Blog

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli Dan Contohnya

Pengertian Sistem informasi manajemen (SIM) adalah sekelompok atau sekumpulan proses dimana data dapat diolah, dianalisis, dan ditampilkan supaya data tersebut menjadi berguna untuk kebutuhan pengambilan suatu keputusan. Sistem ini merupakan alat yang sangat berguna untuk menunjang dan mengendalikan operasi perusahaan. Sistem informasi manajemen juga bisa diartikan sebagai suatu sistem informasi menyeluruh dan terkoordinasi secara terpadu yang berupa data digital sebagai sebuah informasi melalui rangkaian cara tertentu sebagai sarana kontrol dan pengawasan untuk meningkatkan produktivitas yang sesuai target berdasarkan kriteria mutu yang telah ditetapkan.

1. 1. Menurut Bodnar dan Hopwood (1993) SIM adalah kumpulan perangkat keras (hardware) dan juga perangkat lunak (software) yang dirancang untuk dapat mengubah data menjadi informasi digital yang berguna. . Menurut Mc. Leod (1995) Sistem informasi manajemen didefinisikan sebagai sistem terkomputerisasi yang menyediakan informasi kepada banyak pengguna dengan kebutuhan yang sama. Layanan ini memberikan informasi tentang sesuatu yang telah, sedang dan kemungkinan akan terjadi di masa depan. Informasi yang tersedia dalam bentuk laporan berkala, laporan khusus dan keluaran dari simulasi matematis kemudian dapat digunakan oleh para pemimpin bisnis untuk proses analisis masalah dan penyelesaian serta pengembangan kebijakan. . Menurut James A.F. Stoner (1996) SIM didefinisikan sebagai metode formal yang menyediakan informasi akurat dan real-time kepada manajemen untuk memfasilitasi proses analisis dan pengambilan keputusan sehingga perusahaan dapat melakukan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi lebih efektif. . Menurut Turban, Waterbe dan McLean (1999) Dalam bukunya, Teknologi Informasi untuk Manajemen yang Membuat Koneksi untuk Keuntungan Strategi, sistem informasi manajemen adalah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang lebih spesifik. . Menurut Danu Wira Pangestu (2007) SIM dapat diartikan sebagai serangkaian interaksi dengan sistem informasi yang bertanggung jawab dan bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan mengelola data untuk menyediakan layanan informasi yang berguna bagi semua tingkatan manajemen dalam perencanaan dan pengendalian. Dari pengertian ini, secara umum, kita dapat mengartikan bahwa sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang lengkap dan terkoordinasi dalam bentuk data digital sebagai informasi melalui serangkaian sarana khusus sebagai sarana kontrol dan pengawasan untuk meningkatkan produktivitas sesuai dengan tujuan sesuai dengan kriteria kualitas telah ditetapkan. . Menurut Jones (2008) Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu sistem yang menangkap data suatu organisasi, menyimpan dan memelihara data, serta menyediakan informasi yang berguna bagi manajemen. SIM dapat dipandang sebagai suatu kumpulan subsistem yang menyediakan informasi untuk fungsi-fungsi seperti produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan keuangan. . Menurut Sutabri (2012) Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan sistem informasi dalam organisasi guna mendukung informasiinformasi yang dibutuhkan semua tingkatan manajemen dalam pengambilan keputusan. . Menurut O’Brien dan Marakas (2013) merupakan sistem pendukung manajemen yang menghasilkan laporan, tampilan, dan respon yang telah dispesifikasi secara periodik atau khusus berdasarkan permintaan dengan berbasis komputer yang bersifat wajib.

Dari pengertian-pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan suatu sistem pendukung manajemen yang mengolah data menjadi informasi yang menghasilkan sebuah laporan guna menjadi dasar pengambilan keputusan manajerial.

Pembahasan lainnya :

Sistem Informasi