Blog

Ruang Lingkup Geografi Yang Meliputi Fenomena Geosfer Adlah

Ruang lingkup geografi Geografi merupakan cabang ilmu tentang fenomena biosfer dan gejala alam di permukaan bumi. Ruang lingkup geografi sangat luas karena mencakup banyak aspek dan aspek geografi. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai 3 ruang lingkup beserta pengertian dan contohnya lengkap.

Secara umum, pengertian geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan. Aspek geografi dibedakan menjadi dua kategori, yaitu aspek fisik seperti topografi, biotik dan non-biotik, serta aspek sosial seperti ekonomi, budaya dan politik.

Ilmu geografi dipelajari sebagai studi ilmu bumi dan manusia. Objek studi geografi pun cukup luas karena meliputi manusia dan lingkungan dalam dengan wilayah dan bumi. Sementara geografi meliputi prinsip distribusi, prinsip interelasi, prinsip deskripsi, dan prinsip korologi.

Banyak juga cabang ilmu geografi yang ada pada beberapa bidang. Ruang lingkup geografi menurut para ahli dibagi menjadi tiga kategori yaitu geografi fisik, geografi sosial dan geografi regional. Tiap ruang lingkup dan aspek geografi memiliki karakteristik, ciri-ciri, objek studi dan contoh penelitian masing-masing.

(baca juga konsep geografi)

Ruang Lingkup Geografi
Kali ini akan dijelaskan contoh ruang lingkup geografi yang ada. Berikut merupakan 3 ruang lingkup beserta definisi, pengertian dan contohnya lengkap terbaru.

1. Geografi Fisik
Pengertian geografi fisik adalah bagian ilmu geografi yang mempelajari semua kondisi fisik pada peristiwa atau fenomena yang terjadi di muka bumi.

Geografi fisik menyangkut keadaan lingkungan alam di luar manusia seperti gejala-gejala alam di bumi yang berkaitan dengan bentuk, relief, iklim dan segala sesuatu tentang bumi serta proses-proses fisjak di daratup ter.

Ruang lingkup fisik meliputi semua gejala alam yang terjadi di antroposfer (ruang angkasa), atmosfer (lapisan udara), hidrosfer (lapisan udara), pedosfer (lapisan tanah), biosfer (lapisan kehidupan) (lapisan litosfer).

Cabang ilmu penunjang geografi fisik antara lain astronomi, meteorologi, klimatologi, geofisika, hidrologi, pedologi, biologi, zoologi, fitologi dan geologi.

Contoh geografi fisik

* Proses terjadinya hujan
* Proses siklus udara
* Proses pembentukan tanah
* Perbedaan iklim berdasarkan garis bujur

2. Geografi Sosial
Pengertian geografi adalah ruang lingkup ilmu geografi yang mempelajari segala aktivitas kehidupan manusia lengkap dengan interaksi yang berinteraksi dengan lingkungan.

Ruang lingkup sosial meliputi hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan ekonomi, lingkungan budaya dan lingkungan sosialnya.

Geografi sosial meliputi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan aktivitas manusia di dalam ruang yang mencakup aktivitas sebagai makhluk sosial.

Secara umum, definisi geografi sosial mempelajari dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan, serta dampak lingkungan terhadap manusia.

Contoh geografi sosial

* Pola pemukiman masyarakat di daerah pesisir sungai
* Kepadatan penduduk di daerah terkait relief permukaan tanah
* pengaruh tingkat kesuburan tanah terhadap kegiatan ekonomi masyarakat

3. Geografi Wilayah
Pengertian geografi regional adalah ruang lingkup geografi yang mempelajari tentang suatu topik khusus yang mencakup satu wilayah tertentu.

Geografi regional merupakan geografi yang mempelajari topik atau bahasan khususnya yang mencakup suatu daerah atau wilayah tertentu yang menyeluruh, baik dari segi fisik maupun aspek sosialnya.

Daerah atau wilayah tertentu yang diteliti berupa desa, kota, provinsi, daerah atau negara tertentu. Geografi regional kerap disebut sebagai bentuk tertinggi dalam geografi.

Contoh geografi daerah

* Kepadatan penduduk di provinsi Jawa Timur
* Persebaran curah hujan di Indonesia
* Pola persebaran masyarakat usia produktif di Asia Tenggara

Nah itulah referensi mengenai 3 ruang lingkup lengkap beserta pengertian,-ciri, dan contohnya. Ruang lingkup geografi secara umum ada tiga geografi geografi, geografi sosial dan geografi regional. Sekian referensi tentang ilmu geografi kali ini.

Apa Itu Ruang Lingkup Geografi?

geografi berasal daribahasa Yunani, yaitugeoyang berartibumidangrapheinyang berartideskripsi/tulisan/gambaran. Kesimpulannya geografi adalah ilmu yang menguraikan segala sesuatu yang terjadi di bumi. Segala sesuatu yang terjadi di bumi itu disebut dengangeosfer.Jadi, sesungguhnya geografi itu mempelajari, menjelaskan, dan mengungkapkan mengapa peristiwageosfer itu bisa terjadi.

Ruang Lingkup Ilmu Geografi

1. Pengungkapan kejadian yang tampak dan terjadi di bumi. Seperti mengapa pergeseran kulit bumi terjadi, mengapa aliran udara memengaruhi iklim atau bagaimana stalagtit dan stalagmit di gua terbentuk.
2. Meneliti sebab akibat suatu gejalaatau kejadian dengan gejala lainnya, misalnya mengapa gempa bumi dapat terjadi, atau mengapa jika gempa bumi terjadi di laut dapat menimbulkan tsunami.
3. persamaan dan perbedaanfenomena yang terjadi di permukaan bumi, misalnya daerah memiliki curah hujan yang tinggi, hutan lebat, dan binatang yang beraneka ragam, daerah kering memiliki ciri curah hujan yang sedikit, wilayah gersang dan jarang tumbuhan, serta hanya dihidupi makhluk tertentu saja.
4. penyebaran kejadian/gejala, seperti mengapa di Indonesia sering terjadi gempa ? atau persebaran penduduk.
5. Pemecahan masalah geografidilakukan melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan kewilayahan. Contohnya, penebangan hutan yang mengakibatkan banjir dapat dicari dengan pendekatan analisis ekologi.

Secara garis besar, objek kajian dapat dibedakan menjadi 2 aspek utama, yaitu aspek fisik dan sosial. Aspek fisik bisa berupa sesuatu yang berhubungan dengan kimiawi, biologi, astronomi dan lainnya. Sedangkan aspek sosial dalam geografi biasanya erat hubungannya dengan hal yang berkaitan dengan manusia, misalnya antropologis, politis, ekonomis, dan sebagainya.

Karena cakupannya yang luas dan sering berhubungan dengan disiplin ilmu lain, tidak jarang melahirkan disiplin ilmu baru. Contohnya, interaksi antara geografi dengan kelahiran biogeografi.

Kajian Geografi

Dalam ilmu geografi terdapat 3 kajian utama di antaranya:

Berikut kajian terhadap dinamika planet bumi serta tema-tema dalam ilmu alam. Contohnya adalah iklim, batuan, tanah, sungai.

Berikut kajian terhadap kehidupan manusia, pengaruh manusia terhadap lingkungan, serta aspek-aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya di dunia.

Inilah kajian tentang penggunaan keahlian teknis dalam geografi, seperti pemetaan dan pengindraan jauh. Gunanya adalah untuk mempelajari bumi dan menyelesaikan masalahnya.

Disiplin Ilmu yang Berhubungan dengan Geografi

* .geologi
* geofisika
* biogeografi
* geomorfologi
* hidrografi
* paleontologi
* antropogeografi
* geografi matematis
* astronomi
* oseanografi
* klimatologi
* demografi
* sejarah geografi
* geografi regional
* geografi politik

Banyak nih yang bermanfaat bahwasannya geografi adalah ilmu yang mempelajari bumi. Yah tidak salah sih, tapi ada yang lebih benar nih sobat pintar, menurut Ikatan Geografi Indonesia (IGI) (1998) geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan menggunialamang konte suding kelaker pan.

Dalam kajian ilmu geografi, terdapat dua objek yakni objek material dan objek formal. Materi objek adalah objek yang berkaitan dengan gejala atau fenomenageosfer, sedangkan objek formal merupakanpendekatan yang digunakan untuk memahami materi objek.

Oke kita bahas satu pertemuan, apasih sebenarnya geosfer dan objekmaterial geografi? Apa saja unsur-unsurnya?

Pengertian Geosfer

Foto oleh Pixabay di Pexels

Objek material geografi mencakup seluruh aspek geosfir. Geosfer adalah lapisan yang terdapat di permukaan yang dan di bawah permukaan bumi. Lapisan tersebut mempengaruhi kehidupan di bumi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Fenomena geosfir meliputi lima unsur yakni Biosfer, Litosfer, Hidrosfer, Antroposfer, Atmosfer. Kalian bisa menghafalkan memakai singkatan berikut “BILI HIANAT”. lapisan-lapisan ini memang tampak terpisah-terpisah satu sama lain. Namun, jika dilihat secara mendalam, lapisan-lapisan tersebut saling berhubungan dan berinteraksi lho. oke sobat pintar kita bahas satu-persatu takarannya yuk!

Biosfer (Lapisan Hewan dan Tumbuhan)

Foto oleh Adriaan Grayling diPexels

Lapisan biosfer mencakup daratan, udara, dan udara, yang mempengaruhi proses biotik. Biosfer juga bisa diartikan sebagai sistem ekologi global yang tidak memandang makhluk hidup. Beberapa fenomena pada biosfer, seperti persebaran flora dan fauna, persebaran konsumsi bahan pangan, pelestarian lingkungan, konservasi lingkungan dan lain sebagainya.

Litosfer (Lapisan Kulit Bumi)

Foto oleh Adhista Row diPexels

Litosfer adalah lapisan batuan yang membentuk bentang alam seperti pegunungan, plato, dataran rendah, dan lapisan tanah.

Hidrosfer (Lapisan Udara)

Foto oleh Darina Cico diPexels

Hidrosfer merupakan bagian dari permukaan bumi yang terdiri dari lapisan udara. Hidrosfer berasal dari kata hidros yang berarti air serta spere yang berarti lapisan. Beberapa elemen dari hidrosfer bumi antara lain adalah sungai, danau, laut, gletser, air tanah, serta uap air yang berada di lapisan udara.

Antroposfer (Lapisan Manusia)

Foto oleh Kaque Rocha diPexels

Antroposfer adalah lapisan manusia yang menjadi tema sentral. Fenomena geosfer pada antroposfer dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti Keragaman adat dan budaya, industrialisasi, dan dinamika kependudukan.

Atmosfer (Lapisan Udara)

Foto oleh Pixabay diPexels

Atmosfer adalah lapisan udara yang atmosfer bumi. Lingkup atmosfer termasuk unsur-unsur iklim dan cuaca seperti hujan, angin, angin, kelembapan, penyinaran matahari, dan suhu.

Bagaimana sobat pintar, sudah faham apa yang dipelajari geografi? Jadi 5 tidak fenomena geosfer itulah yang menjadi objek kajian dalam ilmu geografi. Bagaimana sobat, Geografi menyenangkan bukan?

Sobat Pintar jangan lupa download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store ya! Ada fitur Belajar Pintaryang bakal nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya. Belajar Pintar bersama Aku Pintar!

#Ruang #lingkup #geografi #yang #meliputi #fenomena #geosfer #adlah