Blog

Pengertian Seni Menurut Ensiklopedia Indonesia

Signifikansi SENI

– Dia tahu segala apa signifikansi seni? Sekiranya kamu pikir, seni itu sebatas soal yang sani-luhur saja, boleh jadi ada baiknya kamu telaah pengertiannya menurut para ahli. Biar beliau bisa lebih kerumahtanggaan mengenal dan memahami segala apa sebenarnya definisi serta penjelasan mengenai seni itu sendiri.

Tidak bisa kita nafikkan bahwa seni sudah menjadi bagian dari spirit manusia sejak zaman pra ki kenangan hingga hari ini. Seni tinggal melekat sekali dalam jiwa manusia, tidak bisa terpisahkan dan dipisah-pisahkan. Karena turunan merupakan juga seni; Maha karya Tuhan YME.

Ada banyak sekali jenis – jenis seni di sekitar kita. Lebih-lebih mungkin ada peristiwa – hal biasa nan sepantasnya yaitu seni.

Di antara rangka – susuk seni adalah (1) seni yang bisa dinikmati melalui pendengaran disebut audio art; contohnya seni nada, fusi suara, puisi lama, dan puisi. (2) seni yang dapat dinikmati dengan alat angkut rukyah disebut visual art; contohnya poster, lukisan, mosaic, seni beladiri, seni tari, dll. (3) seni yang dapat dinikmati dengan alat angkut pendengaran dan rukyat disebut audio visual art; contohnya pertunjukan musik, bioskop, sandiwara bangsawan, pagelaran wayang, dll.

Seni suntuk luas dan bermacam – macam fasetnya. Karena setiap orang memiliki pandangan masing – masing terhadap seni; analoginya seperti mana orang buta nan menjelaskan mengenai gajah. Bila orang buta itu meraba belalainya, maka dia akan mengartikan bahwa gajah itu panjang, tetapi bila meraba bodi besarnya maka orang buta tersebut akan berkesimpulan bahwa gajah itu besar, dl.

Oleh karena keterikatannya dengan manusia dan kembali perbedaan pandangan yang sudah disebutkan barusan, menjadikan seni sangat menarik untuk dibahas. Sekaligus bakal menjawab rasa penasaran para pembaca mengenai segala apa itu seni? Segala apa itu seni menurut para tukang

Yuk simak langsung penjelasan dan definisi seni berikut ini.

Seni Menurut Aristoteles

madhur410.deviantart.comAristoteles, teoretikus sumber akar Yunani yang hidup seputar waktu 300 sebelum Masehi itu, dandia ialah murid dari Alexander Agung.berpendapat kalau
“seni adalah gambar yang pengungkapannya dan penampilannya tidak perhubungan berleleran dari kenyataan dan seni itu adalah ki belajar pataka.”Jadi menurut versi Aristoleles, seni yaitu tulang beragangan peniruan terhadap tunggul.

Menurut salah satu teoretikus populer berpokok Yunani ini karya seni adalah wujud artistik dari hasil estetika disertai dengan

chatarsis

, Chatarsis koteng merupakan ekspose seluruh manah yang dicurahkan keluar nan lagi dibarengi galakan yang menjatah wujud spesifik plong perhatian tersebut dan kemudian itu ditiru berbunga yang ada di alam kenyataan.

Secara singkat Aristoteles menjelaskan bahwa “Seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus kamil”. Selain menulis mengenai seni dia juga menulis beberapa subjek yang farik, termasuk diantaranya, puisi, logila, retorika, fisika, metafisika, biologi, kesukuan, politik, pemerintah dan sekali lagi zoologi.

Aristoteles dianggap sebagai satu dari tiga orang filsuf yang punya kekuasaan di pemikiran barat selain dari Socrate dan juga Plato.

Berikut adalah beberapa quotes / kutipan yang menyejarah hingga ketika ini,

> Siapa cuma bisa marah – itu mudah, tapi berang kepada orang yang tepat dengan kadar yang tepat pada hari nan tepat dan untuk tujuan yang tepat, dan dalam kaidah yang benar – kekuatan tersebut tidak dimiliki siapapun dan itu tidaklah mudah. (Aristoteles)

Kita yakni apa yang kita lakukan berulang-ulang. Maka, KUALITAS, bukanlah sebuah tindakan, melainkan sebuah kebiasaan. (Aristoteles)

Beliau tak akan kekeluargaan melakukan barang apa-segala apa di dunia ini tanpa keberanian. Itu adalah kualitas terbesar berpokok pikiran setelah kehormatan. (Aristoteles)

Semua tindakan manusia memiliki satu maupun lebih dari tujuh sebab berikut ini: kesempatan, bendera, dorongan, rasam, akal, gairah, keinginan. (Aristoteles)

Harapan dari orang bijak adalah bukan bikin mendapatkan kesukaan, tapi cak bagi menghindari rasa sakit. (Aristoteles)

Anak adam berpendidikan berlainan dengan mereka nan tak berajar, sebagai halnya halnya perbedaan khalayak kehidupan dengan individu sepi. (Aristoteles)

Semua bani adam secara alami mendambakan permakluman. (Aristoteles)

Kesenangan dalam menjalankan tugas mengasihkan keutuhan dalam pekerjaan. (Aristoteles)

Oh, ya, kutipan yang menggugah sekali lagi termasuk seni. Kenapa? Karena tulisan / bahasa yang mengaryakan diksi bagus rata-rata menjadi sebagai halnya tembang / puisi, di mana syair dan tembang teragendakan kepada keseleo satu jenis seni nan paling diminati oleh semua orang, karena bahasa merupakan ekspresi jiwa yang akan ikut ke dalam jiwa orang yang mendengarkannya.

Denotasi Seni Menurut Immanuel Kant

lukeoffield.bandcamp.comPerkenalan awal Immanuel Kant yang merupakan filosof asal Jerman
pada abad ke-18 yang memiliku pengaruh raksasa bagi dunia intelektual,selain di manjapada intelektual ia lagi merambah ke etika polotik, metafisika, teologi hingga estetika.\u yang secara mendalam mempengaruhi epistemologi selanjutnya.

seni yakni sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

Menurut Kant, seni harus dibedakan dari alam. Sebab hasil seni cak bagi terpuaskan menjadi karya dan duaja yakni sebuah operasi
(effectus).

Selain itu, Kant pun berpendapat kalau seni farik dengan kerajinan tangan
(craft), sebab seni berwatak bebas provisional kerajinan tangan sifatnya didasarkan puas industri.

Pemikiran Immanuel Kant cukup rumit, dan itu dikarenakan dua alasan, Pertama, Kant merombak semua filsafat yang terserah sebelumnya dan membangunnya menjadi baru, Filsafat berasal Kant seorang dinamai Kritisme bakal menyandingkannya dengan Dogmatisme.

Diseminasi filsafat Kant juga sering dibandingkan dengan revolusi pandangan dunia Copernicus, yang mematahkan pemikiran atau pandangan bahwa bumi berbentuk datar.

Kant juga mewujudkan penemuan ilmu perbintangan yang sangat terdahulu, yaitu penemuan mengenai kebiasaan rotasi mayapada, yang membentuk Kant memenangkan Berlin Academy Prize di hari 1754.

Definisi Seni Menurut Ki Hajar Dewantara

linkedin.comBab Hajar Dewantara adalah pelopor pendidikan masyarakat Indonesia momen ada pada jaman Kolonialisme kompeni Belanda. Ki Hajar lahir puas tanggal 2 Mei 1889 di Daerah tingkat Yogyakarta, yang kemudian periode kelahirannya itu diperingati oleh publik Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Ki Hajar Dewantara yang caruk disebut sebagai Bapak Pendidikan Kewarganegaraan punya definisi khusus akan halnya seni. Menurutnya
seni adalah hasil kegantengan nan bisa menggerakkan perasaan sani hamba allah yang melihatnya.

Oleh akhirnya menurut Burik Hajar Dewantara, perbuatan manusia nan dapat menimbulkan perasaan indah dapat dikategorikan sebagai seni.

Capuk Hajar permulaan mana tahu sekolah di ELS yang menjadi Sekolah Dasar untuk anak-anak asuh Eropa/Belanda dan para bangsawan. Selepas bermula ELS kemudian melanjutkan pendidikan di STOVIA yaitu sekolah untuk pendidikan dukun pribumi di Batavia, yang sekarang ini kita kenal dengan nama fakultas kedokteran Universitas Indonesia.Hanya, walaupun sekolah di sana Pintu Hadjar Dewantara enggak menamatkan pendidikannya karena nyeri saat itu.

Bab Hajar Dewantara pernah bekerja seumpama wartawan di bilang surat kabar lega masa itu, seperti Oetoesan Hindia, De Expres, Midden Java, Tjahaja Timoer dll, dan kecenderungan coretan terbit capuk Hajar Dewantara seorang makin mencerminkan arwah anti kolonialisme atau kolonial.

Seni menurut Ilustrator Drs Sudarmaji

articulo.mercadolibre.com.arDrs. Sudarmaji adalah seorang ilustrator serempak kritikus seni rupa. Menurutnya,
seni yaitu segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media parasan, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

Sudarmaji nan kelahiran Cilacap, pada tanggal 2 Januari 1934 itu dikenal bagaikan Dosen Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta. Selain itu, ia pernah menjadi Ketua Dewan Kesenian Jakarta pada .

Seni privat Konotasi Alexander Baumgarten

es.slideshare.netAlexander Baumgarton Lahir di Berlin, Jerman. Dan merupakanAnak ke-5 dari 7 bersaudara.Menurut Alexander Baumgarten yang merupakan pemikir Jerman nan hidup di tahun 1700-an,
seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

Alexander Baumgarten dikenal andai basyar yang pertama bisa jadi menggunakan kata “estetika” di tahun 1735.

Filosofinya sangat teruit oleh Gottfried Wilhem Leibniz ( ), seorang pakar filsif dan matematika darii Jerman. Dan pula ia banyak ki terdorong oleh Christian Wolff (1679 – 1754), pemikir pecah jerman yang dikenal dengan pemikirannya yang konsekuen dan sistematis.

Ia mengambil gelar doktor sreg September musim 1735, ketika menginjak kehidupan 21 masa, dengan tesis Mediationes Philosophicae de Nonnulis ad poema pertinentibus : dimulai mulai sejak sinilah kata Aesthetic atau estetika bakal pertama kali muncul sebagai keunggulan dari sebuah sains individual.

Seni Menurut Prof Suwaji Bastomi

tokobajurasya.comSeni, menurut Prof Suwaji Bastomi,
yakni aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan internal bentuk agung yang memiliki daya membangkitkan rasa takjub dan haru.

Suwaji Bastomi adalah seorang dosen kelahiran 9 Juli 1933 yang berkiprah di IKIP Semarang.

Definisi Seni ala Popo Iskandar

bulanlifestyle.wordpress.comPopo Iskandar adalah seorang pelukis kenamaan Indonesia. Pria ini kelahiran Garut, 17 Desember 1927. Engkau juga tercatat andai dosen di Fakultas Seni Rupa ITB ( ) dan dosen di IKIP Bandung ( ).

penghargaan nan sangkut-paut di peroleh popo iskandar:

1. Hadiah Horison lakukan kategori sampul majalah terbaik (1969)

2. pujian Keanggotaan segolongan semangat di Akademi Jakarta bersumber periode . Kasih Seni Repulik Indonesia (1980)

Menurut seniman ini, ”seni yaitu hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada turunan lain privat kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.”

Popo iskandar adalah seseorang yang masuk kedalam deretan pelukis terkemuka nan tunak pada kodratnya bekerja untuk melahirkan sebuah karya-karya seni lukis. popo iskandar berpameran retrospektif di ruang pameran Cak regu pada tanggal 26 September sampai dengan 1 Oktober ’1978.

seniman popo iskandar yakni sebuah tanggungan seorang pelukis terhadap usahanya sejauh ini, sekitar 35 tahun, seperti berhenti sejenak simultan melihat ke masa panjang nan sudah beliau lalui. beliau membuat semua karya karyanya sejak periode 1949 sampai waktu 1978, hasil karya seninya sebanyak 45 buah lukisan dan 30 sketsa, yang masih disimpan (sempat diselamatkan) dan suka-suka yang dipinjam dari berbagai tulangtulangan ataupun perorangan.

karya karyanya rapat persaudaraan senada dengan seorang seniman Affandi, tahun 1974 di wadah yang sebabat. Privat pengantar pertanggung-jawaban itu Popo Iskandar menyatakan, “Ada dikatakan anak adam, bahwa sendiri artis seakan meraih dalam ketaksaan. Seni adalah hasil pertumbuhan di mana si seniman seorang tidak mengerti sejak awal bagaimana hasil akhir karyanya. Akan belaka apalagi karena seni adalah urut-urutan, bukanlah dalam usahanya untuk mengenal dirinya koteng secara mendunia suka-suka baiknya bikin mengenal wajah -muka dirinya di masa-perian yang lampau”.”

Kata Arthur Schopenhauer mengenai Seni

luchte.wordpress.comArthur Schopenheur ini adalah seorang Filsuf yang lahir dari anak bini pemanufaktur fertil raya.

Beliau ini merupakan seorang filsuf Jerman nan meneruskan adat istiadat makulat pasca-Kant. Pada terlepas 22 Februari 1788 ia di Danzig, Polandia. Famili Schopenhauer sangat kental dengan tradisi awam Belanda.

Arthur Schopenhauer berpendapat kalau
seni adalah barang apa usaha kerjakan menciptakan rang-kerangka yang menyenangkan.

Schopenhauer merupakan filsuf asal Jerman yang menjadi penerus tradisi metafisika setelahKant.

Orang tuanya, Heinrich Floris Schopenhauer (1747 – 1805) dan Johanna Schopenhauer ialah seorang pemanufaktur sukses yang mengontrol keluarganya dengan gaya komersial. Cap Arthur Schopenhauer menyantirkan luasnya jaringan si ayah dalam perbelanjaan internasional, sehingga Heinrich memilihkan nama cak bagi anak pertamanya itu dengan gabungan kosa kata berbunga bahasa Jerman, Inggris, dan Perancis.

Pada bulan Maret 1793, saat Schopenhauer masih berusia 5 hari, keluarganya pindah ke Hamburg, sesudah Danzig dukuasai oleh Prussia.

Schopenhauer juga sorang traveler yang pelalah mengerjakan kunjungan wisata ke bermacam rupa negara yang ada di Eropa. Puas masa 1797 – 1799 sira tinggal di Perancis, dan di musim 1803 tahu adv amat sebentar di Inggris. Kondisi inilah yang memungkinkan Schopenhauer cak bagi mempelajari bahasa dari negara-negara yang pernah dikunjunginya. Internal sebuah diarynya Schopenhauer hubungan mengatakan bahwa tinggal di Perancis yakni asam garam paling menyenangkan. Walaupun sejak kecil sang ayah sudah mendidiknya dengan memikul. Namun selama dua masa Schopenhauer menirukan kursus dan magang komersial di Hamburg, Sehingga dia merasa bisnis bukanlah jalan usia yang sesuai untuknya. Pada usia 19 tahun, Schopenhauer memutuskan bakal mempersiapkan diri masuk sebuah institut. Pada tanggal 20 April 1805 si ayah meninggal dunia akibat matikan diri. Sehingga menjadikan perian itu misal perian menyedihkan bagi Schopenhauer, karena, yang diduga abadi akibat bunuh diri.

Pendapat Seni ala Koentjaraningrat

fkai.orgKoentjaraningrat yang dikenal sebagai antropolog terkenal Indoensia, punya pengertian partikular mengenai seni. Menurutnya,
seni adalah suatu kegandrungan dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan ordinansi dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari bani adam dalam awam dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

prof Dr Koentjaraningrat terhibur bidang guna-guna antropologi sejak menjadi asisten Prof GJ Held, guru besar antropologi di Universitas Indonesia, yang mengadakan penelitian pelan di Sumbawa. Sarjana Sastra Bahasa Indonesia dari Perguruan tinggi Indonesia 1952, ini meraih gelar MA antropologi dari Yale University, AS, 1956 dan Doktor antropologi dari Universitas Indonesia, 1958.

Pak Koentjaraningrat yakni pelecok satu orang merintis berdirinya sebelas jurusan antropologi di bilang universitas di Indonesia. Cendekiawan yang mempunyai kemahir privat bersopan santun Belanda dan bahasa Inggris ini juga sangat tekun batik. Bilang karya tulisnya sudah menjadi rujukan bagi dosen dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Ia banyak menulis adapun perkembangan antropologi Indonesia. dari tahun 1957 sampai 1999, beiau sudah menghasilkan puluhan buku dan ratusan artikel.

Melalui beberapa tulisannya, beliau mengajarkan pentingnya bakal mengenal masyarakat dan kebudayaan indonesia.Buah pikirannya sudah di rangkum n domestik pusat yang kerap dijadikan acuan beberapa penelitian mengenai kondisi sosial masyarakat, budaya, dan keragaman Indonesia, baik oleh para mahasiswa Indonesia maupun asing.

Keseleo suatu bukunya nan menjadi rujukan kerjakan pembelajaran para mahasiswanya merupakan Koentjaraningrat dan Antropologi Indonesia, buku itu diterbitkan plong masa 1963. Internal kunci itu, diceritakan kegiatan Prof Dr Koentjaraningrat internal menimba hobatan. Kembali di dalamnya, anda menjadi pentolan sendi dalam perkembangan antropologi.

Pemikiran Leo Tolstoy terhadap Seni

mosaicmagazine.comLeo Tolstoy yang dikenal sebagai sastrawan asal Rusia yang hidup di perian 1800-an sampai awal 1900-an punya pemikiran tersendiri mengenai seni. Menurut penulis novel Anna Karenina itu,
seni merupakan idiom perasaan perakit yanng disampaikan kepada khalayak enggak agar mereka dapat merasakan barang apa yang dirasakan pelukis.

kamu kembali dikenal umpama filsuf tata krama dan reformator sosial. kisah leo detik terjadi perang revolusi sosial, dimana para individu berlimpah dari kerubungan ningrat spirit intern peristiwa mewahan dan selalu berpesta pora. Tentatif semua kaum petani dan lainnya yang miskin hidup dalam keadaan sengsara.

saat berusia 16, Tolstoy pidato di Univ. of Kazan, untuk mempelajari bahasa dan hukum, namun karena bosan ia keluar dari sekolah. Meski demikian, karena parasan pinggul pendidikan hukum mewujudkan Tolstoy menjadi memafhumi praktek- praktek kehidupan yang melayang. Pertuanan, bangsawan kaya yang hidup privat keglamoran, ternyata tidak selamanya memperoleh semua khasanah itu dengan kaidah yang benar.

Tolstoy masuk kepelatihan tentara pada hari 1851 dengan menggabungkan diri puas tentara Kaukasia dan ikut kerumahtanggaan perang Krim. Dia keluar pecah laskar pada 1855 untuk mengembangkan kemampuannya privat bidang sastra di St. Petersburg. Melangkaui minat dan bakatnya yang besar dalam penulisan, Tolstoy mengedepankan keluhan-ganjalan para kaum tertindas dalam karya-karyanya yang luar biasa. di Dalam tulisannya sangat nampak riil

ungkapan-ungkapannya mengenai prinsip kekristenan secara mendalam. Novel pertamanya yang berbentuk autobiografi yaitu “Childhood, Boyhood, dan Youth” mengobrolkan akan halnya anak seorang tuan tanah berkecukupan nan perlahan mencatat perbedaan antara dirinya dengan antitesis-temannya yang mulai sejak dari golongan petani.

Seni Menurut Sudjojono

ssudjojonocenter.comSudjojono adalah seorang pelukis asal Sumatera Utara nan roh di waktu 1913 sampai 1985. Menurut tokoh yang sering dijuluki sebagai Kiai Seni Rupa Indonesia Modern ini,
seni yakni barang ekspresi jiwa, seni tanpa atma laksana masakan tanpa garam.

Julukan buya Seni Rupa Indonesia Berbudaya ini diberikan purwa kali karena sudjojono adalah artis purwa dari Indonesia yang memperkenalkan Kemodernan seni rupa Indonesia dengan konteks kondisi faktual bangsa Indonesia.

Ia sempat mengabdi menjadi seorang guru di Taman Siswa setelah kelulusan dari Ujana Master di perguruan yang didirikan oleh Pintu Hajar Dewantara itu. Ia ditugaskan oleh Bopeng Hajar Dewantara untuk menyingkapkan silang sekolah yunior di negeri Rogojampi, Banyuwangi hari 1931.

Ketika menjadi guru ia merubah pemikiran nya ingin menjadi seorang pelukis. puas tahun 1937, beliau ikut beberapa pameran bersama ilustrator Eropa di Bataviasche Kunstkring, Jakarta.

Seni Didefinisikan Menurut Dataran tinggi dan Rousseau

alias filsuf mulai sejak barat lagi banyak yang mendefinisikan segala itu seni. Dan menurut Plato dan Rousseau seorang filsuf atau ilmuwan barat ini mendefiniskan bahwa
“seni merupakan hasil berpunca mimikri umbul-umbul terbit berbagai seginya.”

Menurut kedua ahli pikir tersebut bahwasannya seni yang dibuat makanya sesorang seni merupakan tiruan yang dilihatnya nan kemudian dilukis dengan keahliannya dari berbagai segi yang menghasilkan suatu karya yang dempang mirip sebagaimana aslinya.

Rousseau ialah salah satu tokoh paling berkarisma di prancis. Jean-jacues Rousseau dilahirkan di Jenewa, Swiss, filosof populer Jean-Jacques Rousseau ini. Malang menghampiri, bundanya hembuskan napas teraklrir lain lama sesudah melahirkannya.

Rupanya, nasib buruk masih terus membuntuti: di umur sepuluh tahun ayahnya diusir dan memencilkan Jenewa dan hiduplah Rousseau seorang diri. Kemudian Rousseau koteng meninggalkan Jenewa tahun 1728 ketika umurnya tiba heksa- belas tahun.

Bertahun Rousseau masyarakat seawam-awamnya, tak terkenal namanya samasekali, berkelana berasal satu tempat ke gelanggang tak, dan berkreasi di satu palagan dan pindah kerja di tempat lain.

Di sela-sela itu dia terbabit percintaan dengan banyak wanita, antara lain dengan Therese Levasseur yang ujungujungnya punya lima anak di luar perkawinan.

Sira tempatkan kelima anak itu di penginapan anak-anak yang tidak ketahuan bapak-ibunya. (Tatkala usianya hingga ke panca desimal tahun, Therese dinikahinya khusyuk).

Denotasi Seni Menurut Ira Andriati, M.Sn

mybloganngamynew.blogspot.comTentu setiap orang memiliki pendapat sendiri tentang barang apa itu seni? Seperti yang diartikan oleh ahli seni berasal Indonesia merupakan Ira Andriati, M.Sn
“Seni yaitu sebuah proses dan produk internal melembarkan sedang, satu mindset ordinansi untuk memperalat sedang itu.”

Dalam lanjutan seni menurut Ulas Andriati
“Suatu set biji-nilai itu nan menentukan apakah yang pantas dikirimkan melalui ekspresi lewat medium itu, kerjakan mengutarakan baik itu sensai, gagasan, kepercayaan, maupun perhatian dengan mandu nan seefektif mungkin.”

Pendapat Seni Menurut Chatrin Muler

creativoltz.blogspot.com“Seni merupakan sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang nan dihasilkan dari unsur rasa.”

Pendapat tersebut dikemukakan oleh filsuf dasar barat nan bernama Chatrin Muler.

Menurutnya hasil seni yang dibuat oleh para seniman merupakan sesuatu nan dihasilkan dengan unsur rasa yang para seniman rasakan saat melukis suatu lukisan yang engkau inginkan.

Seni Menurut Harry Sulastianto

Sulastianto berpendapat bahwa seni budaya misal kepiawaian dalam mengekspresikan berbagai macam ide dan pemikiran estetika, termasuk internal menciptakan menjadikan segala apa kemampuan dan imajinasi rukyat akan suatu benda dan suasana.

Ya, itulah sehelai penjelasan dan signifikansi seni menurut para tokoh baik dari dalam ataupun asing kewedanan. Diharapkan dengan pengertian ini kamu cak bagi makin mengarifi segala apa itu definisi seni.

Konotasi Seni Menurut Ensiklopedia Indonesia

Pinterest.comEnsiklopedia Bahasa Indonesia mengartikan seni bak ciptaan berpunca segala hal, karena keindahannya hamba allah senang bagi menyibuk ataupun mendengarkannya.

Pengertian seni menurut Bahasa Sansakerta dan Padmaphuspita

Seni ternyata bersumber dari Bahasa Sansakerta Mulia yang bisa diartikan sebagai pengultusan, pelayanan, dan persembahan. Kata itu berkaitan dan berkelindan erat dengan salah satu upacara keagaam yang disebut kesenian. Sedangkan menurut Padmaphuspita, seni bermula dari bahasa belanda ialah Genie yang dalam bahasa latin yaitu Genus; artinya adalah kemampuan yang luar biasa, kemampuan nan dimiliki, kemampuanyang dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut riuk satu kajian ilmu di Eropa menyebutkan bahwa Art (seni internal bahasa inggris -sj) mempunyai makna artivisual; ialah suatu media yang bisa mengamalkan aktifitas – aktifitas tertentu.

Pengertian seni menurut Irma Damayanti, M. Sn

Devianart.comIrma Damayanti M. Sn hubungan memberikan satu gagasannya adapun pengertian seni. Menurutnya seni bisa dilihat melangkaui berbagai kreatifitas insan dan intipati ekspresinya. Memang seni dahulu sulit sekali dijelaskan, diungkapkan, diutarakan, juga sulit sekali cak bagi dinilai. Kenapa? Karena setiap individu (seniman) memilih dan punya penunjuk sendiri – seorang yang menuntun mereka dalam berbuat pekerjaannya.

Pengertian seni menurut Sartono Kartodjirjo

pixabay.comSartono Kartodjirjo memberikan pengertian seni sebagai sebuah sistem yang terintegrasi (berhubungan, bersangkut paut -sj), karena seni dapat menjalankan komunikasi dengan secara efektif, ialah melalui bagiannya cuma bisa menunjukkan secara mendunia.

Signifikasi seni menurut Ahdian Karta Miharja

situsguru.wordpress.comMenurut Ahdian Karta Miharja seni merupakan barang apa bentuk aktifitas jiwa / rohani yang merenungkan dunia riil (kenyataan) intern sebuah masterpiece alias karya; di mana isi dan bentuknya memiliki sebuah maslahat untuk membangkitkan ketampanan tertentu di dalam vitalitas pengagumnya.

Pengertian seni menurut Dra.Nuning Y. Damayanti, Dipl. Art

id.walls321.comDra. Nuning Y. Damayanti, Dipl. Art mengungkapkan bahwa seni lega awalnya yakni sebuah proses dari dalam diri manusia, sehingga seni pula dapat disinonimkan dengan ilmu. Seperti halnya Irma, Dra. Nuning juga mengungkapkan bahwa seni dapat dilihat melalui ekspresi berbagai kreatifitas manusia dan intisarinya.

Pengertian seni menurut Eric Ariyanto

Fineartphotographyvideoart.comPendapat

Eric Ariyanto

mengenai seni yaitu merupakan kegiatan rohani maupun aktivitas batin yang di refleksikan ke dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Denotasi Seni menurut Nandawan L. Hasanah

youtube.comPendapat tentang seni dari

Nandawan L. Hasanah

adalah ekspresi jiwa yang mempunyai partikel keindahan kemudian diungkapkan melalui suatu media tertentu nan berperilaku maujud dan boleh dinikmati oleh kelima panca indera.

Signifikasi Seni menurut Akhdiat Karta Miharja

evexperience.comPerbuatan khalayak yang mencoba untuk merefleksikan kenyataan ke dalam sebuah karya maupun rajah yang isinya mempunyai sentral tarik bakal menyalakan suatu pengalaman tertentu dalam pan-ji-panji rohani yakni denotasi seni menurut

Akhdiat Karta Miharja

Akhdiat Karta Miharja lahir pada 6 Maret 1911 di desa Cibatu, Garut, Jawa Barat. Beliau termasuk novelis Angkatan 45 yang bersemi raksasa di perdua tanggungan keturunan bangsawan sangat feodal. Ayahnya, Kosasih Kartamihardja aliansi menjabat ibarat pangreh praja (ambtenaar VB). Saat itu, koteng pangreh praja zaman kolonial Belanda adalah turunan nan menyandang predikat seumpama priyayi.

Bagaikan sendiri priyayi, ayah Miharja dituntut untuk berwawasan luas sehingga beliau sayang mengaji pokok terutama parasan sastra dunia. Teryata hobi mendaras ini menurun plong Miharja. Beberapa ki akal koleksi sang ayah seperti taktik karangan Dumas, Multatuli, Dostojweski, resep Quo Vadis karya H. Sinckiwicq, Genoveva karya C. von Schimdt dan Alleen op de Wereld karya Hector Malot, bahkan telah radu ia baca saat duduk di dipan kelas VI SD.

Pengertian Seni menurut Everyman Ecyclopedia

Everyman Encyklopedia sekali lagi berpendapat berkenaan dengan seni ialah segala sesuatu yang dilakukan orang, bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan karena kehendak kenikmatan, kemewahan, atau kebutuhan spiritual.