Blog

Pengertian Website Atau Situs Web

Berapa jumlah pengguna internet di Indonesia? Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. Hal tersebut dimuat dalam laporan terbaru yang dirilis oleh layanan manajemen konten HootSuite, dan agensi pemasaran media sosial We Are Social dalam laporan bertajuk “Digital 2021”.

Dari data tersebut dapat kita ketahui bahwa perkembangan internet dari tahun ke tahun pasti mengalami peningkatan dari sisi pengguna aktifnya. Setiap orang tentu mengakses internet dengan menggunakan berbagai perangkat elektronik yang dimiliknya, mulai dari perangkat PC Desktop, Mobile Smartphone, hingga Tablet. Dan website atau situs web adalah salah satu media yang paling sering untuk diakses dan digunakan dalam mencari berbagai informasi dan sarana komunikasi.

Contoh Website atau Situs Web yang mungkin sering di akses oleh banyak orang adalah seperti Google dan Bing untuk mencari informasi di mesin pencarian, atau mungkin Tokopedia dan Shopee untuk mencari kebutuhan sehari-hari dan berbelanja online, atau mungkin juga Detik dan Kompas untuk mencari berita-berita terupdate hari ini.

Jadi sebenarnya apa sih itu Website atau Situs Web? Nah dalam kesempatan kali ini MinBiz mau membagikan informasi nih, mengenai apa sih pengertian Website atau Situs Web.

Pengertian Website atau Situs Web Menurut Ahli
1. Menurut Sibero (2013:11), ”web adalah suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia, dan lainnya pada jaringan internet”.
2. Menurut Kustiyahningsih dan Devie (2011:4), “web merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung dengan fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi dan multimedia lainnya”.
3. Menurut Bekti (2015:35), “Website merupakan kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.”
4. Menurut Rahmadi (2013:1) ”website (lebih dikenal dengan sebutan situs) adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video atau jenis-jenis berkas lainnya.”

Dari banyak pengertian yang di sampaikan oleh ahli diatas maka dapat di ambil kesimpulan, bahwa pengertian Website atau Situs Web adalah suatu kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.