Blog

Pengertian Sistem Operasi Menurut Ahli

Pengertian Sistem Operasi – Perangkat komputer tentunya tak lepas dari sistem operasi, karena sistem operasi yang memberi periintah sehingga perangkat keras dapat berfungsi, tanpa sistem operasi perangkat keras komputer ini tidak dapat digunakan sebagaimana fungsinya.

Jadi sepenting itu bukan sistem operasi ini. Mulai muncul pertanyaan, jadi apa yang maksud dengan sistem operasi ? Nah tidak perlu dibingungkan, karena dikesempatan ini seputarcaraku.com akan membagikan berbagi ulasan mengenai sistem operasi seperti Pengertian Sistem Operasi Secara Umum, Pengertian Sistem Operasi Menurut Ahli, Fungsi Sistem Operasi, Tujuan Sistem Operasi, Cara Kerja Sistem Operasi, dan Macam-macam Sistem Operasi Komputer. Berikut ulasannya.

Pengertian Sistem OperasiPengertian Sistem Operasi Secara Umum
Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan insruksi dasar yang bekkerja sebagai penghubung atau jembatan antara perangkat keras komputer dan pengguna komputer, sebagai pemasti bahwa sistem komputer telah berjalan sebagaimana sistem kerjanya secara optimal.

Setelah diatas membahas pengertian sistem operasi secara umum, maka berikut ini pengertian sistem operasi berdasarkan pendapat dari beberapa ahli.

Program dari perangkat komputer yang berfungsi sebagai pengendali hardware dan software dalam sebuah sistem kerja perangkat komputer pengguna.

Ali Zaki berpendapat bahwa sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang memiliki kemampuan untuk mengoperasikan perangkat komputer.

Sistem operasi menurut Haer Talib merupakan sebuah program utama yang saling berinteraksi lewat bahasa mesin yang umumnya disebut sebagai bahasa komputer.

Sistem operasi adalah suatu sistem yang merupakan salah satu bentuk dari perangkat lunak komputer yang bertujuan untuk mengontrol atau mengawasi seluruh aktivitas dan kegiatan yang dijalankan oleh perangkat komputer.

Sistem operasi ialah sistem yang perlukan oleh user sehingga seluruh program aplikasi dalam sebuah perangkat komputer dapat digunakan sebagaimana sistem kerja perangkat komputer pada umumnya.

Fungsi Sistem Operasi
Dengan merupakan salah satu perangkat lunak komputer, sistem operasi memiliki fungsi yang jika tanpa sistem operasi perangkat komputer tidak dapat dijalankan, fungsi tersebut sebagai berikut.

* Menjalankan Operasi Dasar

Sistem operasi sebagai sistem yang menjalankan perintah dasar yang ada pada perangkat komputer sehingga seluruh komponen komputer dapat berfungsi.

* Mengatur kerja hardware dan software

Sistem operasi sebagai pengontrol sistem kerja perangkat keras komputer seperto CPU, RAM, monitor, keyboard dan perangkat keras lainnya.

* Wadah program atau aplikasi

Sistem operasi ini sebagai media tempat penyimpanan semua program aplikasi yang terdapat dalam sebuah perangkat komputer.

Dengan sistem operasi dengan bantuan bahasa pemprograman dapat menghasilkan tampilan yang dapat disajikan dan dinikmati oleh para pengguna, tampilan tersebut bisa berbentuk digital atau print out sesuai keinginan pengguna.

* Mengkoordinasi kerja perangkat komputer

Selain memastikan semua komponen komputer saling terhubung sistem operasi juga mengkoordinir semua hal yang dilakukan oleh komputer itu sendiri.

* Mengoptimalkan fungsi perangkat komputer

Sistem operasi juga mengoptimalkan fungsi dari perangkat keras komputer seperti adanya pemberitahuan apabila ruang penyimpanan tidak memiliki kapasitas yang cukup lagi, atau pemberitahuan apabila suhu CPU sangat panas.

* Mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program

Sebagai pengontrol jalannya semua program komputer sehingga komputer dapat berfungsi sebagaimana sistem kerjanya yang optimal.

Tujuan Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sebuah perangkat lunak yang bertujuan untuk mempermudah dalam menggunakan perangkat komputer. Lebih luasnya sistem operasi memiliki tujuan untuk menempatkan berbagai sumber daya dengan cara yang efisien yang memanajer semua sumber daya dan menangani berbagai konflik permintaan atau instruksi.

Cara Kerja Sistem Operasi
Sistem operasi ini bekerja untuk menangani semua komponen komputer sehingga dapat saling terhubung dan dapat dijalankan sesuai fungsinya, sistem operasi ini sebagai pengontrol semua kerja komponen komputer dan memberi instruksi supaya perangkat keras dapat bekerja sebagaimana fungsinya. Dengan sistem operasi perangkat komputer sudah pasti bisa dijalankan. Sistem operasi ini juga bekerja untuk menampung semua peintah dan juga memberikan berbagai instruksi bagaimana semua komponen perangkat komputer dapat saling terhubung dan dapat bekerja sesuai fungsinya secara optimal.

Jenis – Jenis Sistem Operasi
Sistem operasi ini terbagi atas beberapa jenis berikut dibawah ini ringkasan pemahaman mengenai jenis sistem operasi.

1. Single user – Single Tasking

Maksudnya dalam sebuah sistem komputer hanya ada satu user dan hanya menjalankan satu program dalam satu waktu.

1. Multi User – Single Tasking

Dalam hal ini dalam satu komputer dapat digunakan oleh banyak user dan hanya memiliki kemampuan untuk menjalankan satu program dalam waktu yang sama.

1. Single User – Multi Tasking

Dalam keadaan ini, komputer hanya dapat digunakan oleh satu user dan memiliki kemampuan untuk menjalankan program dalam satu waktu.

1. Multi user – Multi Tasking

Sedangkan jenis sistem operasi yang satu ini merupakan jenis dimana komputer dapat digunakan atau dipakai oleh banyak user dan dapat pula menjalakan beberapa program dalam satu waktu juga.

Macam-macam Sistem Operasi Komputer
Sama halnya dengan program aplikasi, sistem operasi juga memiliki banyak contoh dan macamnya meski tak sebanyak program aplikasi. Berikut akan diulas beberapa contoh jenis sistem operasi.

Sistem operai windows yang paling banyak digunakan saat ini, meski tidak sedikit juga yang memakai sistem operasi lainnya. Microsoft windows memiliki kelebihan yaitu mudah diproses instalasi, aplikasi yang melimpah, dan user friendly.

Unix merupakan sistem operasi lawas yang menjadi cikal bakal terciptanya sistem operasi zaman sekarang, dengan berbagai tipe. Kelebihan dari sistem operasi ini adalah sistem operasi yang gratis tanpa batas dan tidak mudah untuk virus dapat menyerang.

Linux merupakan sistem operasi yang besifat open-source dimana pengguna dapat memodifikasi dan mendistribusikannya secara bebas. Dengan berbagai tipe dan memiliki kelebihan seperti perkembangan yang sangat pesat karena dikembangkan oleh banyak pihak, memiliki sifat yang open source dan tidak ada biaya lisensi.

MAC OS adalah singkatan dari Machintosh operating System yang hanya dapat digunakan oleh perangkat keluaran apple saja dengan kelebihan memiliki keamanan yang tinggi, stabil, tidak terkena virus dan memiliki tampilan anatar muka.

Merupakan sistem operasi pengganti DOS yang memiliki kelebihan seperti berkemampuan Modus terproteksi (Protected Mode), bertugas menjalankan berbagai kerja, mendukung pemakaian memori virtual.

Merupakan perangkat sistem operasi yang berkeluarga dengan sistem operasi UNIX yang terkenal di dunia dengan kestabilannya biasanya digunakan sebagai sistem operasi server.

Sistem operasi yang sangat ringan keluaran dari google bertugas dengan memakai metode swicthing dan windowing berbasis browser yang multitasking.

Sistem operasi yang merupakan turunan dari UNIX yang bekerja pada sistem intel, dengan kelebihan virus yang menyerang hanya sedikit, terdapat program yang gratis, mudah di kontribusisakan secara bebas.

Nah sekian ulasan mengenai uraian Pengertian Sistem Operasi, semoga dapat dipahami dan tentunya kita semua sudah mengetahui fungsi dari sistem operasi ini dalam komponen komputer, rajinlah membaca karena membaca merupakan jembatan ilmu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :