Blog

Perbedaan Hadis Dan Sunnah

Perbedaan hadis dan sunnah, apa ya? Apa kabar kalian semua, semoga dalam keadaan baik ya, kali ini aku akan berbagi info tentang dua hal tersebut di atas.

Ada banyak kisah teladan Nabi Muhammad SAW, yang patut kita contoh dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam adab berbicara sampai makan pun ada.

Baik sunnah atau hadis, keduanya pasti sudah sering kalian dengar, lalu apa sih perbedaannya? Pada artikel penulis cilik ini aku akan menjelaskan secara singkat untukmu, hanya untukmu hehe.

Baca juga: Pertayaan tentang hukum Islam

Persamaan hadits maupun sunnah adalah sama-sama bersumber dari beliau. Dari 25 Nabi, beliaulah yang terakhir sekaligus penutup para nabi dan rasul.

Apa itu hadis?
Hadis adalah perkataan atau sesuatu yang keluar dari mulut Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, dimana hadis tersusun atas 2 struktur, yaitu sanad/isnad dan matan.

Sanad adalah suatu rantai penyampaian hingga sampai kepada kita sekarang ini, sedangkan matan adalah isi dari perkataan nabi (redaksi).

Contoh hadits:

Contoh hadisApa itu sunnah?
Sunnah adalah segala sesuatu yang dicontohkan nabi, khususnya dalam perilaku kesehariannya, mencakup:

* perkataan
* perbuatan
* pemikiran
* takrir (peneguhan)

Berikut ini adalah pengertian sunnah menurut ahli hadits dan Ulama ushul fiqih, diantaranya:

Pengertian sunnah menurut ahli haditsBaik hadist dan sunnah dijadikan sebagai salah sata dasar hukum Islam, kamu juga bisa baca urutan hukum Islam.

Contoh sunnah nabi adalah:

* Cara makan
* cara duduk
* cara menyikat gigi
* cara beribadah
* cara berdoa
* dll

Semuanya ditulis dan dijelaskan dalam suatu hadis, sehingga jelas rankaiannya atau rantai perjalanannya.

Baca juga:
– Kisah inspiratif kehidupan nyata
– Perbedaan nabi dan rasul
– Nama anak Nabi Muhammad

Nah, itulah perbedaan hadis dan sunnah beserta contohnya, koreksi jika aku salah ya. Terima kasih sudah membaca dan membagikannya.