Blog

Pengertian Wilayah Eic Menurut Para Ahli Jenisjenis Dan Tujuannya LENGKAP

pengertian wilayah formal, pengertian wilayah negara, pengertian wilayah pesisir, pengertian wilayah dataran tinggi, pengertian wilayah sungai, pengertian wilayah menurut para ahliPengertian Wilayah – Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan apa yang dinamakan wilayah. Wilayah ini sangat berkaiatn dengan geografi. Apa sih itu geografi ? Geografi merupakan suatu ilmu yang mendasarkan diri terhadap suatu analisis interrelasi keruangan di setiap gejala geografi pada suatu region atau wilayah.Karakter terpenting yang wajib dimiliki oleh suatu wilayah ialah adanya suatu aspek fisik dan aspek sosial budaya. Sifat karakteristik ini ialah sebagai keseluruhan wilayah geografi yang diabstraksikan sebagai sebuah pengertian geografi yang sebelumnya sudah dikenal dengan konsep wilayah.

Nah pertanyaan selanjutnya yang muncul ialah, apa yang dimaksud dengan wilayah ? Dalam kajian dalam bidang geografi, wilayah atau yang biasa disebut region diartikan sebagai salah satu bagian yang ada di permukaan bumi yang mempunyai beberapa karakteristik khusus atau khas tersendiri yang memperlihatkan suatu keseragaman atau homogenitas sehingga kita dapat dengan jelas untuk membedakan antara wilayah-wilayah lain di daerah sekitarnya.Dapat kita ambil contoh misalnya, daerah pantai merupakan salah satu bagian dari permukaan bumi yang lokasinya di dekat laut sedangkan daerha pegunungan merupakan salah satu bagian permukaan bumi yang letaknya di daerah yang lebih tinggi dan bergunung-gunung.

Dalam arti lain juga disebutkan bahwa pengertian wilayah ialah sebagai salah satu bagian dari permukaan bumi yang letak teritorialnya ditentukan berdasarkan pada pengertian, batasan, dan juga perwatakan fisik maupun geografis.

Selain itu pengertian wilayah ialah suatu ruang yang ada pada permukaan bumi. Pengertian permukaan bumi disini dapat menunjuk pada suatu tempat atau lokasi yang dapat dilihat baik secara horizontal maupun vertikal, termasuk juga yang ada di bawah permukaan bumi.

Selain pengertian yang sudah kami jelaskan diatas, dibawah ini juga akan kami jelaskan beberapa pengertian wilayah menurut para ahli dan juga hal-hal yang berkaitan dengan pengertian wilayah.

Apabila diartikan, pengertian wilayah ialah suatu tempat dimana menetapnya rakyat dan juga merupakan tempat dimana penyelenggaraan suatu pemerintahan Negara. Dalam Penyelenggaraannya pemerintahan Negara dibagi menjadi dua bagian yaitu diantaranya :

Wilayah ialah suatu wilayah yang meliputi segala sesuatu yang terlihat dipermukaan bumi, beberapa contohnya seperti rawa, sungai, gunung, lembah, dan lain sebagainya. Mengenai batas-batas wilayah daratan suatu Negara ditentukan dari perjanjian antar Negara yang wilayahnya berbatasan. Perbatasan Negara juga bemacam-macam bisa berupa, perbatasan ilmu pasti, perbatasan alam, perbatasan buatan, dan lain sebagainya.

Wilayah yang disebut lautan pada suatu negara ialah perairan territorial. Pada umumnya batas lautan territorial ini dihitung dimulai dari pantai pada saat air surut. Laut yang berada di luar perairan territorial ini yang disebut lautan bebas atau mere liberium.

Pengertian Wilayah – Beberapa ahli juga sudah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian wilayah ini. Berikut ini pendapat beberapa ahli mengenai pengertian wilayah.

Menurut R.E. Dickinson, pengertian Wilayah ialah segala sesuatu yang kondisi fisiknya bersifat homogen.

Selain R.E. Dickinson, A.J. Heriston juga pernah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian wilayah. Menurut Heriston pengertian Wilayah ialah suatu komplek yang terdiri dari air, tanah, tumbuhan, udara, hewan dan juga manusia yang berhubungan khusus sebagai suatu kebersamaan yang kelangsungannya memiliki karakter khusus dari permukaan bumi.

Sedangkan Fannemar berpendapat, bahwasanya Wilayah adalah sebuah area yang dapat digolongkan melalui kenampakan permukaan yang sama serta dikontraskan dengan area yang ada di sekitarnya.

Taylor berpendapat, Wilayah dapat diartikan sebagai salah satu bagian dari permukaan bumi yang berbeda dan ditunjukkan dari sifat-sifatnya yang berbeda dan ditunjukkan pula oleh sifat-sifat yang berbeda dari lainnya.

Nah dari beberapa pengertian wilayah menurut para ahli diatas, dapat kita beri kesimpulan bahwasanya wilayah ialah bagian dari daerah di permukaan bumi yang diberi batas oleh kenampakan-kenampakan tertentu yang bersifat khusus dan yang menjadi pembeda antara wilayah tersebut dari wilayah lainnya.

Beberapa contohnya ialah, wilayah hutan yang berbeda dengan wilayah pertanian atau wilayah kota yang berbeda dengan wilayah perdesaan.

Pengertian Wilayah – Wilayah atau bisa disebut juga perwilayahan, dalam ilmu geografi biasa disebut dengan istilah lain yakni geografi regional.

Dalam bukunya, seorang ahli geografi Eko Titis Prasongko menjelaskan bahwa kita bisa untuk membedakan wilayah geografi berdasarkan pada unsur-unsur fisik, misalnya, wilayah jenis tanah atau soil region, wilayah geologi atau geological region, wilayah iklim atau climatic region, dan wilayah vegetasi atau vegetation region.Selain beberapa hal diatas, kita juga bisa membedakan wilayah berdasarkan pada unsur sosial budaya manusia seperti wilayah ekonomi (economic region), wilayah bahasa (linguistic region), wilayah sejarah (historical region) dan juga wilayah politik (political region) sama seperti halnya batas negara-negara di dunia.

Apabila kita berbicara mengenai jenis-jenis wilayah berdasarkan pendapat para ahli, kita akan menemukan suatu pembagian yang berbeda-beda. Akan tetapi, semuanya itu tidak akan terlepas dari unsur fisik dan juga sosial budaya seperti yang sudah kita bahas di atas.

Berdasarkan pada kekhasannya, wilayah dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

Wilayah yang didasarkan kepada konsep homogenitas atau disebut juga wilayah formal atau homogeneous atau uniform region. Conoth wilyah jenis ini ialah wilayah dalam bentuk ekonomi dan wilayah dalam bentuk lahan.

Wilayah yang didasarkan kepada konsep heterogenitas terkadang disebut juga wilayah fungsional atau nodal region atau organic region. Ssalah satu contohnya ialah kota metropolitan.

Sedangkan dalam geografi, kita mengenal ada tiga kriteria pewilayahan dengan ciri-ciri sebagai berikut.

Pewilayahan dengan ciri tunggal atau single topic region yaitu penetapan region atau wilayah yang berdasarkan pada salah satu aspek geografi. Contohnya ialah tekanan udara dapat kita gunakan untuk membedakan antara wilayah dataran rendah dengan wilayah dataran tinggi.

Pewilayahan dengan ciri majemuk atau multi topic region yaitu penetapan suatu wilayah yang berdasarkan kepada beberapa faktor geografi. Yang menjadi contohnya ialah penetapan wilayah berdasarkan pada kondisi iklim di daerah tersebut.

Nah dalam penetapan ini, iklim pasti akan kita gunakan untuk beberapa faktor geografi seperti angin, suhu, intensitas cahaya, curah hujan dan lain sebagainya.

Pewilayahan dengan ciri keseluruhan atau total region yaitu penetapan suatu wilayah yang berdasarkan pada beberapa faktor yang menyangkut dengan lingkungan alam, lingkungan manusia atau juga lingkungan biotik. Dapat kita ambil contoh, misalnya ialah dalam penetapan wilayah hutan pinus, hutan jati, hutan cemara dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa penjelasan kami mengenai pengertian wilayah dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian wilayah tersebut. Terimakasih sudah membca artikel ini sampai habis dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.