Blog

Pengertian Tanggung Jawab Lengkap Dengan Jenis Dan Ciriciri Dalam Kehidupan Sosial

SuaraJogja.id – Apa pengertian tanggung jawab? Sudah Anda bertanggung jawab? Pengertian tanggung jawab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) didefinsikan sebagai keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.

Tanggung jawab ini bisa berarti menanggung sesuatu atas yang kita lakukan atau individu atau kelompok yang kita pimpin. Sementara Burhanudin dalam bukunya Etika Individual tahun 2000, menuturkan bahwa tanggung jawab merupakan kesanggupan untuk menetapkan sikap terhadap suatu perbuatan yang diemban dan kesanggupan untuk memikul risiko dari sesuatu perbuatan yang dilakukan.

Burhanudin dalam bukunya mengungkapkan tiga aspek tanggung jawab. Aspek itu terdiri dari kesadaran, kecintaan atau kesukaan serta keberanian.

1. Kesadaran

Baca Juga:Arti Perubahan Sosial Menurut Para Ahli dan Ciri-cirinya yang Perlu Diketahui

Kesadaran memiliki etika dan hidup jujur, melakukan perencanaan dan melaksanakannya secara fleksibel, sikap produktif dalam mengembangkan diri, agar bisa memahami sikap dalam belajar bagi dirinya sendiri.

2. Kecintaan

Memiliki sikap empati, bersahabat dalam hubungan interpersonal.

3. Keberanian

Memiliki kemampuan bertindak independen, mampu melihat perilaku dari segi konsekuensi atas dasar sistem nilai.

Baca Juga:Ini Fungsi Kemasan Pada Sebuah Produk

Jenis Tanggung Jawab

Menurut Tirtorahardjo, dalam karya ilmiah Parlina (2016) tentang hubungan Self Regulated Learning dengan Tanggung Jawab, menyebut bahwa tanggung jawab pada intinya terdiri dari tiga jenis.

Mulai dari tanggung jawab kepada diri sendiri, tanggung jawab pada masyarakat dan tanggung jawab kepada Tuhan.

1. Tanggung Jawab Kepada Diri Sendiri

Manusia dilahirkan sebagai pribadi yang utuh dalam hal tingkah laku, menentukan perasaan, keinginan dan menuntut hak-haknya. Semua itu harus didasari tanggung jawab untuk apa yang telah dilakukan.

2. Tanggung Jawab Kepada Masyarakat

Manusia merupakan makhluk sosial yang berada di tengah masyarakat. Hal itulah yang membuat manusia, ketika berpikir, berbicara, bertindak dalam segala aktivitas, terikat oleh masyarakat, lingkungan dan negara. Untuk itulah, segala perbuatan juga harus dipertanggungjawabkan pada masyarakat.

3. Tanggung Jawab Kepada Tuhan

Manusia tidak membuat dirinya sendiri, melainkan diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai makhluk ciptaan-Nya, maka manusia memiliki tanggung jawab pada penciptanya, dengan mengabdi kepada-Nya dan menanggung tuntutan norma-norma agama serta melakukan kewajiban. Untuk itulah, manusia wajib memiliki rasa berdosa, sebagai bentuk perlaku tanggung jawab.

Ciri-ciri Tanggung Jawab

Orang dikatakan telah memiliki rasa tanggung jawab ketika sudah memenuhi kriteria berikut:

1. Melakukan tanggung jawab rutin tanpa harus dipaksa atau diingatkan orang lain

2. Mampu menjelaskan dengan teliti tentang perbuatan atau aktivitas yang telah dilakukan

3. Tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dilakukannya

4. Kemampuan dalam menentukan pilihan atau membuat keputusan yang berbeda dari orang lain atau kelompok

5. Mengikuti dan menghargai aturan

6. Mengakui kesalahan atas apa yang telah dilakukan

Demikian penjelasan tentang tanggung jawab.