Blog

Piramida Maslow Adalah Konsep Dan Arti

Piramida Maslow, juga disebut hierarki kebutuhan manusia, adalah teori yang didasarkan pada psikologi kebutuhan yang diciptakan oleh Abraham Maslow, pada tahun 1943.

Teori ini didasarkan pada gagasan bahwa meskipun kebutuhan dasar seseorang terpenuhi, kemudian hal ini akan mengembangkan keinginan dan kebutuhan yang lebih tinggi.

Kebutuhan ini direpresentasikan dalam 5 tingkat piramida, dimana 4 yang pertama didefinisikan sebagai kebutuhan dasar atau kebutuhan pokok, sedangkan kebutuhan terakhir yang terletak di puncak piramida, realisasi diri, tidak lagi menjadi kebutuhan dasar.

Teori bekerja sedemikian rupa sehingga Anda tidak dapat melangkah tanpa harus memenuhi kebutuhan sebelumnya, yaitu Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan tertinggi tanpa memenuhi yang paling dasar.

5 tingkat piramida Maslow
Di bawah ini adalah 5 tingkatan piramida Maslow, dari bawah ke atas.

5 tingkat piramida Maslow menurut hierarki kebutuhan.1. Kebutuhan dasar atau fisiologis
Kebutuhan wajib untuk kelangsungan hidup individu: bernafas, minum air, makan, tidur, sehat dan rumah.

Abraham Maslow percaya bahwa kebutuhan biologis ini adalah kebutuhan dasar yang harus dimiliki setiap individu, karena tanpanya tidak mungkin untuk maju ke tingkat berikutnya.

2. Kebutuhan keamanan
Kebutuhan keamanan ditujukan untuk membuat orang merasa terlindungi dan aman. Memenuhi kebutuhan ini memungkinkan seseorang untuk memproyeksikan hidupnya dalam jangka panjang.

Dengan kata lain, bahwa seseorang merasa aman memiliki rumah sendiri atau stabilitas keuangan akan memberi mereka rasa aman untuk dapat memenuhi kebutuhan dasarnya.

3. Kebutuhan sosial
Kebutuhan sosial, juga disebut kebutuhan afiliasi, adalah kebutuhan yang memenuhi kebutuhan individu untuk tidak merasa sendiri dan memiliki ikatan emosional yang berbeda.

Ini menyiratkan hubungan dan penerimaan sosial, misalnya, menjadi bagian dari kelompok sosial, memiliki sekelompok teman, memiliki keluarga atau pasangan.

4. Kebutuhan pengakuan
Juga disebut kebutuhan harga diri, kebutuhan pengakuan membantu menghilangkan harga diri rendah dan perasaan rendah diri, memberikan keseimbangan emosional individu.

Ini bisa berupa pengenalan diri, kepercayaan diri, rasa hormat, dan rasa sukses.

5. Realisasi diri
Tingkat tertinggi piramida terdiri dari tingkat di mana motivasi untuk tumbuh dan kebutuhan untuk dicari, yaitu kebutuhan untuk menemukan makna dan misi dalam hidup.

Pada tingkat ini, moralitas, kreativitas, penerimaan fakta, membantu orang lain tanpa minat dan pemecahan masalah menonjol.

Perlu dicatat bahwa level ini hanya dapat dicapai jika semua kebutuhan di atas terpenuhi. Oleh karena itu aktualisasi diri bukanlah kebutuhan primer.

Contoh dari 5 tingkat piramida Maslow
Berdasarkan individu yang sama, piramida Maslow dianalisis di bawah ini dengan contoh:

* Kebutuhan pokok: memiliki pekerjaan untuk memperoleh sumber daya dasar, seperti pangan dan tempat tinggal.
* Kebutuhan akan keamanan: pindah ke lingkungan yang lebih aman untuk tidur lebih nyenyak.
* Kebutuhan sosial: bertemu dengan teman dan bertemu orang sehingga Anda tidak selalu sendiri.
* Kebutuhan pengakuan: merasa dihargai dan dihargai oleh teman atau di tempat kerja.
* Realisasi diri: merasa sehat, sehat dan mengetahui bahwa Anda dicintai oleh banyak orang.