Blog

Secara Umum Menurut Para Ahli

Istilah seni tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pengertian seni adalah sebuah ekspresi perasaan manusia yang di dalamnya mengandung unsur estetik atau keindahan dan diungkap melalui suatu media yang bersifat nyata, serta dapat dirasakan oleh panca indera manusia.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai apa itu seni, macam, dan fungsinya, mari simak ulasan dari Cryptowi berikut ini.

Pengertian Seni Secara Umum

Istilah seni sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “Sani” yang berarti persembahan atau pemujaan. Dalam kehidupan masyarakat secara umum, seni sangat berkaitan erat dengan upacara adat atau keagamaan atau yang biasa dikenal dengan sebutan kesenian daerah.

Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Padma Pusphita, istilah seni berasal dari bahasa Belanda yaitu “Genie” yang berarti genius. Seni yang dalam bahasa Inggris yaitu “Art” memiliki arti seni rupa atau art visual.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa definisi seni secara umum yaitu suatu produk yang mengandung unsur keindahan yang diciptakan oleh manusia dan bertujuan membawa kesenangan.

Seni merupakan sengaja diciptakan oleh manusia dengan unsur keindahan yang terkandung, sehingga mampu memengaruhi perasaan orang lain yang melihat atau mendengarnya.

Baca Juga: Pengertian Seni Lukis

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapat mereka mengenai pengertian seni.

Berikut ini pendapat dari beberapa ahli tentang apa yang dimaksud dengan seni.

1. Aristoteles

Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Aristoteles, seni adalah suatu aktivitas meniru alam dengan bentuk atau cara pengungkapan dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari realitas atau kenyataan yang ada.

2. Alexander Baum Garton

Alexander Baum Garton menyatakan pendapatnya mengenai seni yaitu suatu hal yang berkaitan dengan keindahan dan memiliki tujuan positif, sehingga mampu menciptakan perasaan bahagia bagi para penikmatnya.

3. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa seni merupakan hasil keindahan yang mampu menggerakkan perasaan indah siapapun yang melihatnya, sehingga apapun perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dan menciptakan perasaan indah itulah yang disebut dengan seni.

4. Immanuel Kant

Arti seni menurut Kant merupakan sebuah impian yang dituangkan menjadi suatu karya, karena rumus-rumus tertentu tidak dapat mewujudkan realitas atau kenyataan.

5. James Murko

James Murko berpendapat bahwa seni merupakan penjelasan dari ungkapan perasaan indah yang terkandung pada setiap jiwa manusia. Menurutnya, seni ini dilahirkan atau diciptakan melalui perantara berupa media atau alat komunikasi yang dapat ditangkap oleh panca indera manusia, baik indra penglihatan, pendengaran, atau perantara gerak.

6. Leo Tolstoy

Leo Tolstoy menyatakan pendapatnya mengenai pengertian seni sebagai ungkapan perasaan dari pencipta untuk menyampaikan apa yang dirasakannya kepada orang lain sebagai penikmat karyanya.

7. Hillary Bel

Definisi seni menurut pendapat Hillary Bel yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah karya yang bisa menggugah hati atau menimbulkan rasa penasaran para penikmatnya untuk mencari tahu siapa penciptanya.

8. Eric Ariyanto

Seni menurut pendapat Eric Ariyanto adalah kegiatan atau aktivitas rohani (batin) yang direfleksikan dalam bentuk karya yang mampu menciptakan timbulnya rasa penasaran dan ketertarikan orang lain untuk mendengar atau melihatnya.

9. Ensiklopedi Indonesia

Seni merupakan sebuah karya cipta dari segala hal yang mengandung unsur keindahan, sehingga mampu membuat orang yang melihat atau mendengarnya menjadi senang atau bahagia.

Macam-Macam Seni

Dari pendapat para ahli mengenai pengertian dari seni, Anda juga perlu mengetahui bahwa seni terbagi menjadi beberapa macam.

Hasil dari seni dapat dinikmati melalui media pendengaran atau audio, penglihatan atau visual, dan kombinasi atau audio visual.

Berikut ini merupakan macam-macam seni.

» Seni rupa: merupakan hasil karya visual berupa gambar, lukisan, kerajinan tangan, patung, multimedia dan lain sebagainya yang wujudnya dapat dinikmati dengan indera penglihatan.

» Seni musik: merupakan hasil karya cipta manusia yang menekankan pada unsur bunyi dan tetap memperhatikan unsur lainnya, seperti melodi, notasi musik, dan harmoni yang indah untuk didengar.

» Seni tari: merupakan hasil karya cipta manusia dalam bentuk gerakan tubuh yang mampu menciptakan sebuah keindahan. Seni tari menggunakan unsur bunyi dari seni music yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan atau menyampaikan maksud dan tujuan tertentu dari seorang koreografer kepada penonton yang melihatnya.

» Seni teater: merupakan suatu karya yang mencoba untuk memvisualisasikan imajinasi seseorang yang berhubungan dengan perilaku makhluk hidup. Seni ini diperagakan dalam bentuk adegan-adegan yang diperankan oleh para pemainnya, baik secara individu maupun kelompok.

» Seni sastra: merupakan bentuk atau wujud seni berupa kata-kata, misalnya puisi atau kaligrafi yang dapat dinikmati dengan indra penglihatan dan pendengaran. Seni sastra bertujuan untuk menyampaikan kesan dan pesan kepada para penikmatnya dengan cara yang indah.

Fungsi Seni

Seni memiliki fungsi tersendiri yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu fungsi individu dan sosial.

Berikut ini fungsi-fungsi dari seni.

1. Fungsi Individu

✓Sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan fisik, misalnya para seniman membuat guci unik dan bernilai seni sebagai pajangan rumah yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan fisik, serta memberikan kenyamanan kepada para penikmat hasil karya tersebut.

✓Sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan emosional, sehingga seseorang bisa merasakan senang, cinta, sedih, haru, marah, benci, dan perasaan lainnya untuk meluapkan perasaannya.

2. Fungsi Sosial

✓Berperan penting dalam dunia pendidikan. Seni dapat dipelajari nilai dan ilmunya sebagai bentuk pengekspresian diri dengan cara yang menyenangkan.

✓Untuk menyampaikan pesan keagamaan yang dapat dilihat dari busana atau pakaian, lagu rohani, prosesi upacara, kaligrafi, dan lain sebagainya.

✓Untuk memudahkan dalam menjelaskan suatu hal kepada orang lain. Misalnya, penggunaan poster dalam menyampaikan suatu informasi yang menggunakan gambar menarik akan lebih mudah dipahami para pembacanya.

✓Sebagai sarana mengekspresikan diri yang bertujuan untuk menghibur, baik diri sendiri maupun orang lain yang melihatnya.

Dari penjelasan di atas, sekarang Anda lebih paham mengenai pengertian seni dan macamnya, bukan? Seni diciptakan bukan tanpa tujuan, namun memiliki fungsi tersendiri yang bermanfaat baik bagi kehidupan individu maupun sosial.