Blog

Pengertian Seni Musik Secara Umum

Home » Seni Budaya » Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musikadalah sebuah cabang seni yang mempunyai fokus menggunakan sebuah melodi, irama, harmoni, tempo, serta menggunakan sebuah vocal yang mempunyai peran sebagai sarana penyampaian perasaan sang seniman.

Itulah sekilas mengenai pengertian dari seni musik. Beberapa materi lain dari seni budaya mungkin kamu sudah paham ya, semua berkaitan dengan seni.

Musik sendiri adalah hal yang sudah sangat umum dibicarakan oleh khalayak, musik sendiri menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sejarahnya, musik sudah ada sejak dahulu kala. Sedikit info saja, bunyi yang dihasilkan dari tulang beruang akan dijadikan sebagai alat musik yang merdu.

Tidak perlu bertele-tele berikut adalah beberapa ulasan mengenai definisi dari seni musik baik secara umum, menurut para ahli dan beberapa tambahan lainnya. Simak ya!

Seni Musikberasal dari dua kata penggabungan yaitu “seni” dan “musik”. Arti kata seni adalah sebuah ciptaan ataupun sebuah rasa manusia yang dituangkan dalam sebuah sarana atau media.

Sedangkan, musik sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu “mousikos” yang mana melambangkan dewa keindahan yang memiliki kekuasaan di bidang seni dan keilmuan.

Jadi, secara umum pengertian seni musik adalah cabang seni yang mempunyai fokus menggunakan sebuah melodi, irama, harmoni, tempo, serta menggunakan sebuah vocal yang mempunyai peran sebagai sarana penyampainya perasaan sang seniman.

Penjelasan mengenai definisi seni musik dari kami theinsidemag.com sudah cukup bermanfaat bukan di dalam penjelasan ini?

Adapun berikut adalah pengertian seni musik menurut para ahli lengkap yang harus kamu tahu:

1. Aristoteles
Menurut Aristoteles, definisi seni musik adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (melodi) yang memiliki irama.

2. Adjie Esa Poetra
Menurut Adjie Esa Poetra, pengertian seni musik adalah sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, melainkan juga diakui selaras yang berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika.

3. Banoe (2003 : 288)
Menurut Banoe, musik berasal dari nama Dewa Muse (dewa dalam mitologi Yunani Kuno). Dewa ini mewakili cabang seni dan ilmu pengetahuan.

Selain itu, Banoe berpendapat bahwa definisi seni musik adalah cabang seni yang menjelaskan tentang berbagai macam suara dalam pola yang dapat dipahami oleh manusia.

4. Dello Joio
Menurut komponis asal Amerika ini menyatakan bahwa mengenal musik bisa menambah pengetahuan dan pandangan, selain juga mengenal banyak hal lain di luar musik.

Pada pengenalan terhadap musik, ini akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi.

5. David Ewen
Definisi seni musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal maupun instrumental yang mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

6. Jamalus (1988 : 1)
Pengertian seni musik adalah sesuatu yang membuahkan hasil karya seni, berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan fikiran serta perasaan penciptanya lewat unsur-unsur seni musik. Yaitu irama, melodi, harmoni, serta bentuk atau susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

7. Sylado (1893 : 12)
Definisi seni musik adalah suatu wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelasnya ia mengatakan bahwa alunan musik dan nada yang berjiwa dapat menggerakan isi hati sang penikmatnya.

8. Lexicographer
Definisi seni musik adalah ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan apa saja yang mungkin, namun khususnya yang bersifat emosional.

9. Schopenhauer
Menurut seorang filsuf asal Jerman, pengertian seni musik adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta.

10. Suhastjarja
Beliau merupakan dosen senior di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, tamatan Peabody Institute Amerika.

Menurutnya, definisi seni musik adalah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat, tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni serta memiliki suatu bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya sehingga dapat dimenegerti dan dinikmatinya.

11. Wikipedia
Menurut Wikipedia definisi seni musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa hingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

12. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Menurut KBBI, definisi seni musik adalah ilmu yang menyusun nada atau suara ke dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi atau susunan yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Fungsi Seni Musik

Adapun berikut adalah 4 fungsi seni musik yang harus kamu tahu:

1. Sarana Ekspresi Diri
Musik lebih mudah memberikan berbagai ekspresi ungkapan perasaan pemainnya. Selain itu nada-nada yang ada dalam musik juga mewakili ekspresi yang dikeluarkan.

Seperti ekspresi ketika perasaan sedih, nada yang dibunyikan adalah nada yang bertempo lambat dan halus, sedangkan bahaga dibunyikan dengan tempo yang menggebu-gebu.

2. Sarana Terapi
Musik sebagai sarana terapi sudah dikenal sejak perang dunia ke II untuk mengobati para korban dalam peperangan.

Sampai saat ini juga penyakit mental atau kelumpuhan organ tubuh menggunakan terapi dengan musik, karena musik mampu menyegarkan kembali sistem kerja otak.

3. Sarana Hiburan
Musik merupakan pilihan yang tepat untuk hiburan. Bahkan setiap orang memerlukan musik untuk selalu menjaga moodnya tetap stabil.

Namun, musik juga dapat melalaikan orang dari aktivitas sehari-harinya jika tidak digunakan dengan efektif.

4. Sarana Upacara
Upacara-upacara di Indonesia seperti upacara kenegaraan, keagamaan, perkawinan, kelahiran dan kematian pada umumnya menggunakan iringan dari seni musik.

Di beberapa daerah juga ada yang meyakini bahwa alat musik memiliki kekuatan magis.

Contoh Aliran Seni Musik

Adapun beberapa macam-macam bentuk aliran seni musik adalah sebagai berikut:

* Musik Jazzadalah penggabungan dari berbagai jenis musik seperti ragtime, blues, dan musik band.
* Musik Klasikadalah musik yang bersumber dari tradisi eropa, orkestra, dan musik gereja.
* Musik Bluesadalah musik yang berkembang di lingkungan afro-amerika dan menjadi dasar lahirnya berbagai aliran musik lain.
* Musik Gospeladalah bentuk musik yang lahir di kegiatan kerohanian kristen dengan suara vokal yang mendominasi.
* Musik Punkadalah musik yang digunakan untuk mengekspresikan kehidupan sosial.
* Musik Rhythm and Blues (RnB)adalah musik yang lahir di masyarakat afro-afrika.
* Musik Tradisionaladalah musik yang tercipta dari tradisi sekelompok masyarakat pada suatu daerah dengan alat sederhana.
* Musik Rockadalah perpaduan dari berbagai jenis aliran musik yang irama dan dentumannya sangat khas dan keras.
* Musik Dangdutadalah musik asli Indonesia yang diminati oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan.
* Musik Popadalah musik yang berirama lembut dengan banyak unsur cinta di dalamnya.

Itulah beberapa contoh-contoh aliran musik yang sudah mendarah daging di dunia ini. Sudah paham bukan materi tersebut?

Nah, diatas merupakan beberapa penjelasan lengkap mengenai pengertian seni musik beserta dengan beberapa penjelasan lainnya. Semoga bermanfaat!

Originally posted :31:38.