Blog

Pengertian Teknik Informatika Menurut Para Ahli

Memasuki masa-masa kuliah adalah saat yang menyenangkan. Karena memang menjadi seorang mahasiswa adalah hal yang bisa dikatakan sebagai sesuatu yang menyenangkan. Mengenal dan memahami akan jurusan apa yang akan kita pilih di bangku perkuliahan juga menjadi penentu apakah menjadi mahasiswa itu sangat menyenangkan.

Jangan sampai kita berpatokan pada bahasa dan kebiasaan, kuliah orang kuliah kita, kuliah kawan kuliah kita, masuk ke jurusan a masuk pula kita ke jurusan a. Jangan sampai pula masa-masa kuliah menjadi saat-saat yang membosankan bagi kita, sehingga kita tidak tahan dan ingin cepat-cepat keluar.

Bertanya dan mencari tahu adalah cara yang paling tepat, supaya kita bisa mengetahui dan mengenal baik jurusan yang akan kita pilih, baik itu kepada kakak kelas, guru, dosen atau pihak kampus yang kita ingin tuju. Membaca pengertian tentang jurusan yang kita pilih, juga menjadi salah satu referensi dn pandangan agar kita bisa lebih mengenal dan tahu akan jurusan tersebut. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang pengertian teknik informatika menurut para ahli.

Pada pembahasan sebelumnya, kita pernah membahas tentang masalah “Mengupas Apa Saja Yang Dipelajari Mahasiswa Teknik Informatika”. Dimana, teknik informatika merupakan cabang ilmu tentang TIT yang berfokus dimasalah tentang bagaimana cara untuk mengatasi suatu masalah yang kaitannya dengan pengolahan data dengan komputasi awan.

Teknik informatika juga merupakan kombinasi antara beberapa cabang disiplin ilmu, seperti: Computer Engineer, Information Management, System Information, dan computer science. Sehingga teknik komputer juga dapat dikatakan sebagai cabang ilmu tentang komputer yang cukup kompleks.

Selanjutnya Greader kita akan bahas tentang pengertian dari beberapa ahli:

Philippe Dreyfus mengatakan Greader, bahwa teknik informatika merupakan “ Kumpulan dari beberapa disiplin ilmu dan disiplin teknik yang secara spesifik membahas masalah yang berkaitan dengan transformasi atau pengolahan data/fakta simbolik dengan mesin otomatis (komputer).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Teknik Informatika adalah “Pengetahuan dan kepandaian akan membuat atau menghasilkan sesuatu yang berkaitan dengan hasil industri” atau “merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari perubahan fakta nyata yang merupakan data atau informasi pada mesin komputer atau yang ada di teknologi komputasi”.

Haag & Keen (1996) menyatakan bahwa teknologi informasi/informatika merupakan “Seperangkat alat yang dapat membatu manusia dalam melakukan dan menyelesaikan tugas-tugas yang berkaitan dengan pemrosesan informasi dengan menggunakan teknologi komputer”

Menurut Martin (1999) ia menyatakan Greader bahwa “ Teknologi Informasi tidak hanya sebatas pada hubungan Hardware dan Software pada komputer yang digunakan dalam penyimpanan dan pemrosesan informasi, tetapi juga mencakup teknologi telekomuniksi sehingga dapat menghasilkan sebuah data dalam bentuk informasi.

Williams dan Sawyer (2003) menyatakan bahwa “ Teknik Informatika adalah teknologi yang memadukan antara 2 cabang disiplin ilmu, yaitu: ilmu komputer dengan jalur telekomunikasi, sehingga memiliki kecepatan sangat tinggi dan dapat mentransmisikan data, suara dan video”.

Dalam kamus milik Oxford, dituliskan bahwa Teknik Informasi/Informatika adalah “Salah satu program studi atau peralatan elektronik yang utamanya adalah komputer, dapat menyimpan, mampu melakukan analisa, menyebarkan informasi termasuk kata, gambar, video dan bilangan”.

Menurut Lucas (2000) teknik informatika adalah “Segala bentuk tentang teknologi yang dapat diterapkan atau digunakan untuk mengirim dan memproses informasi dalam bentuk data elektronik.

Melansir dari situs resmi MIT University, Informatics engineering adalah “Cakupan struktur, interaksi, sifat dari beberapa sistem yang digunakan dalam pengumpulan data, proses manipulasi data, dan penyimpanan hasil proses data serta menampilkan dalam bentuk informasi.

Nah, demikianlah ulasan tentang pengertian teknik informatika dari beberapa referensi dan ahli. Semoga setelah membaca ulasan pada artikel ini, kita dapat lebih mengetahui dan mengenal tentang apa itu jurusan teknik informatika.

Penulis : Catur

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa