudu ini. Maka dari itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk mengerjakan sholat ini selepas berwudu.

Akhir Kata
Itulah sholat wudhu. Shalat sunnah yang termasuk jarang dikerjakan oleh umat Islam namun kenyataannya memiliki banyak sekali keutamaan, manfaat, hikmah dan faedah karena Allah SWT memberikan pahala berlimpah bagi yang menjalankannya.

Baca :