Blog

Pengertian UMKM Beserta Contohnya

Redaksikerja.com – Berbicara mengenai bisnis, ekonomi dan dunia usaha, masyarakat dihadapkan pada satu istilah yang sangat berperan terhadap perekonomian yaitu UMKM. Dilihat dari segi pengelolaan usaha, hal ini masih memiliki hubungan erat dengan perekonomian masyarakat di berbagai lapisan hanya saja dalam bentuk usaha ekonomi yang non korporasi. Di Indonesia sendiri UMKM pada tahun 2016 ke sini justru mengalami peningkatan Inilah bukti bahwa masyarakat masih berminat untuk menjalankan usaha UMKM dengan baik.

Pengertian UMKM ada dua yaitu ada pengertian UMKM secara umum dan ada pengertian UMKM menurut para ahli.

Pengertian UMKM Secara Umum
Pengertian UMKM secara umum adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan satu model baru dalam kegiatan perniagaan atau perdagangan. UMKM juga bisa diartikan suatu usaha perdagangan yang pengelolaan usahanya dilakukan oleh perorangan atau badan usaha dengan lingkup kecil yang lebih dikenal dengan istilah mikro.

Pengertian UMKM Menurut Para Ahli
Ada beberapa ahli yang mendefinisikan mengenai pengertian dari UMKM diantaranya:

1. Rudjito

Menurut rudjito UMKM adalah usaha kecil yang merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan perekonomian bangsa.

UMKM ternyata merupakan salah satu media untuk membuka atau meningkatkan lapangan kerja dan bisa menambah pasokan devisa negara melalui pajak yang dikeluarkan dari badan tersebut.

2. Inna Primiana

Inna Primiana mendefinisikan tentang UMKM dari sudut pandang yang berbeda. Definisi UMKM menurut Inna adalah suatu aktivitas yang memilki hubungan dengan ekonomi dan perekonomian dalam bentuk pergerakan pembangunan Indonesia. Oleh sebab itu bidang usaha dalam UMKM ada segmen agribisnis, industri manufaktur, agraris dan peningkatan SDM.

3. Kwartono

Menurut Kwartono UMKM adalah bidang usaha yang memiliki kekayaan bersih kurang dari 200 juta. Dasar perhitungan kekayaan tersebut disesuaikan dengan omzet atau laba penjualan dalam satu periode tahunan yang dihasilkan oleh perusahaan.

Contoh Usaha UMKM
contoh usaha yang termasuk ke dalam kategori UMKM pada umumnya bisa ditetapkan menjadi tiga macam saja yaitu:

1. Usaha Kuliner

Kuliner merupakan contoh usaha yang bergerak dalam perdagangan berbagai jenis dan macam makanan atau minuman. Usaha kuliner masih dikategorikan sebagai satu bagian dari jenis usaha UMKM karena karakter perdagangan ini biasanya masih berupa usaha mikro kecil.

2. Usaha Fashion

Contoh usaha UMKM yang kedua adalah usaha fashion, usaha UMKM ini berurusan dengan yang namanya jual beli pakaian atau sandang. Usaha fashion ini juga memiliki prosfek yang cukup bagus, terlebih pakaian menjadi kebutuhan pokok manusia yang juga harus tersedia. Usaha fashion masih masuk ke dalam jenis UMKM karena belum banyak orang yang membangun usaha fashion ke level lebih tinggi. Pada umumnya usaha fashion masih bergerak dalam bentuk usaha menengah.

3. Usaha Agribisnis

Contoh usaha UMKM yang ketiga adalah usaha agribisnis. Usaha ini merupakan sebuah bisnis atau sebuah usaha yang berhubungan dengan penyediaan kebutuhan pertanian seprti contohnya usaha menjual pupuk, bibit tanaman, zat pestisida dan yang sejenis.

Jenis usaha ini biasanya terdapat di daerah pedesaan dan mengacu pada segi permodalan yang minim dan prosfek usaha yang tidak menentu tentunya bisnis ini masih layak dijadikan sebagai jenis usaha UMKM.

Itulah sedikit ulasan mengenai UMKM dan contohnya, semoga menambah wawasan dan informasu bagi para pembaca sekalian. Salam sukses and see you on top.