Blog

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

34 Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)– Untuk kali ini izinkan kami menjelaskan pengertian tari menurut para ahli yang telah dirangkum dari beberapa sumber terpercaya. Silakan baca ulasan lengkapnya dibawah ini.

Mari kita bahas pengertian seni tari dengan seksama.

Seni tari merupakan gerak tubuh yang berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk kebutuhan pergaulan, pengungkapan perasaan, maksud dan juga pikiran. Selain pengertian tadi berikut ini adalah pengertian seni tari menurut beberapa ahli yang bisa dibaca selengkapnya dibawah ini

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
KBBI mengemukakan tari adalah gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diiringi dengan bunyi bunyian (musik, gamelan dan sebagainya)

2. Suadarsa Pringgo Broto
Suadarsa Pringgo Broto mengemukakan tari adalah ketentuan bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang.

3. Suryo
Suryo mengemukakan tari adalah ekspresi subyektif yang diwujudkan dalam bentuk obyektif.

4. K M A Theodora Retno Maruh
K M A Theodora Retno Maruh mengemukakan tari adalah suatu kesenian yang tidak akan pernah bersifat kontemporer baik yang pernah terlupakan sekalipun.

5. John Martin ( )
John Martin mengemukakan seni tari adalah gerak sebagai pengalaman yang paling awal dari kehidupan manusia

6.Susanne Langer ( )
Susanne Langer mengemukakan seni tari adalah gerak-gerak tubuh yang dibentuk secara ekspresif yang diciptakan manusia untuk dapat dinikmati.

7. Dr. J Verkuyl ( )
Dr. J Verkuyl mengemukakan seni tari adalah gerak-gerak tubuh dan anggotanya yang disusun sedemikian rupa, hingga berirama.

8. Franz Boas ( )
Franz Boas mengemukakan seni tari adalah gerak-gerak ritmis setiap bagian tubuh, lambaian lengan, gerak dari torso atau kepala, atau gerak-gerak dari tungkai serta kaki.

9. Margaret H’Doubler ( )
Margaret H’Doubler mengemukakan seni tari adalah ekspresi gerak ritmis dari keadaan-keadaan perasaan yang secara estetis dinilai, yang lambing-lambing geraknya dengan sadar dirancang untuk kenikmatan serta kepuasan dari pengalaman-pengalaman ulang, ungkapan, berkomunikasi, melaksanakan, serta dari penciptaan bentuk-bentuk.

10. Andre Levinson ( )
Andre Levinson mengemukakan seni tari adalah gerak tubuh yang berkesinambungan melewati ruang yang telah ditentukan sesuai dengan ritme tertentu serta mekanisme yang sadar.

11. S. Humardani
S.Humardani mengemukakan seni tari adalah ungkapan ekspresif dalam bentuk gerak yang ritmis dan indah

12. Soedarsono (1933)
Soedarsono mengemukakan seni tari adalah ungkapan eskpresif jiwa manusia dalam gerak-gerak yang indah dan ritmis.

13. La Meri ( )
La Meri mengemukakan seni tari adalah ekspresi simbolis dalam wujud lebih tinggi yang harus diinternalisasikan untuk menjadi bentuk yang nyata.

14. Waterman
Waterman mengemukakan seni tari terdiri dari gerak-gerak tubuh secara artistik yang secara kultural dipola serta distilasi.

15. Kamala Devi Chattopadhyaya ( )
Kamala Devi Chattopadhyaya mengemukakan seni tari adalah suatu insting atau desakan emosi di dalam diri manusia yang mendorong seseorang untuk menemukan ekspresi pada gerak-gerak ritmis.

16. M. A. Theodora Retno Maruh (1974)
M.A. Theodora Retno Maruh mengemukakan seni tari adalah karya seni yang tidak akan pernah bersifat kontemporer

17. Judith Lynne Hanna (1936)
Judith Lynne Hanna mengemukakan seni tari adalah plastis dari gerak yang visual terlihat sepintas.

18. Irmgrad Bartenieff dan Forrestine Paulay
Irmgrad Bartenieff dan Forrestine Paulay mengemukakan tari adalah bentuk seni ekspresionostis yang menggambarkan reaksi jiwa seseorang terhadap konflik dan masalah di dunia modern.

19. Kealiinomohoku
Kealiinomohoku mengemukakan seni tari adalah seni sesaay dari ekspresi yang dipertunjukkan dengan bentuk serta gaya tertentu lewat tubuh manusia yang bergerak di dalam ruang.

20. Walter Sorells
Walter Sorells mengemukakan seni tari adalah setiap mengoleng-olengkan tubuh dan anggotanya asal hal ini dilakukan dengan irama tertentu, ada yang diiringi musik dan ada yang tidak.

21. Hawkins
Hawkins mengemukakan seni tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah menjadi gerak oleh imajinasi si penciptanya.

22. Enoch Atmadibrata ( )
Enoch Atmadibrata mengemukakan seni tari adalah susunan sikap tubuh di dalam ruang, berlandaskan irama dan gerak.

23. Drs. I Gede Ardika (1945)
Drs. I Gede Ardika mengemukakan seni tari adalah sesuatu yang dapat menyatukan banyak hal hingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskan geraknya menurut caranya masing-masing.

24. Yulianti Parani (1939)
Yulianti Parani mengemukakan seni tari adalah gerak ritmis sebagian atau seluruhnya dari tubuh yang terdiri dari pola individual atau kelompok yang disertai ekspresi atau ide-ide tertentu.

25. Bagong Kussudiarja ( )
Bagong Kussudiarja mengemukakan seni tari adalah suatu seni yang berupa gerak ritmis yang menjadi alat ekspresi manusia.

26. Corrie Hartong ( )
Corrie Hartong mengemukakan seni tari adalah gerak-gerak badan yang diberi nuansa ritmis dan dilakukan dalam suatu ruang.

27. Curt Sachs ( )
Curt Sachs mengemukakan seni tari adalah pelafalan jiwa manusia melalui gerak berirama yang memiliki nilai estetika.

28. Atik Soepandi (1944)
Atik Soepandi mengemukakan seni tari adalah eskpresi jiwa manusia melalui gerak-gerak ritmis dan melodi yang indah.

29. John Weaver ( )
John Weaver mengemukakan seni tari adalah gerak-gerak teratur yang elegean, dibentuk secara harmonis dari sikap yang elok, dan melawan postur tubuh yang anggun

30. Judith Mackrell
Judith Mackrell mengemukakan seni tari adalah gerak-gerak tubuh yang ritmis, seiring dengan musik dan dilakukan dalam sebuah ruang, dengan tujuan mengekspresikan ide atau emosi, melepaskan energy atau hanya untuk kesenangan semata.

31. Aristoteles ( SM)
Aristoteles mengemukakan seni tari adalah gerak ritmis yang dapat menghadirkan karakter manusia saat mereka bertindak.

32. M. Jazuli
M.Jazuli mengemukakan seni tari adalah gerak-gerak tubuh yang selaras dan seirama dengan musik yang dapat digunakan untuk mengungkapkan maksud dan tujuan tertentu.

33. Soeryodiningrat
Soeryodiningrat mengemukakan seni tari adalah gerak anggota tubuh yang selaras dengan bunyi musik atau gamelan diatur oleh irama sesuai dengan maksud tujuan tari.

34. Drs. Wisnoe Wardhana dalam buku “Pengajaran Tari”
Drs. Wisnoe Wardhana mengemukakan tari adalah ekspresi estetis dalam gerak dengan media tubuh manusia.

Demikianlah penjelasan kita mengenai34 Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bisa bermanfaat untuk kalian dan bisa menambah pengetahuan. Terimakasih telah berkunjung, ikuti terus update terbaru.