Blog

Pengertian Supervisor Tugas Wewenang Tanggung Jawab

Kuliahpendidikan.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian supervisor menurut para ahli, peran, tugas, wewenang dan tanggung jawab nya yang akan kita bahas seperti yang ada di bawah ini.

> Supervisor berasal dari kata supervise, yang berarti mengawasi langsung. Supervisor adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mensupervisi (mengawasi, mengarahkan) beberapa karyawannya di bidang pekerjaan tertentu, seperti: Manajer produksi, manajer penjualan, manajer gudang, kasir, pengawas, dll.

Supervisor adalah orang yang harus melakukan banyak fungsi untuk meningkatkan produktivitas. Ada juga yang menyebutnya sebagai pengawas sebagai pekerja, tetapi ada yang menyebut nya sebagai manajer. Tugas utamanya adalah memimpin pekerja di level manajemen operasional.

Menurut para ahli, ada definisi yang berbeda antara lain sebagai berikut:

1. Menurut Moekijat (1990) adalah anggota manajemen senior yang bertanggung jawab atas pekerjaan kelompoknya di tingkat manajemen senior.
2. Menurut Sarwoto (1993) seorang pengawas di Fundamentals of Management Organisation-nya adalah orang dalam organisasi yang bertanggung jawab atas kelompok kerjanya.
3. Raphael, R. Kavanaugh, dan Jack D. Ninemeier (2001) menyatakan bahwa seorang supervisor bertanggung jawab untuk mengelola karyawan bawahan atau non-bawahan.

Baca Juga: Tenaga Kerja – Jenis Tenaga Kerja dan Masalahnya

Peran Supervisor
Di satu sisi, seorang pengawas bertanggung jawab untuk menjalankan bisnis, tetapi di sisi lain, ia juga bertanggung jawab untuk pengembangan dan kegiatan personel di bawah komandonya, yang akan dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Peran nya dalam organisasi bisnis antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai perencana: Seorang pengawas harus merencanakan rencana kerja harian. Pada saat yang sama Anda harus membagi pekerjaan di antara karyawan sesuai dengan kemampuan mereka.
2. Sebagai seorang manajer: Seorang pengawas adalah bagian dari tim manajemen suatu perusahaan. Dalam praktiknya, ia juga manajer.
3. Sebagai Pemimpin dan Pemimpin: Seorang pengawas mengarahkan staf bawahannya dan membimbing mereka dalam pekerjaan sehari-hari mereka. Bahkan, ia juga bertindak sebagai inspirasi bagi bawahannya.
4. Sebagai mediator: Seorang pengawas bertindak sebagai penghubung dan juru bicara antara manajemen dan karyawan.
5. Sebagai Inspektur: Peran penting seorang pengawas adalah menentukan disiplin. Dalam hal ini, ini termasuk meninjau kemajuan pekerjaan berdasarkan jadwal yang ditetapkan, menilai kinerja kerja secara berkala dan memberikan informasi tentang segala penyimpangan, dan menetapkan aturan dan ketentuan yang harus dipatuhi bawahan selama bekerja.
6. Sebagai konsultan: Seorang pengawas bertindak sebagai konsultan untuk masalah staf di bawahnya, mendengarkan dan menawarkan solusi alternatif untuk keluhan yang dapat memuaskan para pekerja. Ini akan membangun hubungan dan kerja sama yang lebih baik dengan pekerja.

Tugas Supervisor
Kenyataannya, pekerjaan yang harus dilakukan oleh penyelia di perusahaan tidak mudah dan beragam, dan juga harus dapat membangun hubungan yang baik antara tingkat manajemen dan karyawan. Banyak perusahaan memerlukan kriteria tertentu yang harus Anda penuhi sebagai penyelia.

Berikut adalah beberapa tanggung jawab pengawasan umum di perusahaan:

* Jelaskan uraian tugas kepada staf yang menjadi tanggung jawab Anda.
* Berikan sesi informasi / pengarahan rutin kepada staf di bawah ini.
* Atur dan pantau pekerjaan staf bawahan.
* Periksa dan evaluasi kinerja staf di bawah ini.
* Berikan motivasi kerja kepada semua karyawan di bawah ini.
* Mematuhi peraturan dan ketentuan perusahaan.
* Memberikan laporan dan pembaruan aktivitas kepada manajemen
* Membantu tim bawahan untuk memahami tujuan dan sasaran kinerja mereka.
* Melatih karyawan sesuai dengan tugasnya atau memastikan bahwa mereka dilatih dengan benar.
* Merencanakan jam kerja dan shift.
* Koordinasi rotasi kerja dan pelatihan.
* Bagikan pembaruan perusahaan, hasil keuangan, dan tujuan baru dengan anggota tim.
* Identifikasi dan pecahkan masalah yang terjadi di tempat kerja, bahkan jika tidak ada karyawan.
* Berikan laporan dan pembaruan aktivitas ke administrasi.
* Membantu dalam perekrutan dan pemberhentian, meskipun pengawas seringkali memerlukan persetujuan dari semua karyawan baru atau pemutusan hubungan kerja.
* Menerima keluhan dari konsumen

Wewenang Supervisor
Posisi pengawas memiliki beberapa kekuatan, sebagai berikut:

* Wewenang untuk menghentikan suatu kegiatan / tugas yang dianggap kurang bermanfaat. Kemudian, kirimkan laporan kepada penyelia Anda yang merinci tindak lanjut yang diperlukan.
* Berikan evaluasi kinerja yang dilakukan oleh staf di bawah, apakah diinginkan atau tidak. Pada saat yang sama, evaluasi dan pengamatan perbaikan dilakukan yang dianggap perlu.
* Terima kasih atau terima kasih kepada karyawan di antara mereka yang telah melakukan dengan baik di perusahaan.
* Memberikan saran untuk promosi untuk staf bawahan.
* Melakukan sistem rujukan untuk karyawan yang membuat kesalahan secara tertulis dan lisan dan, jika perlu, terus bekerja dengan bos.
* Menghukum orang yang melakukan kesalahan atau pelanggaran tertentu.

Tanggung Jawab Supervisor
Berdasarkan tugas dan tanggung jawab ini, seorang penyelia juga memiliki tanggung jawab yang meliputi:

* Perencanaan, yang melakukan kegiatan perencanaan yang terkait dengan pekerjaan dan juga tunduk pada kebijakan perusahaan.
* Personil: Pastikan bahwa semua orang yang terlibat dalam tugas dan pekerjaan setuju dengan deskripsi pekerjaan masing-masing.
* Atur untuk mengoordinasikan kegiatan dan tugas dalam jangkauan Anda agar berjalan dengan lancar.
* Manajemen (arahan), yang mendefinisikan bagaimana tugas dan pekerjaan dapat berfungsi dengan lancar sesuai dengan tujuan perusahaan.
* Pengawasan, yaitu kontrol atau pengawasan tugas dan kegiatan dalam konteks pekerjaan.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang pengertian supervisor diatas semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk teman teman sekalian. Terima Kasih.