Blog

Pengertian Social Media Marketing Menurut Para Ahli

Jumlah pengguna media sosial sekarang ini semakin meningkat, mulai dari usia anak-anak hingga dewasa seakan tak mau ketinggalan jaman. Taunya orang-orang media sosial memiliki dampak buruk terutama bagi anak-anak, padahal jika mereka pandai memanfaatkan peluang, media sosial bisa menjadi alternatif untuk mendatangkan uang. Hal ini telah dibuktikan dengan maraknya bisnis online yang banyak bertebaran di internet. Para pebisnis online menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran produk mereka, baik berupa barang maupun jasa. Nah, konsep pemasaran dengan bantuan media sosial ini disebut “Social Media Marketing”. Pingin tau lebih dalam mengenai apa itu Social Media Marketing ? Simak ulasan selengkapnya di bawah.

Pengertian Social Media Marketing Menurut Para AhliSocial Media Marketing merupakan cara pemasaran yang dinilai ampuh untuk membantu meningkatkan branding suatu bisnis. Selain itu, pemilihan media pemasaran melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook secara masif berpengaruh pada customer engagement, di mana pemilik usaha bisa mudah berinteraksi dengan customer, mengetahui respon customer, dan memperluas target pasar.

> Baca Juga :Syarat Dan Cara Daftar Iklan Atau Adsense YouTube

1. Susan Gunelius
Dalam buku karya Susan Gunelius yang berjudul “30 Minute Social Media Marketing” tahun 2010, Social Media Marketing diartikan sebagai sebuah bentuk pemasaran baik langsung maupun tidak langsung menggunakan social web seperti blog, microblog, social networking, social bookmarking, dan content sharing, yang mana bertujuan untuk membangun kesadaran, pengakuan, daya ingat, dan tindakan terhadap suatu merek, bisnis, produk, orang, atau lain sebagainya.

2. Tamar Weinberg
Menurut Tamar Weinberg dalam bukunya yang berjudul “The New Community Rules : Marketing on the Social Web”, terbit tahun 2009, mengatakan Social Media Marketing adalah kegiatan mempromosikan sebuah situs web, produk, atau layanan melalui saluran sosial online, sekaligus berhubungan dengan lebih banyak pengguna dan memanfaatkannya sebagai peluang untuk melakukan pemasaran modern.

3. Tracy L. Tuten
Pada buku “Advertising 2.0 Social Media Marketing in a Web 2.0 World” tahun 2008 karya Tracy L. Tuten, arti dari Social Media Marketing adalah sebuah bentuk promosi secara online yang memakai latar budaya dari komunitas sosial mencakup jejaring sosial, forum-forum diskusi online, dan lainnya.

4. Neil Patel
Sementara itu, menurut Neil Patel, Social Media Marketing merupakan upaya untuk menarik perhatian orang-orang agar tertarik dan terikat dengan konten yang dipromosikan.

5. Kim dan Ko
Dalam jurnal berjudul “Do Social Media Marketing Activities Enchance. Customer Equity? An Empirical Study of Luxury Fashion Brand” tahun 2012 karya Kim dan Ko, Social Media Marketing yaitu komunikasi dua arah antara pemilik brand dan pengguna pada media sosial guna membangun kesadaran terhadap merek mereka, meningkatkan brand value dan brand awarness, serta mengurangi pendapat-pendapat buruk tentang merek.

a. Entertainment/ Hiburan
Melalui media sosial, orang-orang mencari kesenangan dan pengalaman menyenangkan. Jadi, usahakan untuk menyajikan konten promosi yang menarik.

b. Interaction/ Interaksi
Interaksi media sosial merupakan komunikasi antara merek dan customer. Media sosial secara langsung maupun tidak langsung telah membantu customer dalam mencari informasi tentang produk atau merek, berinteraksi dengan pengguna lain, dan memberikan akses berbicara, bertukar ide dengan mudah.

c. Trendiness/ Trendi
Customer cenderung akan sering beralih ke berbagai macam media sosial untuk mendapatkan informasi terkini dan bersumber kredibel. Gunakan platform media sosial yang sedang digandrungi oleh semua kalangan dalam praktek Social Media Marketing.

d. Customization
Dalam dunia media sosial, customization mengacu pada postingan yang menargetkan pasar tertentu. Misalnya, postingan Facebook dengan target pasar beberapa orang yang sudah berteman, atau postingan dari Instagram yang target pasarnya bisa siapa saja yang tertarik.

e. Word of Mouth (WoM)
Word of Mouth atau WoM adalah pemasaran kata dari mulut atau orang-orang biasa menyebutnya dengan pemasaran getok tular. Word of Mouth merupakan aktifitas yang mana customer memberikan informasi tentang sebuah merek atau produk kepada customer lain. Media sosial berperan menghubungkan interaksi dan komunikasi antara customer satu dengan customer lainnya.
Word of Mouth adalah strategi pemasaran menggunakan komunikasi lisan, bisa berbentuk review atau memberi rekomendasi. Media sosial menjadi alat yang pas untuk mendukung kegiatan WoM, karena orang-orang bisa menyebarkan informasi mengenai suatu merek ke teman, saudara, rekan kerja, dan berbagai kenalan mereka dengan mudah dan tanpa ada batasan.

Berdasarkan beberapa pengertian Social Media Marketing menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa Social Media Marketing adalah sebuah kegiatan mempromosikan suatu merek beserta produk-produknya melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Blog, dan sejenisnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat!

> Baca Juga :9 Tugas Marketing Executive

Baca Kategory Artikel Kami Yang Lain nya :