Blog

Pengertian Teknologi Jenis Dan Manfaatnya Pembahasan Lengkap

Pengertian Teknologi, Jenis dan Manfaatnya (Pembahasan Lengkap)– Pada saat ini, teknologi sudah menjadi bagian dalam hidup manusia, karena dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menggunakan teknologi. Namun apakah kalian tahu apa itu teknologi, kemudian apa saja jenis dan manfaatnya.

Nah kali ini StudiNews akan membahas mengenai teknologi tersebut. Untuk mengetahui penjelasannya langsung saja kita simak sebagai berikut.

Secara umum teknologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan suatu alat, metode pengolahan, dan ekstraksi benda untuk dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah dan pekerjaan manusia berhari-hari.

Arti lain dari teknologi adalah semua sarana dan prasarana yang diciptakan oleh manusia untuk menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan bagi keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia tersebut.

Secara etimologis kata “teknologi” berasal dari bahasa yunani yaitu “technologia” dimana kata tech berarti keahlian sedangkan logia berarti pengetahuan. Pada zaman dahulu teknologi hanya sebatas benda-benda yang memiliki wujud seperti mesin dan juga peralatan. Tetapi semakin berkembangnya zaman teknologi tidak hanya terbatas pada benda terwujud saja, namun juga benda yang tidak berwujud seperti software, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.

Dari keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa teknologi adalah suatu cara, proses, alat, mesin, kegiatan ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah berbagai kegiatan manusia.

Berikut ini adalah definisi dari teknologi menurut ahlinya.

1. Gary J. Anglin
Teknologi adalah suatu penerapan ilmu-ilmu pelaku serta alam dan pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

2. Manuel Castells
Teknologi adalah suatu alat, aturan, dan prosedur penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.

3. Iskandar Alisyahbana
Teknologi merupakan suatu cara untuk melakukan sesuatu dalam memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan dapat memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh panca indra dan otak manusia.

4. Jacques Ellil
Teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan mempunyai ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

Jenis-jenis Teknologi
Ada beberapa jenis teknologi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Teknologi Informasi
Teknologi informasi adalah teknologi yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi satu sama lain dan saling mengirimkan informasi dengan menggunakan suatu perangkat khusus. Beberapa contoh yang termasuk ke dalam teknologi informasi adalah mesin fax, smartphone, email, aplikasi chatting, dan lainnya.

2. Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi adalah suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi satu sama lain dengan saling mengirimkan informasi menggunakan suatu perangkat khusus. Adapun produk yang termasuk dalam teknologi komunikasi diantaranya adalah mesin fax, smartphone, aplikasi, chatting dan lain sebagainya.

3. Teknologi Transportasi
Teknologi transportasi adalah suatu teknologi yang membantu manusia untuk berpindah tempat (transportasi) dari lokasi satu ke lokasi lainnya dalam waktu yang cepat. Produk yang termasuk dalam teknologi transportasi diantaranya adalah pesawat, mobil, kereta listrik, dan kapal laut.

4. Teknologi Pendidikan
Teknologi pendidikan adalah teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan dimana dalam kegiatannya memanfaatkan alat bantu tertentu. Adapun yang termasuk dalam teknologi pendidikan adalah peralatan laboratorium sekolah, OHP, komputer, metode pengajaran baru dan lain sebagainya.

5. Teknologi Medis
Teknologi medis merupakan suatu teknologi yang berkaitan dengan dunia kedokteran, dimana kegiatan medis sudah memanfaatkan teknologi komputer. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi ini adalah tensimeter, termoter tubuh, alat suntik dan infus, alat USG, alat X-Ray, dan lain sebagainya.

6. Teknologi Konstruksi
Teknologi konstruksi adalah suatu teknologi yang berkaitan dengan struktur bangunan. Beberapa yang termasuk dalam teknologi ini adalah software gambar struktur (AutoCAD), alat-alat berat, metode kerja dan lainnya.

Manfaat Teknologi
Pada hakikatnya manfaat teknologi adalah untuk mempermudah dan juga mempercepat berbagai aktivitas manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Adapun manfaat teknologi lainnya adalah sebagai berikut:

1. Bidang Informasi dan Komunikasi
Manfaatnya adalah proses yang lebih mudah, murah dan juga cepat. Jika dahulu kita berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan surat, telepon rumah, dan telegram, maka sekarang kita dapat melakukannya dengan mudah dan cepat melalui smartphone, chatting dan email.

2. Bidang Pendidikan
Teknologi juga memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan dalam bidang pendidikan, salah satunya adalah sistem pembelajaran e-learning system.

Pada sistem ini, para peserta didik cukup dengan membuka website atau aplikasi dan mengakses materi belajar secara online. Sehingga tidak perlu datang ke lokasi sekolah. Hal ini akan mempermudah peserta didik untuk belajar tentunya.

3. Bidang Ekonomi dan Bisnis
Dengan adanya teknologi dalam bidang ini, maka akan mempermudah dalam berbagai layanan. Seperti yang kita ketahui sekarang keberadaan mesin ATM (Automated Teller Machine) dan internet Banking yang memudahkan proses transaksi pembayaran. Selain itu juga dapat bmemudahkan dalam proses pembayaran delivery dengan berbagai layanan ekspedisi yang memanfaatkan teknologi internet dan aplikasi untuk mempercepat pengiriman barang.

4. Bidang Trasnportasi
Dalam bidang ini akan memberikan kemudahan baik berupa barang ataupu manusia itu sendiri. Dengan adanya pesawat, kereta api, kapal, mobil, motor dan sepeda tentu akan lebih mempermudah perjalanan mereka.

5. Bidang Medis
Manfaat teknologi dalam bidang medis juga dapat meningkatkan dan membantu dokter dalam melakukan pekerjaan mereka untuk merawat dan membantu pasiennya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Teknologi, Jenis dan Manfaatnya (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Terimakasih.